humas karimun
humas karimun
karimuntoday.com - Items filtered by date: October 2017

 

Ket Photo : Kondisi di Bandara Hang Nadim saat taksi resmi bandara ikut Aksi Demo  ke Kantor Walikota Batam, Kepri.

 

BATAM, (KT) - Para penumpang yang baru saja tiba dibandara hang nadim batam,selasa pagi (31/10/2017) sekitar pukul 08.00 WIB heran dan kaget,ketika saat mau naik taksi,tidak terlihat satupun armada taksi yang biasa antri diarea kedatangan bandara,mereka hanya melihat banyaknya antrian mobil pribadi atau plat hitam yang berjejer menempati posisi yang selama ini biasa diisi oleh armada taksi.

 

Pantauan karimuntoday.com dibandara hang nadim selasa (31/10/2017),para penumpang yang baru saja tiba terlihat bingung melihat kondisi yang tidak seperti biasanya,namun setelah diberi tahu oleh pihak petugas keamanan ,bahwa armada taksi bandara lagi ada demo kekantor walikota batam,akhirnya mereka memakluminya.

 

Salah seorang penumpang sebut saja Irwan yang baru saja sampai dari jakarta, mau naik taksi menuju pelabuhan Harbour bay batu ampar kepada karimuntoday.com diarea kedatangan bandara,mengaku ragu dan agak khawatir juga mau naik mobil pribadi atau plat hitam tersebut,pasalnya takut terjadi apa - apa nantinya.

 

 "  Awalnya agak ragu saja naik mobil plat hitam itu,karena selama ini saya selalu naik taksi resmi",ucapnya.

 

 Sementara seorana petugas dari Kopkar BP Batam yang biasa mengurus operasional taksi dibandara bernama Abas mengatakan,keberadaan mobil pribadi untuk melayani penumpang dibandara terpaksa dilakukan, agar tetap bisa memberikan pelayanan terhadap penumpang dibandara,sebab taksi resmi bandara lagi ikut demo penolakan angkutan online kekantor walikota batam. 

 

 " Walaupun dengan menggunakan mobil plat hitam,namun tetap kita atur dengan baik,sehingga penumpang tetap merasa aman,nyaman dan terjaga keselamatannya sampai ketempat tujuan,",ujar pria yang biasa dipanggil Mr Bean ini.(Ardi oyong)

Published in BATAM

 

Ket Photo : Kadispar Lingga, M. Ishak bersama staf.

LINGGA, (KT) - Salah satu kegiatan yg dihelatkan pada Perhelatan Memuliakan Tamadun Melayu Antarbangsa ,(PMTMA),17 - 26 Nopember  2017 yang juga sempena merayakan Hari Jadi ke 14 Kabupaten Lingga,Provinsi Kepri, adalah pameran museum bersama.  Ini merupakan pameran perdana yg dilaksanakan Museum Linggam Cahaya Damnah, Daik, Lingga.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga M Ishak kepada wartawan Selasa (31/10).Dalam serangkaian Prosesinya nanti sekaligus merupakan kegiatan yang pertama digelar dari rangkaian PMTMA 2017 akan dibuka pada tanggal 17 nopember 2017.

" Pamerannya tidak sendiri, insya Allah akan bersama sama dengan yang lain seperti Balai Pelestarian Nilai Budaya Tanjungpinang dan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi kepri.  Kita sudah sampaikan ke beberapa daerah yang ada museum temasuk moseum nasional. Tapi Baru dua itu yang dari luar daerah yang sudah memastikan akan ikut bersama. Mudah-mudahan  dalam rentang 2 minggu lagi akan ada yang lain.," Harap Ishak.

Bagi moseum linggam cahaya sendiri dengan adanya pameran pada PMTMA ini merupakan kesempatan yang baik untuk memperkenalkan keberadaan museum, dengan segala koleksi koleksi sejarah yang dimiliki ke tingkat yang lebih luas, nusantara dan asia tenggara.

Sementara itu, Selama perhelatan PMTMA nanti, Dinas Kebudayaan Lingga mulai dari pembukaan tanggal 17 Nopember  sampai berakhirnya pameran tanggal 26, panitia PMTMA juga akan mengundang anak-anak sekolah dan para pelajar di kabupaten Lingga untuk mengunjungi museum.

Nantinya para pengunjung akan diatur supaya teratur dan tertib.Diperkirakan mulai tanggal 19 sampai dengan 22 Nopember diyakini akan menjadi hari yang paling banyak pengunjung untuk melihat pameran.Pasalnya pada tanggal-tanggal tersebut peserta PMTMA dari luar daerah dan luar negeri sudah berada di Kabupaten  Lingga. ujarnya.(Rs)

 

Published in LINGGA

 

Ket Photo : R, Atan Pemilik Lahan.

 

Karimun,(KT) – Pemerintah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri melalui Dinas Pekerjaan Umum sampai saat ini belum juga mengganti rugi lahan serta tanam tumbuh yang diperuntukan untuk akses jalan di kawasan costal area, sudah bermacam cara ditempuh, mulai melaporkan ke polres karimun, sampai dengan mediasi antara pemilik lahan dengan bupati karimun saat ini, namun, hasilnya belum menunjukan titik terang, oleh sebab itu, besok permasalahan ganti rugi ini akan di laporkan ke Polda Kepri.

 

Hal tersebut dikatakan, R. Atan Pemilik lahan kepada karimuntoday.com, Selasa,(31/10/2017), Ya besok  dia sudah berangkat ke kota batam dan lansung menuju polda kepri, untuk melaporkan pemerintah kabupaten karimun, serta Dinas PU Karimun, dengan tuduhan penyerobotan dan pengrusakan atas lahan milik saya, pasalnya, sudah sekian tahun lahan tersebut belum juga diganti rugi, dan bermacam cara sudah saya tempuh, mulai melakukan mediasi dengan pihak-pihak berkompoten sampai saya laporkan ke polres karimun, namun, belum juga ada niat pemkab karimun melalui dinas pekerjaan umum untuk membayar ganti rugi atas lahan serta tanam tumbuh yang sudah diporak porandakan.

 

“ Dulu kasus ini sudah saya laporkan ke polres karimun, namun, karena pihak terlapor berjanji akan membayar ganti rugi lahan serta tanam tumbuh, maka laporan saya cabut dengan membuat surat perjanjian, tetapi sudah sekian tahun laporan di cabut pihak terlapor tidak menepati janjinya,sehingga saya merasa di bohongi, oleh sebab itu, kasus ini kembali saya laporkan, tetapi laporan tidak lagi ke polres karimun, tetapi ke polda kepri,” Tuturnya

 

Ditambahkanya lagi, Dia sebagai warga Negara yang baik serta orang timur, sudah cukup sabar menunggu etikad baik dari Pemkab Karimun,cq Dinas PU Karimun, untuk menyelesaikan ganti rugi lahan miliknya, tetapi pihak terkait seakan-akan mempermainkanya, dan juga tentunya kesabaran ada batasnya, oleh sebab itu sekali lagi besok dia segera melaporkan kasus tersebut kepada pihak yang berwajib polda kepri,” Tukasnya

 

Secara terpisah, Mantan Kadis PU Karimun, Ir. Abu Bakar MT, serta Mantan Kabid Bina Marga Pemkab Karimun, Ir. Yusrial Mahyudin sampai berita ini diunggah belum dapat dimintai tanggapanya, terkait pemilik lahan atas nama R.Atan besok melaporkan  kepolda terkait belum diganti rugi lahan miliknya, belum dapat dimintai konfirmasi.(lh)

Published in KARIMUN

 

 

Ket Photo : Kapolda Kepri Irjen Pol Drs Sam Budigusdian MH,didampingi Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Drs S Erlangga serta Direskrimsus,sedang Memberikan Keterangan Pers kepada awak media di Rupatama Polda Kepri.

 

 

BATAM, (KT) - Pada hari Selasa tanggal 31 Oktober 2017 sekira pukul 14.30 Wib, Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Drs. S. Erlangga menerangkan,tentang Konferensi Pers Tindak Pidana Korupsi pada pengadaan barang program integrasi sistem Akademik dan Administrasi antara Umrah dengan PT. Jovan Karya Perkasa yang menggunakan APBN Tahun anggaran 2015 sebagai berikut:

 

 Kegiatan Konferensi Pers Dilaksanakan di Rupatama Polda Kepri pada hari Selasa sekira pukul 13.00 wib di hadiri oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Sam Budigusdian, MH, Dirreskrimsus Polda Kepri, Kabid Humas Polda Kepri, serta para awak media. LAPORAN POLISI : LP-A / 90 / VII / 2017 / Spkt-Kepri, Tanggal 20 Juli 2017.

TERSANGKA : 1. H S ( Pejab Pebuat Komitmen) 2. H G (Direktur Pt. Jovan Karya Perasa) 3. U Z R A (Direktur Utama PT. BMKU) 4. Y (Direktur Pt. Baya Indonesia, Pt. Daham Indo Perkasa, Pemilik Pt. Inca Trifia Indonesia).

 

KRONOLOGIS KEJADIAN :Pada Tahun Anggaran 2015 Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) melaksanakan 3 paket pekerjaan pengadaan barang yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2015 dengan Dipa sejumlah Rp. 100.000.000.000,- (Seratus Miliar Rupiah) dengan rincian sebagai berikut :1. Pekerjaan pengadaan barang program Integrasi Sistem Akademik Dan Administrasi Tahun Anggaran 2015 Antara Universitas Maritim Raja Ali Haji Dengan Pt. Jovan Karya Perkasa, Dipa Sebesar Rp. 30.000.000.000,- (Tiga Puluh Miliar Rupiah). 2. Pekerjaan pengadaan barang sarana dan prasarana untuk Studi Kemaritiman Tahun Anggaran 2015 Antara Universitas Maritim Raja Ali Haji Dengan Pt. Kiera Inti Energi, Dipa Sebesar Rp. 40.000.000.000,- (Empat Puluh Miliar Rupiah). 3. Pekerjaan pengadaan barang sarana dan prasarana untuk Studi Alternatif Pada Daerah Kepulauan Tahun Anggaran 2015 Antara Universitas Maritim Raja Ali Haji Dengan Pt. Azka Indo Teknik, Dipa Sebesar Rp. 30.000.000.000,- (Tiga Puluh Miliar Rupiah). Penyidikan yang dilaksanakan saat ini masih terkait pekerjaan Pengadaan Barang Program Integrasi Sistem Akademik Dan Administrasi Dengan Kronologis Sebagai berikut : Pada tanggal 31 agustus 2015 ditandatangani surat perjanjian untuk melaksanakan paket pekerjaan pengadaan barang Program Integrasi Sistem Akademik Dan Andministrasi Antara H S(Selaku Pejabat Pembuat Komitmen) dengan H G (Selaku Direktur Pt. Jovan Karya Perkas)dengan Nilai Kontrak Sebesar Rp. 29.187.250.000,- (Dua Puluh Sembilan Milyar Seratus Delapan Puluh Tujuh Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).  Waktu penyelesaian pekerjaan selama 120 hari dan berakhir pada tanggal 28 desember 2015.Paket pekerjaan pengadaan barang program integrasi sistem akademik dan administrasi mulai dari perencaan pelaksanaan sampai dengan pembayaran bertentangan dengan Perpres no. 54 tahun 2010 dan perubahannya tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah.

 

 Peran dari masing-masing tersangka : - Pada tahap perencanaan H S selaku ppk menyuruh pihak pt. Bmku untuk membuat proposal, spesifikasi barang dan rincian anggaran biaya, harga perkiraan sendiri (HPS). - PT. BMKU bersama dengan PT. Baya Indonesia, PT. Daham Indo Perkasa Dan PT. Inca Trifia Indonesia Selaku Distributor (perusahaan pendukung) menyusun spesifikasi barang yang sudah mengarah kepada merek tertentu dan harga yang sudah di mark up). - PT. BMKU meminjam dua perusahaan yaitu PT. Jovan Karya Perkasa (sebagai pemenang pertama) dan PT. Alfath Karya Nusantara (sebagai pemenang cadangan) untuk dipergunakan mengikuti 

lelang pengadaan barang tersebut. - PT. BMKU menggunakan PT. Jovan Karya Perkasa menjadi perusahaan penyedia barang, dan untuk itu PT. Jovan Karya Perkasa mendapat fee sebesar Rp. 300.000.000 (tiga ratus juta rupiah). 

 

Akibat dari perbuatan para tersangka negara telah dirugikan sebesar Rp. 12.398.344.306,- (Dua Belas Miliar Tiga Ratus Sembilan Puluh Delapan Juta Tiga Ratus Empat Puluh Empat Ribu Tiga Ratus Enam Rupiah) sebagaimana dalam laporan hasil audit penghitungan kerugian keuangan negara BPKP nomor : Sr-3378/Pw28/5/2017 Tanggal 20 Oktober 2017. 

 

BARANG BUKTI :Barang Bukti sebanyak 18 surat perintah penyitaan yang disita.\SAKSI-SAKSI :Sebanyak 61 saksi dengan pengelompokan : Umrah (9 org), Kemenristek Dikti (3 org), Dirjen Kemendikbud (3 org),Unnes (4 org), PT. Baya, PT. Daham, PT. Inca (6 org), PT. BMKU (14 org), Pokja (5 org), Peserta lelang (4 org), Asuransi (3 org), Bank Jatim (1 org), PPHP (4 org), Perusahaan lainnya (5 org).PASAL YG DISANGKAKAN :Pasal 2 ayat (1) setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda paling sedikit Rp. 200.000.000 (Dua Ratus Juta Rupiah) dan paling banyak Rp. 1.000.000.000 (Satu Miliar Rupiah),Dan atau pasal 3 setiap orang yang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 20 tahun dan atau denda paling sedikit Rp. 50.000.000. UURI No. 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan Atas Uuri No. 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (Ardi oyong/ Humas Polda Kepri)

 

Published in BATAM

 

Ket Photo : Reklamasi di Bibir Pantai Kawasan Costal Area di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri.

 

Karimun,(KT) – Lembaga Aliansi Indonesia, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri dalam waktu dekat akan melaporkan adanya dugaan pengrusakan lingkungan di kawasan serapan air dan juga adanya reklamasi dilakukan oleh oknum pengusaha di kawasan costal area, sehingga membawa dampak yang sangat sistimatis bagi kehidupan habitat laut dan juga meluluh lantakan kawasan hutan mangrove di pesisir pantai.

 

Hal tersebut dikatakan, Iwan Gondrong Dewan Penasehat Lembaga Aliansi Indonesia Kabupaten Karimun,Provinsi Kepri kepada karimuntoday.com Selasa,(31/10/2017), via hp selularnya mengatakan, Ya, kemarin dia bersama rekan-rekan aktivis sudah melakukan koordinasi dengan Direskrimsus polda kepri terkait adanya dugaan pengrusakan lingkungan serta adanya reklamasi pantai di kawasan costal area, serta melaporkan beberapa kasus dugaan korupsi, dan alhamdulillah sambutan oleh penyidik polda kepri sangat hangat sehingga laporan kami di akomodir dengan baik, dan ketika sudah berada di karimun, kami segera melaporkan kasus indikasi perusakan lingkungan serta reklamasi pantai di pesisir costal area akan kami laporkan ke polres karimun.

 

“ Ya, kami lapor dulu ke polres karimun, karena sifatnya berjenjang,andaikata laporan kami nantinya tidak direspon dengan cepat, baru kami laporkan ke tingkat lebih tinggi yakni polda kepri,” Tukasnya

 

Ditambahkanya lagi, Sebagai aktivis lingkungan dia sangat trenyuh dengan apa yang dilihatnya saat ini, karena dari sudut kacamatanya dia melihat, kerusakan lingkungan di kabupaten karimun sudah sangat massif dan terstruktur dan dilematis, karena kurangnya pengawasan dari pihak-pihak terkait, dan terkesan terjadi pembiaran, oleh sebab itu, selain melaporkan ke polres karimun, dia bersama teman-teman aktivis lainya atas nama lembaga aliansi indonesia, akan menyurati kementerian kehutanan dan lingkungan hidup serta kementerian kelautan dan perikanan di Jakarta,” Tuturnya (lh)

Published in KARIMUN

 

 

Ket Photo : Walikota Batam H Muhammad Rudi SE MM,Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki,Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, Iman Sutiawan,Kadishub Provinsi Kepri,Kadishub Kota Batam,sedang melakukan dialog  dan Mediasi dengan Perwakilan Pendemo dari Taksi Konvensional,di Ruangan Komisi III Kantor DPRD Kota Batam.

 

 

BATAM,(KT) - Untuk yang kesekian kalinya, ribuan pengemudi taksi konvensional yang tergabung dalam Forum taksi Kota batam,kembali menggelar demo besar - besaran pada hari selasa (31/10/2017)  di Kantor Walikota Batam dibatam center.

 

 Para pengemudi taksi yang melakukan demo tersebut,berasal dari seluruh pangkalan taksi yang ada di Kota Batam, seperti Bandara Hang Nadim,Pelabuhan Batam Center,Pelabuhan Sekupang,Nagoya Hill serta Pangkal - pangkalan taksi lainnya,sehingga saat ini tidak  terlihat adanya  taksi yang beroperasi  di wilayah batam.

 

 Menurut informasi dari salah seorang pengemudi yang ikut aksi demo ini,walaupun dalam kondisi hujan mengguyur kota batam,mereka sudah berdatangan kekantor walikota dibatam center, sejak dari subuh sekitar pukul 05.00 WIB dengan memarkir kenderaannya disepanjang jalan Engku putri dan jalan - jalan yang lain dikawasan daerah perkantoran tersebut.

 

 Aksi demo yang mendapat penjagaan dan pengawalan dari pihak keamanan dari Polresta Barelang,Polsek batam kota,dan juga dari Satpo PP itu,menuntut agar pemerintahan kota batam melalui dinas perhubungan,menghentikan penambahan kuota taksi,serta menolak beroperasinya angkutan beraplikasi online dikota batam.

 

Dari pantauan awak karimuntoday.com selasa (31/10/2017) sekitar pukul 08.00 WIB dilokasi demo,terlihat para pejabat dari kepolisian polresta barelang dan dinas perhubungan kota batam,sudah berada dilokasi demo yang berada didepan pusat kantor pemerintahan batam center.

 

Ditengah guyuran, hujan para pengemudi taksi konvensional berorasi dengan penuh semangat,agar angkutan beraplikasi online tidak diberikan izin beroperasi dikota batam.

 Namun, tidak begitu lama para pendemo melakukan orasinya,sekitar pukul 09.00 WIB perwakilan pendemo diterima oleh wakil ketua II DPRD kota batam Iman Sutiawan,diruangan rapat Komisi III.

 

 Dalam pertemuan tersebut juga ada Walikota Batam H Muhammad Rudi SE MM,Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki,Ketua Komisi III Nyanyang Harris Pratamura dan anggota DPRD yang lain,Kadishub Provinsi Kepri Drs Jamhur Ismail,Kadishub Kota Batam Drs Yusfa Hendri beserta jajarannya,Kapolsek Batam Kota Kompol Firdaus,serta perwakilan pengemudi taksi konvensional.

 

 Pada kesempatan tersebut,perwakilan taksi konvensional yang merupakan Pengurus Forum taksi kota batam Omo Maretralita menyampaikan,bahwa demo yang dilakukan bersama kawan - kawannya, hanya menuntut ketegasan pemerintah kota batam untuk menghentikam operasional angkutan online ilegal yang tidak memiliki izin,ujarnya.

 " Sekarang sudah banyak mobil taksi dari rekan - rekan kami yang sudah disita oleh pihak bank,karena tidak sanggup lagi membayar cicilan,akibat banyak persaingan dengan angkutan ilegal,yang beroperasi dibatam,"tegas Omo.

 

Setelah dilakukan mediasi antara pemerintahan baik dari pihak provinsi kepri dan juga kota batam,bersama perwakilan dari DPRD kota batam,dengan perwakilan taksi konvensional,maka disepakati bahwa pemerintah melalui dinas perhubungan dan kepolisian ,akan melakukan tindakan tegas terhadap angkutan aplikasi online ilegal,yang masih saja bandel beroperasi membawa penumpang.

 

Tindakan yang akan diambil,yaitu dengan melakukan penangkapan dan penilangan terhadap kenderaannya,serta dikandangkan dikantor dinas perhubungan, sampai proses hukumnya jelas dipengadilan.

 

Demikian juga untuk para pengemudi angkutan online tersebut,diharuskan membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya.

 

Keputusan ini dibacakan didepan para pengemudi yang melakukan demo,dan disambut dengan teriakan sebagai ungakapan rasa kegembiraan,dan selanjutnya mereka membubarkan diri,serta kembali beraktfitas pada pangkalannya masing -masing.(Ardi oyong)

Published in BATAM

 

Ket Photo : Kurniawan Hasibuan Ketua LSM PMPR Indonesia.

 

Madina,(KT) -  Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara Mengucurkan Anggaran tahun 2017 ini Untuk Peningkatan Jalan Alternatif Pasar Batahan Yang di Poskan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kab.Madina.

 

Namun di Lapangan Pekerjaan nya Diduga Kuat Asal Jadi Pasal nya Pekerjaan yang Belum Lama Selesai Sudah ditumbuhi Rumput. Ini Menandakan Lemahnya Pengawasan Yang dilakukan oleh Dinas PUPR Madina. Informasi Yang berhasil digali Kru karimuntoday,com dilapangan Anggaran yang digunakan untuk Peningkatan Jalan Alternatif Pasar Batahan ini sebesar Rp.150.000.000,00 (Seratus Lima Puluh juta Rupiah).

 

Salah seorang warga Kepada Media ini Mengaku Kecewa atas Pelaksanaan Jalan Alternatif Pasar Batahan ini. " Lihat lah Bang Baru beberapa waktu selesai Rumputnya udah Tumbuh,Beginilah Proyek yang masuk kedaerah Kami ini,Ungkapnya dengan Nada Kecewa.

 

Dilain Tempat Kurniawan Hasibuan Ketua LSM PMPR Indonesia saat ditemui di Kantornya pada Selasa (31/10/7) Mengecam Pekerjaan Yang dilakukan oleh Dinas PUPR Madina dan Rekanan Pelaksana pada Kegiatan Peningkatan Jalan Alternatif Pasar Batahan. " Kita sudah Turun Kesana Belum Lama ini untuk Meninjau Pekerjaan Peningkatan Jalan Alternatif Batahan selain Sudah ditumbuhi Rumput Diduga Volume nya Juga tidak Sesuai Ketebalan nya,

 

Dan terkait Penyimpangan ini Kita sudah Surati Dinas PUPR Madina untuk diperbaiki Kembali Pekerjaan yang diduga tidak Sesuai tersebut,sebut nya. Sayang nya sampai Berita ini diturunkan Dinas PUPR Madina masih enggan memberikan Keterangan terkait Peningkatan Jalan Alternatif Pasar Batahan yang didiga Menyimpang.

 

Kepada Inspektorat dan Kejari Kabupaten Mandailing Natal Diminta segera Memanggil dan Memeriksa Kadis PUPR Madina Beserta Rekanan atas proyek Peningkatan Alternatif Pasar Batahan Yang terindikasi KKN. (Ardian)

Published in KARIMUN

 

 

 .  

 Ket Photo :  Kadisdik Karimun Bakri Hasyim foto bersama dengan siswa/i SMP N 2 Binaan Tebing saat mengunjungi Kantornya Senin, (30/10/17).

 

Karimun,(KT) -Mengatasnamakan diri sebagai Rombongan Bhineka Tunggal Ika, sekitar 105 orang siswa dan siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Binaan, Kecamatan Tebing, Karimun dengan menggunakan 2 (dua) unit bus mendatangi 3 (tiga) tempat berbeda dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda yang ke 89 tahun, Senin,(30/10/17).

 

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Tebing Binaan Raja Hernayati dalam kesempatan itu mengatakan, mereka para anak didik kami datang dengan mengenakan pakaian adat dari 34 Provinsi di Indonesia, kita mengunjungi Mapolres, Kantor Bupati dan Kantor Dinas Pendidikan, hal ini untuk mengenalkan sekaligus sebagai motivasi bagi mereka anak didik kami, mengenal lebih dekat kepolisian, mengenal lebih dekat instansi pemeritahan dan instansi pendidian, ujarnya.

 

Dilanjutkan Hernayati, kemudian dengan mereka memakai pakaian adat dari berbagai daerah Indonesia agar mereka semakin bisa memaknai hari sumpah pemuda yang menyepakati keberagaman suku adat istiadat ras dan agama, sehingga mereka lebih menghargai kemajemukan bangsanya, tuturnya.

Pantauan Karimuntoday.com 105 orang siswa- siswi SMP N 2 Binaan serta para guru diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Karimun Mhd. Firmansyah di Kantor Bupati Karimun dan disambut oleh Kepala Dinas Pendidikan Bakri Hasyim ketika mereka mengunjungi Dinas Pendidikan,

Selain berpakaian adat, para siswa juga membawa kerajinan tangan dari bahan bekas yang disulap menjadu tempat tissue dan bunga hias yang merupakan hasil karya mereka, kerajinan tangan tersebut juga dijadikan sebagai cenderamata untuk instansi yang mereka kunjungi. (DS

Published in KARIMUN

 

 

BATAM, (KT) - Ratusan masyarakat kecamatan sagulung antusias mendatangi lokasi  Bazar Sembako murah yang di fasilitasi oleh Pemerintah Kota Batam, Provinsi Kepri ,sekaligus membagikan 4.000 Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada Masyarakat Sagulung.

 

Pembagian Kartu KIS tersebut tersebut dilaksanakan di lapangan Sentosa Plaza (SP) Sagulung, Senin (30/10/2017). Pagi  sedangkan Bazar sembako murah ini diadakan Pemerintah kota batam dan sekaligus untuk Kartu KIS yang dibagikan itu merupakan kartu yang diperuntukan bagi Kelompok masyarakat miskin dan tidak mampu yang didaftarkan oleh pemerintah dan iurannya dibayari oleh pemerintah.,tadi pagi lansung bapak walikota batam membagikan kartu KIS ujar Camat Sagulung, Reza Khadafi saat di jumpai karimuntoday di Plaza (SP).

 

Reza mengatakan, Paket sembako murah yang dijual seharga Rp50 ribu itu berisikan lima kilogram beras, tiga liter minyak goreng serta satu kilogram gula. Harga jual paket sembako itu jauh lebih murah dari harga normalnya mencapai Rp10.2000.

 

Dalam pembagian sembako murah ini, pemerintah telah memberikan subsidi sebanyak 70%" paket sembako ini di jual lebih murah dari harga pasar kata reza

 

 Pantauan di lapangan pembagian kartu KIS dan sembako murah tersebut disambut baik masyarakat Sagulung. Dan terlihat Ratusan warga tampak berdesak-desakan untuk mengantri. Petugas dari Pemko Batam yang didamping petugas dari kecamatan, terlihat cukup kewalahan untuk melayani serbuan masyarakat.

 

Agar tidak terjadi antrian panjang dalam, proses pembagian kartu KIS, dan sembako petugas terpaksa menerapkan sistim

antri Disingung soal blangko KTP elektronik atau e-KTP reza menjelaskan soal e-KTP itu di cetak di dinas  kependudukan Memang kemarin datang blangko e-KTP tapi cuman 8000 itu pun di bagi (12) kecamatan yang ada di kota batam jadi kalau di pekirakan untuk sagulung 800 lah,”  tuturnya ( rega)

Published in BATAM

 

 Ket Photo : Wakapolda Kepri Brigjen Pol Drs Didi Haryono SH MH Menyampaikan Kata Sambutan Dalam Acara Sosialisasi/Workshop Perlindungan Anak dan Pencegahan Paham Radikalisme dan Ideologi Pancasila.

 

BATAM, (KT) - Wakapolda Kepri Bigjen Pol Drs Didi Haryono SH MH ,Senin (30/10/2017) sekitar pukul 07.00 WIB,menghadiri acara Sosialisasi dan Workshop perlindungan anak dan pencegahan paham radikalisme dan ideologi pancasila,yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Allium Batam.

 

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Drs S Erlangga kepada karimuntiday.com juga mengatakan,selain Waka Polda Kepri Brigjen Pol Drs. Didi Haryono, SH, MH,juga hadir Ibu Gubernur Provinsi Kepri, Ketua BP Batam yang mewakili, Dir Binmas Polda Kepri, Para pejabat utama Polda Kepri serta para peserta forum dialog.

 

 Dalam sambutan Kapolda Kepri yang dibacakan oleh Wakapolda Kepri menyampaikan Kegiatan ini bertujuan untuk menghimpun dan menginventarisir ide, gagasan dan cara pandang sehingga diharapkan tercapainya satu kesepakatan pola yang terbaik bagi generasi muda dalam mengantisipasi paham radikalisme dan ideologi anti pancasila. 

 

Diharapkan seluruh elemen masyarakat bahu membahu bersama polri menjalin kemitraan agar semakin erat, serta dapat terwujud melalui kerja sama yang saling bersinergi untuk mencegah berkembangnya paham radikalisme yang dapat terdeteksi dan dicegah sejak dini terutama pada generasi muda. 

 

Salah satu tantangan nyata bagi keutuhan dan kesatuan bangsa ini adalah terorisme, terorisme tidak hanya menimbulkan kerugian material dan nyawa serta menciptakan rasa takut di masyarakat. 

 

 Tetapi terorisme juga telah mengoyak keutuhan berbangsa dan bernegara. Terorisme telah membuat kita saling curiga dan saling memusuhi. Terorisme pun telah mencabik ikatan persaudaraan dan nilai-nilai toleransi yang sejatinya menjadi kultur budaya bangsa ini.

 

Perlu dipahami bersama bahwa ancaman terbesar terorisme bukan hanya terletak pada aspek serangan fisik yang mengerikan, tetapi justru serangan propaganda yang secara masif menyasar pola pikir dan pandangan masyarakat itulah yang lebih berbahaya. 

 

 Salah satu kelompok teroris yang sangat meresahkan akhir-akhir ini adalah kelompok yang mengatasnamakan diri Islamic State Of Iraq And Syiria (ISIS). Kelompok radikal terorisme baru ini semakin hari semakin meresahkan. 

 

Pengaruh propaganda dan agitasi yang bernuansa kekerasan, permusuhan, penghasutan dan ajakan untuk berbagung telah banyak menyasar masyarakat, terlebih sasaran target mereka yang sangat rentan adalah kalangan generasi muda. ISIS dewasa ini telah menjadi kekuatan terorisme global baru yang lebih menakutkan dari jaringan Al-Qaeda, selain aksi-aksi brutalnya, isis sangat berbahaya karena kemampuannya dalam menjaring para pejuang asing (Foreign Terrorist Fighter) dari berbagai negara, tidak terkecuali dari Indonesia.

 

 ISIS yang pada mulanya hanyalah kekuatan Milisi Nasional di Irak yang muncul akibat konflik politik di dalam negeri pasca pemerintah Saddam Hussein, kini menjelma menjadi kekuatan transnasional yang menakutkan beberapa negara. 

 

Disinilah perlu kami tegaskan bahwa ISIS hanyalah buah dari konflik politik domestik Irak-Suriah yang tidak ada kaintannya dengan faktor keagamaan. 

 

 Apa yang membuatnya menjadi gerakan global dan menarik simpati dari berbagai negara karena mereka telah membungkus perjuangan politiknya dengan tipu daya perjuangan keagmaan melalui deklarasi berdirinya khilafah. 

 

  Gerakan politik lokal isis ini nyata menggunakan topeng agama dalam rangka menarik simpati dan dukungan secara global, dan sangat disayangkan sudah banyak kalangan generasi muda yang sudah terperdaya rayuan isis baik karena motivasi keagamaan, ekonomi, pencarianidentitas maupun motivasi lainnya.

 

 Selain pola penyebaran propaganda konvensional, isis dikenal sebagai kelompok teroris yang secara cerdas memanfaatkan kekuatan teknologi dan informasi internet khususnya media sosial sebagai alat propaganda sekaligus rekrutmen keanggotaan, dan secara faktual banyak sekali anak muda yang bergabung dengan isis akibat pengaruh propaganda dan jejaring pertemuan di media online.

 

 Kalangan generasi muda menjadi sasaran dan target propaganda dan rekrutmen ISIS. Sudah banyak cerita dari berbagai negara anak muda dari pelajar sehingga mahasiswa yang memilih meninggalkan negaranya untuk bergabung dengan ISIS. 

 

Masa transisi krisis identitas kalangan pemuda berkemungkinan untuk mengalami apa yang disebut Quintan Wiktorowicz (2005) sebagai Cognitive Opening (Pembukaan Kognitif), sebuah proses mikro-sosiologis yang mendekatkan mereka pada penerimaan terhadap gagasan baru yang lebih radikal. 

 

Alasan-alasan seperti itulah yang menyebabkan mereka sangat rentan terhadap pengaruh dan ajakan kelompok kekerasan dan terorisme. Sementara itu, kelompok teroris menyadari problem psikologis generasi muda. 

 

Kelompok teroris memang mengincar mereka yang selalu merasa tidak puas, mudah marah dan frustasi baik terhadap kondisi sosial maupun pemerintahan.   Mereka juga telah menyediakan apa yang mereka butuhkan terkait ajaran pembenaran, solusi dan strategi meraih perubahan, dan rasa kepemilikan. Kelompok teroris juga menyediakan 

lingkungan, fasilitas dan perlengkapan bagi remaja yang menginginkan kegagahan dan melancarkan agenda kekerasan.

 

 Saya menaruh harapan besar kepada instansi terkait, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan mubaligh Se-Provinsi Kepulauan Riau serta seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama terus berjuang dalam pembinaan akhlak, utamanya mendorong tumbuhnya sikap peduli dan rasa empati masyarakat terutama pada generasi muda. 

 

Maka saya mengajak saudaraku semua untuk bisa saling menghargai, bergotong royong, saling membantu dan hidup rukun baik intern umat islam maupun dengan umat pemeluk agama lain. 

 

Juga yang tidak kalah penting rukun antar umat beragama dengan pemerintah. Kalau ini bisa kita wujudkan, insya allah kepulauan riau yang sudah kondusif ini akan selalu dalam suasana kehidupan yang aman, nyaman, tentram dan damai.” Tukasnya ( Ardi oyong/ Humas Polda Kepri)

 

Published in BATAM
Page 1 of 16

KALENDER BERITA

« October 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31