humas karimun
humas karimun
karimuntoday.com - Items filtered by date: Saturday, 18 March 2017

 

 

Ket Photo : Suasana di Pantai di Kecamatan Pasir PutihTanjung Melawan, Kab.Rohil, Riau. 

 

Rohil,(KT) - Bono Sungai Rokan merupakan gelombang yang sangat besar.dengan menyatunya gelombang laut, kemudian gelombang tersebut menghempas ke muara sungai Rokan serta melintas menyisir bibir sungai Rokan, Bono terjadi setiap hari bersamaan dengan pasang surut air laut.musiman setiap bulan arap 14 -16, Gelombang Bono seperti halnya gelombang tinggi laut, bagai ombak yang mencapai ketinggian 3 – 5 meter. Gulungan gelombang Bono yang menghasilkan tenaga gelombang yang luar biasa besar.

 

Hal tersebut dikatakan, Sulaiman salah seorang masyarakat di kabupaten rokan hilir,provinsi riau ketika di wawancarai karimuntoday.com jum’at (17/3/2017), Kedatangan gelombang yang termasuk fenomena alam ini ditandai suara gemuruh di kejauhan debur gelombang Bono disertai anginnya yang sangat kencang, Saat awal kedatangan Bono terdengar suara gemuruh dan percikan air, lalu gelombang bono setinggi 3 – 5 meter itu melintas dengan cepat sampai ke hulu sungai.

 

Para pelaut dan nelayan sangat takut bila bertemu dengan bono, jika salah hitungan bisa-bisa sampan (perahu-red) yang dikemudikan menjadi mangsa bono. Namun, ditepian bibir sungai terlihat ramai masyarakat khususnya budak-budak (anak-anak kecik) yang ingin menyaksikan Bono tersebut.

 

Hebatnya lagi, Masyarakat setempat bermain dengan bono cara naik diatas punggung bono menggunakan Sampan atau But kato uyang awak, hal ini dapat kita nikmati di tepian sungai Rokan seperti Di Tanah Putih Tanjung Melawan.

Tanah Putih Tanjung Melawan merupakan salah satu kecamatan di ROHIL yang strategis posisi geografisnya, salah satu potensi yang masih belum menjadi perhatian Pemerintah akan kandungan sumber daya alam tersembunyi seperti Bono sungai Rokan Hilir yang belum dikelola dan dimanfaatkan menjadi objek wisata.

 

Jika Bono Sungai Rokan dikelola dapat memberi kontribusi terhadap pendapatan asli daerah, asal dikelola dengan sistem perencanaan dan pengembangan yang dilakukan secara terarah dan sisitematis.

 

Dalam pembahasan tentang pengembangan potensi Bono Sungai Rokan memiliki sisi keunikan tersendiri. Bono atau gelombang pasang naik akibat pertemuan air laut dengan arus air sungai Rokan adalah peristiwa fenomena alam yang unik dan sangat menarik di wilayah pulau kecil Rokan Hilir (Rohil),RIAU, Bono Sungai Rokan dapat diamati atau dilihat di kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Rimbo melintang, khususnya di desa-desa Teluk pulau, Sungai manasib ,Teluk Bano, dan Lenggadai Hilir.

 

Termasuk gelombang Bono juga terdapat di Desa Teluk Meranti di Semenanjung Kampar (sungai Kampar) yang masuk wilayah Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Gelombang Bono juga terdapat di sungai Amazon, Benua Amerika. Selain Bono, di tengah-tengah sungai Rokan yang bertepatan di kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan juga terdapat pulau pasir yang membentang dengan hamparan pasir yang bewarna kecoklatan.

 

Uniknya masyarakat tanah putih menyebut pulau pasir tersebut dengan nama (BOTING). Setiap sore banyak masyarakat yang pergi ke BOTING khususnya anak-anak untuk bermain bola, bermain air kalau bahasa Tanah Putih nyo (BEKUBANG), atau hanya berjalan diatasnya untuk menikmati keindahan BOTING tersebut,Tutur Sulaiman (sar)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Bupati Karimun menyerahkan Uang Rp.3 juta Rupiah kepada HMI sebagai Juara I, Futsal Perdana.

 

Karimun,(KT) - Bertempat di Lapangan Putsal Kapling , Kabupaten Karimun , Bupati karimun Aunur Rafiq menutup turnamen futsal perdana HMI Komisariat Tanjung Balai Karimun, keluar sebagai Juara 1 Tim batosai fc , juara 2 frenkgess fc , juara 3 rantau fc juara 4 tim mega mas lestari. Jum.at (17/3/2017).

 

Selain mendapat piala dan piagam penghargaan , masing-masing tim juga menerima uang pembinaan , untuk juara 1 sebesar 3 juta rupiah , juara 2 , 2 jt rupiah , juara 3. 1 jt rupiah dan juara 4 , 5 ratus ribu rupiah.

 

Bupati Karimun H. Aunur Rafiq dalam kata sambutanya , sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan HMI , karena sesuai degan visi dan misi kabupaten karimun , membentuk generasi yang sehat , kuat dan sportif , Dimana salah satu upaya untuk mencapai hal tersebut melalui kegiatan gemar berolah raga.

 

Aunur Rafiq juga berharap , kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin dari HMI yang di dukung oleh pemerintah kabupaten karimun , terlebih acara ini di kelola oleh mahasiswa , yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi mereka yang terlibat , karena kelak sudah sangat memahami bagaimana mengelola sebuah efent sekelas kabupaten karimun

 

Selain bupati karimun , penutupan kegiatan ini juga di hadiri oleh perwakilan dari kodim 134 karimun ,KAHMI karimun, dan sejumlah tamu undangan lainya , acara ini berlangsung dari  tanggal 4 maret lalu , dan di ikuti oleh 48 tim , yang di taja , dalam rangka memperingati 70 tahun HMI mengabdi untuk umat dan bangsa Indonesia (*)

Published in KARIMUN

KALENDER BERITA

« March 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31