humas karimun
humas karimun
karimuntoday.com - Items filtered by date: March 2017

 

 

Ket Photo: Wakil Bupati Karimun, H.Anwar Hasyim serta Raden Evi Suhartantyo saat ekspos penegahan narkoba di KPPBC Tanjungbalai Karimun, Senin (20/3/2017).

 

Karimun,(KT) - Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepri mengungkap jumlah narkotika yang masuk ke karimun, ternyata sangat tinggi.

 

Kabid Operasional dan Sarana Operasi Kanwil DJBC Khusus Kepri, Raden Evi Suhartantyo saat ekspos penegahan narkoba di KPPBC Tanjungbalai Karimun, Senin (20/3/2017) mengatakan terjadi kenaikan drastis dari tahun ke tahun

 

Evi mengatakan, sepanjang tahun 2015 jajaran Bea dan Cukai telah menindak pemasok narkoba di Karimun  sebanyak dua kali.

 

Kenaikan terjadi tahun 2016, yakni sebanyak 10 kali penegahan.

 

"Lonjakannya luar biasa. Di tahun 2017 ini kami telah menindak sebanyak dua kali.

Yang pertama beberapa waktu lalu barang farmasi jenis Ketamin sebanyak 993 gram yang ditangkap di tengah laut dan kali ini setengah kilogram sabu. 

 

Untuk di Batam dalam tahun ini juga telah menegah narkoba sebanyak empat kali," ujar Evi.

Evi menjelaskan, dari hasil pemeriksaan pihaknya, seluruh  narkoba yang ditindak berasal dari negara tetangga Malaysia.

 

Jaringan pengedar barang haram itu menjadikan Karimun sebagai daerah transit sebelum diangkut ke daerah lain.

"Saat ini  narkoba lebih banyak masuk lewat laut dibandingkan jalur lain," ujarnya.

 

Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim yang hadir dalam kegiatan ekspos penindakan di KPPBC Tanjungbalai  Karimun itu juga menyampaikan harapan yang sama.

Ia berharap seluruh instansi penegak hukum dapat bersama-sama pemerintah daerah memberantas narkoba di Karimun.

 

"Atas nama pemerintah Daerah kami mengucapkan termakasih kepada jajaran Bea dan Cukai, kepolisian serta instansi terkati lain yng terus berupaya mencegah masuknya narkoba ke Karimun . Sinergisitas ini diharapkan bisa membawa Karimun bebas dari narkoba," katanya.

 

Secara terpisah, Rasyid Baharuddin Ketua Granat Karimun, ketika dimintai konfirmasinya mengatakan, Dia sangat mendukung bahwasanya kabupaten karimun salah satu zona merah peredaran narkoba yang dipasok dari Malaysia seperti dikatakan oleh pihak bea dan cukai kepri,pasalnya karimun salah satu pangsa pasar yang cukup menggiurkan bagi gembong narkoba serta para antek-anteknya.

 

Ditambahkanya lagi,  Dia sangat memberikan apresiasi kepada pihak Bea dan Cukai serta kepolisian yang Selama ini sudah bisa mengantisipasi atau menggagalkan dan menekan masuknya narkoba di karimun, tetapi jangan lupa,dikarimun pelabuhan tikus sangat banyak, dimana disitu peluang untuk menyeludupkan narkoba, terbuka lebar, oleh sebab itu, selayaknya pihak bea dan cukai serta kepolisian untuk menempatkan anggotanya, di pelabuhan tikus yang dicurigai tempat masuknya barang haram tersebut ke karimun.” Tuturnya (sumber: tribunnews.com/karimuntoday.com)

 

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : M.Nizar Wakil Bupati Lingga Melepas Peserta Pawai Taaruf STQ Ke VII di Halaman Kantor Bupati Lingga.(amri).

Lingga,(KT) – Ribuan Peserta hadiri Pawai Taaruf pada acara Pembukaan STQ Kabupaten Lingga,Provinsi Kepri yang ke VII, dan terlihat peserta begitu antusias mengikuti acara tersebut yang di ikuti oleh sepuluh Kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga.

Ditambah lagi dengan banyaknya masyarakat ikut menyaksikan disepanjang jalan atau rute dilewati oleh peserta pawai taaruf, sehingga menambah semaraknya suasana saat itu.

M.Nizar Wakil Bupati Lingga,juga menjabat sebagai Ketua LPTQ dalam kata sambutanya mengatakan,Dengan adanya momen kegiatan STQ ini tentunya dapat meningkatkan ketaqwaan kita kepada sang pencipta serta dapat mempererat tali silaturahmi di antara peserta yang hadir dengan peserta lainya.

“ Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah keimanan serta membuat kita selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT,juga memberikan motivasi untuk selalu membaca surat suci alqur’an sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari,” Tuturnya

Ditambahkanya lagi, Dengan dilepasnya peserta  pawai taaruf ke VII, maka pelasanaan STQ Tingkat Kabupaten Lingga secara resmi dibuka, adapun pelaksanaan STQ  dilaksanakan selama satu minggu, terhitung dari tanggal,19 Maret 2017 s/d 25 maret 2017. Dan diharapkan kepada para Qori dan Qoriah, agar dapat memberikan yang terbaik dalam kegiatan STQ ini,” Pungkasnya (amri)

Published in LINGGA

 

 

Ket Photo: Terlihat Antusias Masyarakat Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, mananam serta membersihkan jalur di jalan Lintas. (sar).

Rohil,(KT) – Untuk memperindah serta mempercantik jalur hijau di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir ,diminta kepada masyarakat untuk menanam tanaman hijau di jalur dua di jalan  lintas arah ke Bagan Siapi-api mulai dari Kelurahan Melalayu Besar Kota Kampung Melati sampai tugu ayam ditambah lagi sampai dengan jalan masuk tanah putih dan terakhir jalan arjuna dan juga pihak kecamatan serta sponsor peduli lingkungan akan memberikan hadiah kepada masyarakat tanaman siapa yang lebih indah dan bagus.

 

Hal tersebut dikatakan, Normansyah Camat Tanah Putih Tanjung Melawan kepada karimuntoday.com Minggu,(19/3/2017), Ya dia berharap agar masyarakat, Ibu-ibu PKK serta Organisasi Kepemudaan yang ada di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan,agar melakukan penanaman pohon atau bunga di jalur dua,tepatnya di jalan lintas arah ke Bagan Siapi-api mulai dari Kelurahan Melalayu Besar Kota Kampung Melati sampai tugu ayam ditambah lagi sampai dengan jalan masuk tanah putih dan terakhir jalan arjuna.

 

“ Masyarakat serta Ibu-Ibu PKK serta Ormas dan OKP yang ada di Kecamatan Tanah Putih bisa memulai melakukan penanaman di mulai dari tanggal, 13 maret 2017 s/d 13 juli 2017,dan pada tanggal,17 Agustus nanti akan di nilai(lomba-red), tanaman yang mana lebih bagus, setelah dilakukan penilaian maka pemenangnya akan diberikan hadiah, saat hari ulang tahun kemerdekaan tersebut,” Tutur Camat

 

Ditambahkanya lagi, Pihak Kecamatan serta pihak sponsor sudah menyiapkan hadiah, untuk Juara I, Hadiahnya dari Kecamatan, Juara 2 masih di cari sponsornya, sedangkan untuk juara 3,Alhamdulilah dari Media Online karimuntoday.com, untuk juara 4 dan juara harapan lainya, akan diberikan hadiah hiburan,” tutup camat (sar)

 

 

Published in KARIMUN

 

 

Ket Photo : Suasana di Pantai di Kecamatan Pasir PutihTanjung Melawan, Kab.Rohil, Riau. 

 

Rohil,(KT) - Bono Sungai Rokan merupakan gelombang yang sangat besar.dengan menyatunya gelombang laut, kemudian gelombang tersebut menghempas ke muara sungai Rokan serta melintas menyisir bibir sungai Rokan, Bono terjadi setiap hari bersamaan dengan pasang surut air laut.musiman setiap bulan arap 14 -16, Gelombang Bono seperti halnya gelombang tinggi laut, bagai ombak yang mencapai ketinggian 3 – 5 meter. Gulungan gelombang Bono yang menghasilkan tenaga gelombang yang luar biasa besar.

 

Hal tersebut dikatakan, Sulaiman salah seorang masyarakat di kabupaten rokan hilir,provinsi riau ketika di wawancarai karimuntoday.com jum’at (17/3/2017), Kedatangan gelombang yang termasuk fenomena alam ini ditandai suara gemuruh di kejauhan debur gelombang Bono disertai anginnya yang sangat kencang, Saat awal kedatangan Bono terdengar suara gemuruh dan percikan air, lalu gelombang bono setinggi 3 – 5 meter itu melintas dengan cepat sampai ke hulu sungai.

 

Para pelaut dan nelayan sangat takut bila bertemu dengan bono, jika salah hitungan bisa-bisa sampan (perahu-red) yang dikemudikan menjadi mangsa bono. Namun, ditepian bibir sungai terlihat ramai masyarakat khususnya budak-budak (anak-anak kecik) yang ingin menyaksikan Bono tersebut.

 

Hebatnya lagi, Masyarakat setempat bermain dengan bono cara naik diatas punggung bono menggunakan Sampan atau But kato uyang awak, hal ini dapat kita nikmati di tepian sungai Rokan seperti Di Tanah Putih Tanjung Melawan.

Tanah Putih Tanjung Melawan merupakan salah satu kecamatan di ROHIL yang strategis posisi geografisnya, salah satu potensi yang masih belum menjadi perhatian Pemerintah akan kandungan sumber daya alam tersembunyi seperti Bono sungai Rokan Hilir yang belum dikelola dan dimanfaatkan menjadi objek wisata.

 

Jika Bono Sungai Rokan dikelola dapat memberi kontribusi terhadap pendapatan asli daerah, asal dikelola dengan sistem perencanaan dan pengembangan yang dilakukan secara terarah dan sisitematis.

 

Dalam pembahasan tentang pengembangan potensi Bono Sungai Rokan memiliki sisi keunikan tersendiri. Bono atau gelombang pasang naik akibat pertemuan air laut dengan arus air sungai Rokan adalah peristiwa fenomena alam yang unik dan sangat menarik di wilayah pulau kecil Rokan Hilir (Rohil),RIAU, Bono Sungai Rokan dapat diamati atau dilihat di kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Rimbo melintang, khususnya di desa-desa Teluk pulau, Sungai manasib ,Teluk Bano, dan Lenggadai Hilir.

 

Termasuk gelombang Bono juga terdapat di Desa Teluk Meranti di Semenanjung Kampar (sungai Kampar) yang masuk wilayah Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Gelombang Bono juga terdapat di sungai Amazon, Benua Amerika. Selain Bono, di tengah-tengah sungai Rokan yang bertepatan di kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan juga terdapat pulau pasir yang membentang dengan hamparan pasir yang bewarna kecoklatan.

 

Uniknya masyarakat tanah putih menyebut pulau pasir tersebut dengan nama (BOTING). Setiap sore banyak masyarakat yang pergi ke BOTING khususnya anak-anak untuk bermain bola, bermain air kalau bahasa Tanah Putih nyo (BEKUBANG), atau hanya berjalan diatasnya untuk menikmati keindahan BOTING tersebut,Tutur Sulaiman (sar)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Bupati Karimun menyerahkan Uang Rp.3 juta Rupiah kepada HMI sebagai Juara I, Futsal Perdana.

 

Karimun,(KT) - Bertempat di Lapangan Putsal Kapling , Kabupaten Karimun , Bupati karimun Aunur Rafiq menutup turnamen futsal perdana HMI Komisariat Tanjung Balai Karimun, keluar sebagai Juara 1 Tim batosai fc , juara 2 frenkgess fc , juara 3 rantau fc juara 4 tim mega mas lestari. Jum.at (17/3/2017).

 

Selain mendapat piala dan piagam penghargaan , masing-masing tim juga menerima uang pembinaan , untuk juara 1 sebesar 3 juta rupiah , juara 2 , 2 jt rupiah , juara 3. 1 jt rupiah dan juara 4 , 5 ratus ribu rupiah.

 

Bupati Karimun H. Aunur Rafiq dalam kata sambutanya , sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan HMI , karena sesuai degan visi dan misi kabupaten karimun , membentuk generasi yang sehat , kuat dan sportif , Dimana salah satu upaya untuk mencapai hal tersebut melalui kegiatan gemar berolah raga.

 

Aunur Rafiq juga berharap , kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin dari HMI yang di dukung oleh pemerintah kabupaten karimun , terlebih acara ini di kelola oleh mahasiswa , yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi mereka yang terlibat , karena kelak sudah sangat memahami bagaimana mengelola sebuah efent sekelas kabupaten karimun

 

Selain bupati karimun , penutupan kegiatan ini juga di hadiri oleh perwakilan dari kodim 134 karimun ,KAHMI karimun, dan sejumlah tamu undangan lainya , acara ini berlangsung dari  tanggal 4 maret lalu , dan di ikuti oleh 48 tim , yang di taja , dalam rangka memperingati 70 tahun HMI mengabdi untuk umat dan bangsa Indonesia (*)

Published in KARIMUN

Ket Photo : Bupati Grobogan : SRI SUMARNI.SH.MM. (berita bergambar).

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Bupati Karimun, H.Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun,H.Anwar Hasyim dan Sekdakab,Karimun,HM.Firmansyah Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dalam Acara Pengukuhan dan Pelantikan Ketua dan Pengurus LPTQ.

Karimun,(KT) – Bupati Karimun mengukuhkan Kepengurusan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Karimun masa bhakti 2017-2022 , Jumat (17/3/2017).berlansung di Gedung Darun Nadwah Masjid Agung Poros.

Dalam kata sambutannya Bupati Karimun, H.Aunur Rafiq mengatakan, Dia berharap kepada Ketua dan para pengurus yang baru dilantik agar amanah dalam menjalankan roda lembaga LPTQ dengan semangat baru dan menjadikan skala proritas 6 program dari tilawah, diantaranya, Tartil,SyarhiL,Tahfidz,Hifzil dan terakhir Fahmil Qur’an yang diperlombakan pada Musabaqah Tilawatil Que,an,(MTQ).

Berdasarkan keputusan Bupati Karimun nomor 109 tahun 2017, Ketua sebagai ketua umum LPTQ Kabupaten Karimun masa bakti 2017-2022 adalah Anwar Hasyim yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Karimun.

“  Diharapkan LPTQ kedepanya jangan hanya merebut prestasi atau mempertahankan apa yang sudah dicapai,di beberapa ajang lomba keagamaan tetapi kedepanya diminta secara rutin melakukan pembinaan terhadap semua qori-qori’ah, tentunya dibutuhkan orang-orang yang professional serta ahli dibidang keagamaan,” Cetusnya

Ditambahkanya lagi, Namun Dia sangat yakin dengan para pengurus yang baru dilantik ini,akan berkerja secara ekstra keras melakukan bimbingan kepada para qori-qori,ah yang dibawah naungan LPTQ, agar dapat kembali merebut juara umum pada MTQ Tingkat Provinsi Kepri yang akan datang, dan Pemerintah Daerah akan senantiasa memberikan dorongan serta motivasi,” tuturnya(*)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Bupati Grobogan, Sri Sumarni,SH,MM. ketika berziarah ke Makam Leluhur.

GROBOGAN,(KT),- Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Grobogan Ke-291, Bupati Grobogan Sri Sumarni bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD dan pejabat di lingkungan pemkab setempat baru-baru ini, melakukan ziarah ke makam para leluhur. Bupati melakukan ziarah ke beberapa makam yakni Ki Ageng Getas Pendowo di Kecamatan Purwodadi, Pangeran Adipati Puger di Kecamatan Grobogan, , Ki Ageng Selo dan makam Ki Ageng Tarub di Kecamatan Tawangharjo.

Menurut Sri Sumarni,SH,MM, Bupati Grobogan mengatakan kegiatan ziarah ini rutin dilakukan dalam setiap peringatan Hari Jadi Kabupaten Grobogan. “Ziarah ini merupakan cara untuk mengenang jasa perjuangan para leluhur dalam sejarah perkembangan awal mula Kabupaten Grobogan,” ujar Sri Sumarni.

Dalam kegiatan ziarah ini dibagi dalam dua rombongan. Rombongan pertama Bupati bersama dengan Ketua DPRD Agus Siswanto, Kapolres AKBP Agusan Gurning dan Kajari Edy Handojo dan sebagian Kepala SKPD ziarah ke Makam Ki Ageng Selo dan Ki Ageng Tarub di Kecamatan Tawangharjo. Sedangkan rombongan kedua yakni Plt Sekda Mokh Nursahid, Dandim 0717 Purwodadi, Kepala Pengadilan Negeri Purwodadi dan Ketua PA Purwodadi, serta sebagian Kepala SKPD ke makam Getas Pendowo di Kecamatan Purwodadi dan ke Makam Pangeran Adipati Puger di Kecamatan Grobogan. Dalam kesempatan itu, baik bupati dan Plt Sekda juga menyempatkan diri membagikan sembako kepada warga sekitar yang kurang mampu.

Sebelum ziarah, bupati dan para pejabat serta berbagai undangan melangsungkan upacara Hari Jadi yang dirangkai dengan HUT Satpol PP dan Hari Jadi Pemadam Kebakaran di Alun-alun Purwodadi.

Dalam sambutannya Bupati Sri Sumarni meminta agar momentum Hari Ulang Tahun ke- 291 ini dijadikan sarana untuk berbenah. Yakni, membenahi semua kekurangan yang masih terlihat pada tahun-tahun sebelumnya. Khususnya, dalam masalah memberikan pelayanan prima pada masyarakat. Hal itu ditegaskan bupati saat menjadi inspektur upacara peringatan HUT Grobogan tersebut.

“Di usianya yang hampir tiga abad ini, sudah banyak prestasi yang dicapai Kabupaten Grobogan. Baik di kancah Jawa Tengah maupun nasional. Hal itu tentunya dinilai cukup membanggakan,” ucapnya.

Bupati berharap agar semua prestasi yang sudah diraih itu tidak membuat semua pihak puas diri. Sebab, tantangan kedepan dirasa bakal semakin berat. Oleh sebab itu, dibutuhkan kerja keras dari semua pihak agar prestasi yang diraih Kabupaten Grobogan bisa meningkat lagi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. (nur)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo: Salah satu Permainan Rakyat yang Mulai Punah.

 

Rohil,(KT) – Permainan Rakyat di Kabupaten Rokan Hilir  Khususnya di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan perlahan-lahan menghilang akibat kemajuan jaman yang tidak bisa terbendung, sehingga permainan tradisional kurang diminati lagi, oleh para kaum muda maupun anak-anak, sehingga budaya leluhur samakin terkikis dimakan waktu.

 

Hal tersebut dikatakan, M.Sarbaini Ketua Komunitas Pencinta Seni,(KIPAS),Rohil, kepada karimuntoday.com, jum,at (17/3/2017), Ya saat ini dia melihat permainan tradisional sudah sangat langka di permainkan, tidak seperti dahulu, setiap hari besar pasti akan dipertandingkan perminan rakyat tersebut.

 

Adapun permainan rakyat di Kabupaten Rohil,khusunya Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan seperti,Gasing, Galah panjang, Patuk Lele, Guncang Calung, Kaki Anggau (Egrang), Pacu Sampan, dll Ø GASING Gasing terbuat dari kayu,biasanya masyarakat Tanah Putih membuat Gasing tersebut dari kayu Tempuyan, Loban, Temonsu, dll. Karna kayu ini dianggap kuat dan tidak mudah pecah jika diadu atau di mainkan. Permainan gasing dimainkan 2-6 orang dengan cara membagi atas 2 kelompok

 

Selain permainan gasing ada juga permainan GALAH PANJANG Permainan ini di mainkan dengan cara membuat garis persegi empat dengan menarik garis dari sisi tengah persegi empat tersebut dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan,permainan ini dilakukan dengan cara menjaga garis tersebut supaya tidak dilewati pemain lain lain permainan ini di mainkan 3-4 orang dalam satu kelompok Ø PATUK LELE Permainan ini menggunakan objek kayu yang di potong-potong dengan ukuran 10-15CM Dan satu kayu panjang yang berukuran ± ½ meter, kayu panjang tersebut digunakan untuk memukul kayu berukuran 10-15CM tersebut dengan cara menancapkannya ditanah lalu dipukul kelompok yang jaga harus menagkap kayu tersebut.

 

Dan juga permainan, GUNCANG CALUNG (KALENG) Kalau penonton,(masyarakat-red), ingin mengetahui tentang permainan ini bisa bertanya lansung dengan orang tanah putih, setelah itu ada juga permainan,KAKI ANGGAU (EGRANG) Biasanya kaki anggau dibuat dari bulu, dan terakhir permainan,PACU SAMPAN Biasanya event ini diadakan pada Saat 17 Agustus atau hari kemerdekaan RI dan pada hari kedua atau ketiga.Tapi sayangnya dalam beberapa tahun terakhir ini event tersebut tak pernah diadakan lagi, mungkin karna kurang nya perhatian pemerintah setempat dan antusias dari masyarakat Tanah Putih.

 

Ditambahkanya lagi,Dia berharap agar Pemerintah Dearah, maupun kecamatan ketika menyambut hari besar agar kembali mempertontonkan kepada masyarakat permainan rakyat tersebut, sehingga, generasi sekarang mengetahui, apa saja permainan tradisonal yang ada di daerah kita,dan juga untuk menjaga kelestarian budaya   daripara pendahulu kita,” Pungkasnya

 

Secara terpisah, Bupati Rokan Hilir sampai berita ini diunggah belum dapat dimintai tanggapanya, terkait permintaan komunitas pencinta seni, agar permainan tradisonal,(rakyat-red), dibudayakan kembali untuk memeprkenalkan kepada generasi saat ini, belum dapat dimintai konfirmasinya.(mat)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Bupati Lingga, H.Alias Wello.(tengah), dan investor/

 

Lingga,(KT)_ Bupati Lingga, Alias Wello membuka secara resmi acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan untuk anggarang tahun 2018 di Aula Kantor Bupati Lingga, Provinsi Kepri,Kamis,(15/3/2017).

 

Pada kesempatan tersebut juga hadir Anggota DPD RI Dapil Provinsi Kepri Arifinto, dan juga hadir anggota DPRD Provinsi Kepri yaitu Hanafi Ekra dan Asef Nurdin dari Dapil Lingga Bintan.

 

Dalam sambutannya Awe, sapaan akrab Bupati Lingga memaparkan dengan panjang lebar terhadapa kondisi dab keadaan Kabupaten Lingga saat ini, adapun program proritas diantaranya,sector, pertanian, perikanan dan perkebunan.

"Di masa kepemimpinan saya dan saudara M Nizar yg berjalan setahun lebih ini kami dehgan di dukung oleh seluruh OPD telah berusaha maksimal untuk meningkatkan kondisi Kabupaten Lingga, saat awal kita harus menutup defisit hampir 200 Milyar, dan alhamdulillah dengan kerjasama yang baik semua pihak, perlahan demi perlahan hal tersebyt telah dapat di atasi" ungkap Awe saat itu.

Musrenbang ini  rencananya akan berlangsung selama 2 hari (16 dan 17/3) ini akan di isi dengan berbagai pemaparan dan perencanaan untuk mengoptimalisasi pendapatan daerah Kabupaten Lingga kedepannya(amri)

Published in LINGGA

KALENDER BERITA

« March 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31