humas karimun
humas karimun
karimuntoday.com - Items filtered by date: May 2017

 

 Ket Photo : Para Santriwan dan Santriwati Kelas IV MDTA tahun 1438 H/2017,Raudhatul Jannah melaksanakan Khatam Al - Quran,serta Kepala MDTA Raudhatul Jannah Koto Sentajo Kecamatan Sentajo Raya Abdul Muluk dan Majelis Guru.

 

Teluk Kuantan,(KT) -Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Raudhatul Jannah melaksanakan Khatam Al - Quran para Santriwan dan Santriwati Kelas IV MDTA tahun 1438 H/2017.bertempat di Musholah Nurul Yaqin Dusun Bikit Desa Koto Sentajo Kec.Sentajo Raya Kuantan Singingi,Provinsi Riau.Minggu,(14/5/2017).

 

Kepala MDTA Raudhatul Jannah Koto Sentajo Kecamatan Sentajo Raya Abdul Muluk yang didampingi Ketua Pelaksana Kegiatan Khatam Al- Quran MDTA Basriandi mengatakan, acara Khatam Al-Quran ini terselenggara atas dukungan dari para wali murid, Dukungan aparat Pemerintahan Desa, para darmawan. Acara khatam Al- Quran ini merupakan program tahunan MDTA Raudhatul Jannah Koto Sentajo. Artinya, Setiap Santri yang telah tamat MDTA dan selanjutnya akan dilaksanakan Khatam Al-Quran.

 

Khatam Al-Quran Untuk tahun ini sebanyak 21 Santriwan dan Santriwati .Nantinya setelah Khatam Al-Quran para santri juga akan diberikan sertifkat Khatam Al-Quran. Sedangkan Imam Khatam Al- Quran ini dipimpin langsung Imam Zulfan dan Sirfuad.

 

Sebelum dilaksanakan Khatam Al-Quran dilaksanakan fawai ta'aruf di Dusun Bukit Koto Sentajo. Selesai acara Khatam Al-Quran nantinya dilanjutkan dengan makan bersama dan bermaaf- maafkan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramdhan yang sudah diambang mata Papar Abdul Muluk.

 

Ketua KKMDTA Kecamatan Sentajo Raya Supriadi S.Pd, MM mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan Khatam Al-Quran para santriwan dan santriwati MDTA Raudhatul Jannah ini. Apalagi kegiatan ini dilaksanakan mau bulan Ramadhan 1438 H. Mudah- mudahan kegiatan ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya tambah Supriadi.

 

Sementara dalam sambutannya Heprianto Kepala Desa Koto Sentajo mengucapkan terimakasih kepada panitia pelaksana Khatam Al-Quran MDTA Raudhatul Jannah dan para Guru MDTA serta dukungan dari seluruh para wali murid. Kegiatan ini sangat baik sekali demi memupuk mental para santriwan dan santriwati dalam membaca Ayat- ayat suci Al-Quran.

 

 Acara khatam Al- Quran ini juga dihadiri para wali murid santriwan dan santriwati , para Guru MDTA Raudhatul Jannah, Ketua BPD dan anggota , Ketua Pengurus Mushalla dan Masjid, para tokoh masyarakat, Alim Ulama dan undangan lainnya.(Eki Maidedi)

Published in KARIMUN

Ket Photo : Wakil Gubernur Jawa Barat yang juga artis senior deddy mizwar di sebuah kegiatan tahunan yayasan pendidikan SMP - SMA Al - Ijtihad Cimayang - Bogor yang ber tema kan "Festival Respect" .

 

Bogor.(KT)  - Kedatangan wakil gubernur jawa barat yang juga artis senior deddy mizwar di sebuah kegiatan tahunan yayasan pendidikan SMP - SMA Al - Ijtihad Cimayang - Bogor yang ber tema kan "Festival Respect" disambut oleh seluruh civitas dan guru yang telah menanti dari sejak pagi hari. (13/05)

Dalam festival respect yang diselenggarakan oleh yayasan al - ijtihad tersebut pun tersedia pengobatan gratis, pameran, hingga bazzaar. Sehingga para civitas dan undangan selain menunggu puncak acara, juga dapat menikmati sajian yang telah disediakan oleh panitia.

Ketua panitia pelaksana pun mengaku bahwa, kegiatan tahunan ini berharap dapat memberikan dampak positif kepada seluruh civitas dan masyarakat luas. Sehingga dalam proses pelaksanaan pun dapat dijadikan lahan kreativitas dan edukasi dalam tekhnis kegiatan.

Setibanya di lokasi sekitar pukul 12.30-an. Wakil Gubernur Jawa Barat pun langsung disambut dengan semarak oleh para civitas, guru, hingga masyarakat. Tak lama deddy mizwar yang juga artis senior pun langsung diberikan kesempatan untuk mengisi puncaknya acara tersebut.

Dalam sambutannya, Deddy mizwar mengatakan bahwa pentingnya peranan guru dan murid dalam hal memajukan pendidikam di jawa barat. Sehingga ketika pendidikan di utamakan akan berdampak baik. Bukan hanya itu, Artis senior pun memberikan pengarahan agar seluruh warga jawa barat harus terlibat dalam proses memajukan pembangunan, pemberdayaan hingga dapat mengelola potensi yang ada.

"Ya, sangat penting, peranan dalam memajukan jawa barat. Dikarenakan jawa barat memiliki potensi yang sangat berbudaya dan maju". Pungkasnya.

Terlepas hal itu, Hasyemi Faqihudin Seorang aktivis mahasiswa yang turut hadir dalam kegiatan tersebut justru mengkritik kedatangan Wakil gubernur jawa barat yang juga cagub jawa barat di pilkada 2018 nanti.

"Momentum Pilkada 2018 memang sangat sensitif, justru untuk memblokade hal tersebut harus netralitas bagi pejabat negara yang akan melanjutkan dalam bursa pilkada nanti" bebernya.

Ia menambahkan, Ranah pendidikan, justru jika diagendakan mengkroscek hak hak warga dalam hal wajib belajar, sah sah saja. Karena itu porsi wagub. Tetapi, apabila dimanfaatkan untuk momentum pilkada ini sudah melanggar kode etik.

"Apalagi di depan yayasan tertera selamat datang deddy mizwar calon gubernur jawa barat" tutupnya. (Tw)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Dokter Puskesmas Pangean sedang Memberikan Perawatan Medis kepada Bayi yang ditemukan, terlihat juga,Anggota Polsek Sektor Pangean serta Anggota Danramil.

 

Teluk Kuantan,(KT) – Warga Dusun Batang Moncak Pasar Baru pangean Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi,Provinsi Riau di gegerkan dengan penemuan seorang bayi di salah satu rumah warga, tepatnya di teras rumah, bayi tersebut ditinggalkan dengan sehelai selimut bayi warna kuning dan sehali kain panjang warna coklat.

 

Menurut keterangan dari, Kapolres Kuansing,AKBP.Dasuki Herlambang melalui Kasubag Humas, AKP.G.Lumban Toruan kepada karimuntoday.com, Minggu,(14/5/2017),Bayi tersebut pertama kali ditemukan oleh,Silva Wahyuni, berawal dari sekitar pukul, 03,40 wib, dini hari Nenek Radia, nenek Silva Wahyuni terbangun dari tidurnya, karena mendengar suara tangisan bayi, kemudian nenek radia memanggil cucunya Silva Wahyuni, untuk melihat keluar rumah, mendengar suara tangisan bayi tersebut sempat Silva Wahyuni merasa takut, dan menunggu kurang lebih selama 10 menit, ketika itu jam sudah menunjukan pukul, 04.00 wib, shubuh.

 

Kemudian kembali terdengar tangisan suara bayi, Silva wahyuni memberanikan diri keluar dari rumahnya melalui pintu belakang, sambil berjalan secara perlahan-lahan, sambil pandangan matanya kearah depan rumahnya,setelah sampai di teras rumahnya, alangkah terkejutnya Silva Wahyuni, karena dia melihat sesosok bayi mungil tergeletak dan terbungkus selimut bayi warna kuning di lantai teras rumahnya, kemudian dia memanggil Ibunya, dan membawa bayi tersebut kedalam rumahnya untuk merawat bayi tersebut kondisinya mulai kedinginan, serta memberitahukan kepada warga setempat terkait penemuan bayi tersebut serta melaporkan ke Polsek Sektor Pangean.

 

“ Setelah dilaporkan ke Polsek Pangean Anggota lansung bergerak ke tempat kejadian perkara,(TKP), dan membawa bayi berjenis laki-laki tersebut ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan medis,karena kondisinya saat ini sudah membiru akibat kedinginan, adapun berat bayi tersebut,2,8 kg dengan panjang,48 cm,” Tutur Lumban

 

Ditambahkanya lagi, Saat ini bayi tersebut dirawat oleh,Nurhasia dan Silva Wahyuni dirumahnya untuk perawatan intensif, dan barang bukti berupa satu helai kain panjang warna coklat, satu helai selimut warna kuning, satu helai baju dan dua sarung tangan serta popok sudah diamankan di polres kuansing untuk barang bukti, dan kedua orang tua bayi tersebut masih dalam penyelidikan anggota satreskrim polres kuansing, Tukas Lumban (Eki Maidedi)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Septic Tank, dimana Farzan ditemukan oleh Kedua Orang Tuanya.

 

Teluk Kuantan,(KT) – Farzan Bocah 4 tahun ditemukan oleh ayahnya mengapung di dalam Septic tank sedang berisi air, septic tank tersebut baru di bangun oleh mertuanya, dan korban lansung diangkat serta di bawa ke Puskemas Desa Geringging Baru, namun, takdir berkehendak lain, ketika dilakukan pemeriksaan di puskesmas pembantu sentajo raya,bocah tersebut,(fauzan), sudah meninggal dunia, nyawanya tidak bisa diselamatkan lagi.

 

Kapolres Kuansing, AKBP.Dasuki Herlambang melalui, Kasubag Humas, AKP.G.Lumban Toruan kepada karimuntoday.com, mengatakan, Sabtu,(13/5/2017), sekitar pukul,14,15 wib, Bhabinkamtibmas, Brigadir Aldestan Anggota Polsek Benai, menerima laporan dari warga Desa Geringging, bahwa ada seorang bocah umur 4 tahun meninggal dunia disebabkan masuk kedalam septic tank, bocah tersebut putra dari pasangan, Eri dan Evi, kejadian tersebut berkisar pukul,12.00 wib.Sabtu,(13.5/2017).

 

Dari keterangan ibunya, Farzan (korban) meminta kepada ibunya Evi untuk memakaikan baju baru kemudian Evi memasangkan baju baru tersebut, Setelah baju baru tersebut di pasang lalu korban (Farzan) bermain lalu Ibu korban menonton Televisi bersama Ayah Korban pada saat itu Ibu korban sedang kurang enak badan kemudian Ibu dan Ayah korban tidur-tiduran sambil nonton Televisi hingga tertidur.

 

 Sekitar jam 14.00 wib Ibu dan Ayah korban terbangun dan melihat anak nya tidak ada di dekatnya lalu mereka mencari di sekitar rumah tetapi tidak ada, Kemudian Sdr.Eri dan Sdri. Evi mencari di sekitar rumah mertuanya yang berjarak sekitar 50 meter dari rumah nya kemudian mencari di belakang rumah mertuanya lalu Sdr. Eri dan Sdri. Evi melihat anaknya (farzan) sudah mengapung di dalam lubang septic tank(wc) yang sedang berisi air,

 

Septic tank tersebut baru dibuat oleh mertuanya. lalu Ayah korban mengambil korban yang sudah mengapung di dalam lubang  tersebut dan membawa korban ke Puskesmas Desa Geringging Baru. Menurut keterangan orang tuanya lagi,pada saat korban di angkat dari dalam septic tank (wc) tersebut  korban (farzan) sudah meninggal. Dunia

 

“ Korban telah dilakukan pemeriksaan oleh pihak puskesmas pembantu Sentojo Raya Desa Geringging Baru dengan hasil pemeriksaan :Tidak ada ditemukan tanda kekerasan phisik pada tubuh korban” Ujar Ka Humas Polres Kuansing  (Eki Maidedi)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuantan Singingi Hj. Emi Safitri Mursini di wakili oleh Sekretaris Surma Yanti SE M.Si menghadiri pertemuan rutin bulanan PKK di Kecamatan Benai, Jumat (12/5/2017) kemarin di Aula Kantor Camat Kecamatan Benai.

 

Teluk Kuantan,(KT)  - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuantan Singingi Hj. Emi Safitri Mursini di wakili oleh Sekretaris Surma Yanti SE M.Si menghadiri pertemuan rutin bulanan PKK di Kecamatan Benai, Jumat (12/5/2017) kemarin di Aula Kantor Camat Kecamatan Benai.

 

Pertemuan rutin sekaligus pembinaan yang merupakan sarana silaturrahim serta sebagai sarana evaluasi bersama tentang berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan kedepannya. "Melalui pertemuan rutin ini, akan selalu ada informasi baru, terkait program dan kegiatan PKK yang tertuang dalam 10 Program Pokok PKK yang dilakukan oleh Kelompok Kerja (Pokja)," kata Surma Yanti saat memberikan sambutannya.

 

Bukan hanya itu, menurut wanita yang akrab disapa Sura itu, kegiatan ini juga merupakan suatu ajang untuk mengenali satu persatu ketua PKK desa/kelurahan di kecamatan. Ketua TP PKK Kuansing Hj Emi Safitri Mursini melalui Sekretarisnya, Surma Yanti sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada semuanya ibu-ibu PKK yang telah mendukung banyak kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui 10 program pokok PKK nya.

 

Menurutnya, tiada gerakan organisasi kaum hawa yang selengkap PKK yang meliputi semua segi kehidupan. PKK adalah mitra bagi kecamatan dan kelurahan dalam memperjuangkan peningkatan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan visi Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, menjadikan Kabupaten Kuansing yang Unggul, Sejahtera dan Agamis," ungkap Sura.

 

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Benai Marini Yuhendra mengatakan untuk lebih memantapkan peran serta anggota TP PKK dalam menunjang program pembangunan di kecamatan maupun desa dan kelurahan. "Maka perlu kita lakukan pertemuan seperti ini secara rutin.

Selain mempererat silaturrahmi, kita juga bersama-sama memajukan desa/kelurahan masing-masing serta bersama-sama meningkatkan program dan kegiatan PKK," Rini. "Dan selama ini sudah baik, tentu kita akan terus mempertahankan prestasi yang sudah diraih, dan kekurangan yang ada juga bersama untuk kita memperbaikinya," ujarnya.(Eki Maidedi

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Kolam Ikan Warga yang Luluh Lantak di Terjang Banjir Badang.

 

Teluk Kuantan,(KT) -  Banjir Badang Hancurkan Kolam Ikan Milik Warga Kecamatan Sentajo Raya Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Kuantan Singingi,Provinsi Riau, Jumat malam (12/5/2017) kemarin, beberapa kolam ikan milik warga jebol akibat derasnya debit air.

 

Akibatnya, ikan yang ada di kolam habis terbawa arus, sehingga para petani ikan mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Akibat banjir badang puluhan kolam ikan milik warga di Kecamatan Sentajo Raya jebol diperkirakan petani ikan mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah papar Alpion (43) salah seorang peternak Ikan warga Pulau Komang Sentajo Sabtu sore (13/5/2017).

 

 Dikatakan Alpion, kolam ikan yang paling banyak hancur diwilayah sungai lintang Desa Muaro Sentajo, Kolam ikan yang hancur tersebut antara lain kolam ikan milik suhono yang rencananya mau panen pada hari kejadian banjir bandang (sabtu red). Selain itu , kolam ikan milik Taupik yang rencana mau dipanen dua hari lagi. Ditambahkannya, kolam ikan miliknya juga hancur akibat diterjang banjir bandang tersebut. Ikan miliknya sudah berumur sekitar 6 minggu.

 

Sedangkan Ikan yang sudah berumur 6 bulan juga terbawa arus banjir yakni kolam milik Bujang ketek, Kolam Liadi Nimbong, Kolam Ikan milik Eri, Kolam Ikan milik Cikman, Kolam ikan milik suadi, Kolam ikan milik Lukman dan masih ada beberapa kolam milik warga yang dalam keadaan memprihatinkan.

 

Diakui Alpion, Akibat banjir bandang ini membuat petani ikan merugi dan rata- rata satu kolam berisi sekitar 10.000- 15.000 bibit ikan. Namun apa hendak dikata, semua ini cobaan dari yang kuasa. Diharapkan juga Dinas Perikanan Kuantan Singingi agar nantinya bisa membantu bibit ikan bagi patani ikan yang kolamnya hancur akibat banjir bandang ini harap Alpion. (Eki Maidedi)

Published in KARIMUN

  

 

Ket Photo : Moch juanda ketua bidang publikasi DPN HKTI, DR. Rusfian ketua OKK DPN HKTI, Indra Sudirman Sekretaris DPP HKTI Kepri, Ketum HKTI Jendral TNI Purn Moldoko, Sekjend HKTI Irjen PolPurn Erwin Tobing, Alias Wello Bupati Lingga..

 

Tanjungpinang,(KT) – Musyawarah Provinsi HKTI Kepulauan Riau dalam waktu dekat akan digelar di Hotel CK Tanjungpinang, pada tanggal, 23 Mei 2017,dan pada hari yang sama sekaligus dilaksanakan pelantikan atas ketua terpilih, adapun calon kuat yang bakal menduduki sebagai Ketua Dewan Pimpinan HKTI Kepri, saudara, Alias Wello Bupati Kabupaten Lingga, dan insya allah Musyawarah Tingkat Provinsi tersebut, dihadiri oleh, Ketua Umum HKTI, Jendral Pur. Moeldoko.

 

Hal tersebut dikatakan, Erwan Bachrani selaku Ketua OC kepada karimuntoday.com Sabtu,(13/5/2017), Via Hp selularnya, Ya tadi siang kami melakukan rapat internal di hotel harmoni batam, dalam rangka mensingkronisasi jadwal musyawarah provinsi HKTI Kepulauan Riau,disepakati musprov pada tanggal, 23 mei 2017, bertempat di hotel CK Tanjung Pinang,Kepri.

 

“ Rapat internal tadi dihadiri oleh Ketua SC, Satari, Calon Ketua HKTI,Bapak Alias Wello, Sekretaris HKTI Kepri,Indra Sudirman,Mantan Wakil Bupati Lingga, Saptono Mustaqin serta Rekan-rekan anggota DPRD Linga,” Tuturnya

 

Ditambahkanya lagi, Pada acara Musprov nantinya, panitia akan mengundang seluruh bupati serta walikota, para ketua DPRD sekepri dan Ketua DPRD Provinsi Kepri serta Bapak Gubernur Kepri, dan juga, setelah selesai acara musprov, esok harinya ketua umum, Jendral Pur,Moeldoko akan melakukan kunjungan kerja ke kabupaten lingga.

 

“ Dalam hal ini Ketua HKTI Kepri saat ini bapak, Huzrin Hood dengan Saudara Indra Sudirman sebagai Sekretaris telah mengarahkan kepada kmai OC dan SC untuk melaksanakan Musprov secara baik dan lancar,” Tuturnya (*)

Published in TANJUNGPINANG

 

 

Ket Photo : Kepala Kepolisian Daerah Riau,Irjen Pol, Zulkarnain.

 

Teluk Kuantan,(KT) – Puluhan Pertambangan Emas Tanpa Izin, (DOMPENG) di Desa Bukit Pedusunan Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, aktivitasnya sudah meresahkan warga setempat, pasalnya, limbah dari PETI tersebut mengancam kerambah apung milik warga,mirisnya lagi, keberadaan PETI Ilegal tersebut, seakan-akan tidak terhendus oleh pihak Polsek Kuantan Mudik maupun Polres Kuansing, oleh sebab itu di minta kepada Polda Riau untuk turun tangan membumi hanguskan PETI tersebut.

 

Hal itu dikatakan, Gusmansayah salah seorang Pemerhati Lingkungan di Riau kepada karimuntoday.com, Sabtu,(13/5/2017), Dia sangat kwahtir dengan keberadaan puluhan Pertambangan Emas Tanpa Izin,(PETI), yang tidak berapa jauh dari areal kerambah apung, bahkan  menurut informasi didapatnya,saat ini limbah dari dompeng tersebut sudah mengalir kearah dimana kerambah apung berada, apabila tidak cepat di antisipasi, tentu ikan peliharaan masyarakat akan terancam mati, buktinya, saat ini ikan – ikan didalam kerambah sudah banyak stress, tidak mau makan, karena air didalam kerambah sudah keruh seperti kopi susu.

 

“  Dia berharap Bapak,Kapolda Riau agar dapat menurunkan pasukanya untuk menghentikan aktivitas pertambangan emas Tanpa Izin,(PETI),tersebut,pasalnya, apabila ikan-ikan dikerambah pada mati, secara tindak lansung masyarakat yang memiliki kerambah akan mengalami kerugian, tentu akan menimbulkan gejolak serta komplik antar warga,” tuturnya

 

Ditambahkannya lagi, Sebelum menimbulkan gejolak ditengah masyarakat, sekali lagi diharapkan kepada bapak Kapolda Riau, untuk turun lansung menghentikan kegiatan penambangan emas tanpa izin tersebut, seperti yang bapak lakukan di kabupaten bengkalis beberapa waktu lalu, terkait illegal logging, yang bapak bumi hanguskan,” Tukasnya

 

 Secara terpisah, Kepala Kepolisian Daerah Riau,Irjen Pol, Zulkarnain sampai berita ini diunggah belum dapat dimintai tanggapanya, terkait, permintaan salah seorang pemerhati lingkungan di riau, agar melakukan penutupan serta menangkap pelaku penambangan emas illegal di kabupaten kuansing, provinsi riau, belum dapat dimintai konfirmasinya.(*)

 

Published in KARIMUN

 

Ket Photo: Ilustrasi,(net).

 

Teluk Kuantan,(KT) - Pemerintahan yang bersih serta bebas dari pungutan liar di canangkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, ternyata di Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, jauh panggang dari api, pasalnya, Pungli masih terjadi, modusnya di sebabkan, Server e-KTP yang online di kabupaten kuansing hanya di kecamatan kuantan tengah, artinya, kesempatan tersebut atau peluang tersebut di manfaatkan oleh oknum operator bernama Vivin untuk mengambil kesempatan melakukan pungli terhadap masyarakat luar dari kecamatan kuantan tengah yang hendak melakukan perekaman e-KTP.

 

Vivin Oknum Operator di Kecamatan Kuantan Tengah,Kabupaten Kuantan Singingi,Provinsi Riau, ketika dikonfirmasi karimuntoday.com, Kamis,(4/5/2017), Dia terang-terangan mengatakan, dalam pengurusan KTP-.el,masyarakat yang berdomisili diluar kecamatan.kuantan tengah dipungut biaya,namun, setelah mengetahui bahwa yang melakukan konfirmasi adalah wartawan, karimuntoday.com, Vivin lansung berkelit dengan memutar fakta, dia  lansung  memperbaiki stetmenya dengan mengatakan, bahwa memang pengurusan Ktp.el ini gratis,dan lagian kami gak pernah memaksa untuk membayar,hanya suka rela ujarnya saat di wawancarai saat jam kerja perekaman ktp.el di kantor camat kuantan tengah sekitar pukul 15.20wib.” kami dari bulan januari 2017 tidak menerima gaji,karena kami dirumahkan,lagi pula kami tidak memaksa untuk dibayar, hanya suka rela “ katanya lagi  

 

“ Vivin menyampaikan kami gak pernah memaksa,walaupun kami pulang sudah lewat jam kerja,bahkan sampai pkl 17.00wib baru kami pulang,dan kami tidak pernah menetapkan besaran pungutanya alias suka rela,” Tuturnya

 

Secara terpisah, Camat Kuantan Tengah, Refendi Zukman ketika dikonfirmasi media ini terkait adanya pungutan liar,(PUNGLI),dilakukan oleh Oknum Operator Perekaman KTP el benama Vivin mengatakan, Dia tidak mengetahui untuk apa uang ini digunakan,mungkin saja untuk uang minum mereka saat bekerja ujarnya saat  di parkiran kantor dprd kuansing jum'at.(5/5/2017)

 

Neli warga desa seberang sungai kecamatan .gunung toar,kabupaten kuansing sempat diwawancarai,karimuntoday.com membenarkan bahwa pembayaran pengurusan perekaman ktp.el di kantor camat kuantan tengah ini  hanya warga yang bukan berdomisili di kecamatan.kuantan tengah dilakukan pemungutan,walaupun tidak ditetapkan besaranya, kamis (4/5/2017), Ujarnya singkat

 

 Lucunya ketika permasalaham adanya pungutan liar dilakukan oleh oknum operator perekaman KTP el di konfirmasikan kepada, Kepala Dinas Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi, Drs.Martono menerangkan, bahwa Server ktp el yang masih bisa digunakan memang hanya kuantan tengah. Server kuantan tengah  dan juga sebenarnya mereka hanya wajib melaksanakan perekaman ktp.el hanya warga kuantan tengah saja,tetapi karena server kecamatan lain pada umumnya rusak dan untuk kelancaran pelayanan agar tidak terkendala,kami minta tolong operatornya untuk membantu melakukan perekaman, terhadap masyarakat yang datang dara luar kecamatan.kuantan tengah dapat dibantu,mengenai ada pungutan,mungkin itu bantuan atau sumbangshi masyarakat kepada operator karena operator tersebut kan tidak digaji.” Ujar martono mengakhiri

 

Secara terpisah, Suhardi Iman SH, salah seorang masyarakat kuansing di perantauan kepada karimuntoday.com mengatakan, Modus seperti ini memang kerap terjadi bukan saja dikabupaten kuansing,bahkan diluar kuansing, karena semua itu tidak terlepas adanya niat serta  kesempatan dan  di manfaatkan untuk meraup keuntungan pribadi, dan apabila diketahui oleh khalayak ramai  bermacam argumentasi di sampaikan untuk menutupi suatu kebohongan, dengan dalih bermacam-macam, dia berharap agar, Bapak Kapolres Kuansing melalui Tim Saber Pungli, untuk secepatnya melakukan penangkapan terhadap Oknum Operator Perekaman KTP el yang bernama,Vivin,yang telah melakukan pungli, dan dia yakin, apabila vivin sudah diamankan dan dimintai keterangan, maka akan diketahui siapa saja yang ikut menikmati hasil pungli dari perekaman KTP el dari Masyarakat dan juga dia berharap, agar Bupati Kuansing, mencopot jabatan camat kuantan tengah serta jabatan kadisduk.capil kuansing,” tegasnya (Eki Maidedi)

 

 Seperti diberitakan media online karimuntoday.com terkait adanya dugaan pungli dilakukan oknum petugas operator perekaman KTP elektronik terhadap warga luar dari kecamatan kuantan tengah salah seorang pengiat anti pungli di kabupaten kuansing,provinsi riau meminta Tim Saber Pungli untuk melakukan penangkapan terhadap oknum petugas perekam KTP elektronik tersebut.

 

Hal tersebut dikatakan, Zubirman SH salah seorang Pengiat Anti Pungli di Kabupaten Kuansing,Provinsi Riau kepada karimuntoday.com, Sabtu,(6/5/2017), Dia sangat menyesalkan masih adanya pungutan liar dilakukan oleh oknum-oknum di kecamatan kepada masyarakat yang hendak mengurus perlengkapan kependudukanya, seperti terjadi di kecamatan kuantan tengah saat ini telah menjadi viral di medsos, dan dia berharap agar adanya dugaan pungli tersebut untuk secepatnya ditanggapi oleh tim saber pungli polres kuansing,dan lucunya lagi, Camat Kuantan Tengah Mengatakan,Dia tidak mengetahui untuk apa uang ini digunakan,mungkin saja untuk uang minum mereka saat bekerja,seperti dikutip dari karimuntoday.com.

 

“ Tim Saber Pungli Polres Kuansing diminta bergerak cepat ke Tempat Kejadian Perkara,(TKP),untuk melakukan penangkapan, terhadap oknum petugas perekam KTP elektronik inisial “VN”,pasalnya, ketika di wawancara wartawan dia mengakui melakukan pemungutan uang terhadap masyarakat yang bukan berdomisili di Kecamatan Kuantan Tengah,ketika hendak melakukan perekaman KTP elektronik,” Tuturnya

 

Ditambahkanya lagi, Andaikata Tim Saber Pungli Polres Kuansing, tidak respon dengan adanya dugaan pungli di kecamatan kuantan tengah, tentunya kedepan akan menjadi presiden buruk bagi penegakan hukum, dan tidak menutup kemungkinan budaya pungutan  liar yang merugikan masyarakat tidak akan pernah hilang di kabupaten kuansing,provinsi riau,” Tukasnya

 

Secara terpisah, Ketua Tim Saber Pungli Polres Kuantan Singingi, sampai berita ini diunggah belum dapat dimintai konfirmasinya, terkait adanya permintaan dari salah seorang pengiat anti pungli,agar tim saber pungli sigap menangani adanya dugaan pungli di kecamatan kuantan tengah belum dapat dimintai tanggapanya.(*)

 

Reformasi Birokrasi yang dicita-citakan sejak pemerintahan soekarno hingga saat ini tidak akan terwujud jika masih ada pungli di negeri ini , salah satu rumusan reformasi birokrasi yang tertuang dalam Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019 ialah birokrasi yang bersih dan akuntabel . "Saya sangat prihatin dengan adanya pungli yang terjadi di kantor Camat Kuantan Tengah,Teluk Kuantan.

 

Bahkan saya sendiri merupakan salah satu korban pungli tersebut, kejadiannya pada tahun 2015 tepatnya 6 Juli saya melakukan perekaman e-KTP di Kantor Camat Kuantan Tengah, ketika hendak keluar dari kantor saya dipanggil dan diminta biaya admnistrasi sejumlah 20 ribu rupiah" kata Riyos yang merupakan Koordinator UNIKS Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Se- Indonesia (ILMISPI) BKD RIAU.

 

Padahal Kemendagri telah merevisi UU. No.23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan . Salah satu poin yang direvisi adalah biaya pengurusan administrasi kependudukan akan dibebaskan dan ditanggung pemerintah pusat melalui APBN.

 

"Saya berharap Polres Kuansing melalui Tim Saber Pungli agar segera menuntaskan masalah ini sehingga tidak akan menjadi keresahan lagi dimasyarakat " Pinta Riyos dengan tegas yang juga merupakan sekum HMI Kuansing.

 

Secara terpisah,Septiadi yang merupakan masyarakat desa pulau panjang cerenti kecamatan cerenti juga menjadi korban , beliau diminta uang 10 ribu setelah melakukan perekaman e KTP di Kantor Camat Kuantan Tengah pada April 2017, lalu.

 

Ketua Tim Saber Pungli Polres Kuantan Singingi sampai berita ini diunggah belum dapat dimintai tanggapanya terkait permintaan dari Koordinator UNIKS ILMISPI BKD RIAU, agar Tim Saber Pungli Polres Kuantan Singingi untuk mengusut tuntas adanya pungli di kecamatan kuantan tengah, kepada masyarakat yang melakukan perekaman E-KTP,belum dapat dimintai konfirmasinya, begitu juga dengan Wakil Bupati Kuansing, H.Halim ketika dikonfirmasi via hp selularnya terdengar nada aktif.namun enggan untuk mengangkatnya, begitu juga ketika dilayangkan pesan singkat, juga enggan membalasnya.(Eki Maidedi/red)

 

Published in KARIMUN

 

Ket Photo Menpan RB, Asman Abnur bersalaman Dengan Bupati Karimun,H.Aunur Rafiq, Usai menandatangani kerjasama atau MoU antara Pusat Tahfiz Al-Quran Provinsi Kepri di Kecamatan Moro Kabupaten Karimun.

Karimun,(KT) -  Menpan RB, Asman Abnur menandatangani kerjasama atau MoU antara Pusat Tahfiz Al-Quran Provinsi Kepri di Kecamatan Moro Kabupaten Karimun dengan Kolej Pengajian Islam Johor (MARSAH), Johor Bahru, Malaysia, Kamis (11/5/2017)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur meresmikan Pusat Tahfiz Al-Quran Provinsi Kepri, di Desa Niur Permai, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun hari Kamis (11/5/2017).

Peresmian ini juga disejalankan dengan penandatanganan (MoU) antara Pusat Tahfiz Al-Quran Provinsi Kepri dengan Kolej Pengajian Islam Johor (MARSAH), Johor Bahru, Malaysia. Penandatangan kerjasama ini dilakukan Menpan RB disaksikan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dan Bupati Karimun, Sekdaprov Kepri,  serta tamu undangan lainnya.

"Sebelum diresmikan Pusat Tahfiz Al-Quran ini, pendidikan, pembinaan dan pelatihannya di Quran Center Batam yang didirikan pada tanggal 12 Februari 2015. Dalam kurun waktu kurang lebih 9 tahun , Quran Center Batam mampu menciptakan qori-qoriah dan hafiz-hafizah terbaik maupun cabang dan golongan lain, yang dilombakan pada STQ, MTQ tingkat Provinis, Nasional maupun Iternasional,"

Turut hadir dalam peresmian ini diantaranya Kakamwil Kemenag Provinsi Kepri, sejumlah anggota DPRD Kepri dan Kabupaten Karimun, FKPD dan Kepala OPD Karimun, Ketua LAM Provinsi Kepri, alim ulama, tokoh agama serta tokoh masyarakat.(kt/hms)

Published in KARIMUN

KALENDER BERITA

« May 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31