humas karimun
humas karimun
karimuntoday.com - Items filtered by date: June 2017

 

 Ket Photo : Nenek Saida (73) yang tinggal bersama cucunya Angga Apri Naldo (4) di gubuk reot ukuran 3 x 4 meter. tinggal di Dusun Penghijauan Desa Pasarbaru Pangean, Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi.Provinsi Riau.

 

Kuansing,(Karimuntoday.com) - Rasa haru yang mendalam tergambar pada nasib nenek Saida (73) yang tinggal bersama cucunya Angga Apri Naldo (4) di gubuk reot ukuran 3 x 4 meter. Nenek saida (73) tinggal di Dusun Penghijauan Desa Pasarbaru Pangean, Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi.Provinsi Riau, bersama cucunya dirumah yang jauh dari kelayakan untuk ditempati, apalagi pada usia senja ini.

 

Mengapa dikatakan dari kelayakan untuk ditempati? karena bila datang hujan maka nenek bersama cucunya akan kehujanan,disebabkan seluruh atap gubuknya sudah bocor. Untuk kehidupan sehari-hari bersama cucunya, sangat bergantung pada orang lain yang mau memberikan sedikit rezki, ujar Nenek Saida (73) ketika dihubungi wartawan di gubuk tuanya tersebut.

 

Nenek Saida menceritakan nasibnya sambil meneteskan air mata, Lebih kurang empat tahun lalu ditinggal sang anak satu-satunya di gubuk tua ini. Ia pun berjuang melanjutkan kehidupan bersama cucunya. "Alhamdulilah kami bisa hidup sampai sekarang. Meski hidup pas-pasan dari bantuan orang lain, kami bisa hidup sampai sekarang," ujarnya

 

 Suhardi selaku Kepala Dusun Penghijauan Desa Pasar Baru Pangean menyampaikan, begitu dirinya mendapat laporan dari masyarakat, langsung turun ke lokasi dan mengajak masyarakatnya agar bisa menyisihkan sedikit rezeki untuk membantu dan meringankan beban Nenek Saida bersama cucunya apri naldo " Dari bantuan yang diperoleh warga tersebut, dirinya akan melakukan bedah rumah. Insya Allah dalam waktu dekat akan kita laksanakan," paparnya.

 

Hal yang sama juga dikatakan tokoh masyarakat Penghijauan, Yarlis, yang mengajak masyarakat, khususnya kaum muslimin agar bisa saling berbagi sedikit dari rejeki, untuk membantu proses bedah rumah nenek Saida tersebut. " Sebab, kesedihan dan kelemahan saudara kita, adalah menjadi tanggung jawab umat muslim yang lainnya," ajaknya.

 

 Sedangkan tempat penyaluran bantuan dapat melalui Rekening Bank BRI A.n. Suhaimi 55 18 01 00 0449539 atau Saudara Kadus Penghijauan, bila telah di kirim harap konfirmasi lewat Kontak Person : 0812 7522 5154 Atau 0812 7516 2642.” Ujarnya

 

Secara terpisah, Bupati Kuantan Singingi, Mursini sampai berita ini diunggah belum dapat dimintai tanggapanya, terkait salah seorang warganya luput dari perhatian sebagai penerima bantuan rumah layak huni, belum dapat dimintai konfirmasinya.(Eki Maidedi)

Published in KARIMUN

6 Club Berlaga Forkomakusi Se-Indonesia RaihJuara I HPMKM Cup.

 

Ket Photo : Tim Forkomakusi se -indonesia dalam Turnamen Sepakbola Himpunan Mahasiswa Kuantan Mudik (HPMKM) Cup tahun 2017.

 

Lubuk Jambi,(karimuntoday.com) -Keikutsertaan Forkomakusi se -indonesia dalam turnamen sepakbola Himpunan Mahasiswa Kuantan Mudik (HPMKM) Cup tahun 2017 tidak sia-sia

.

Dimana turnamen ini Merupakan ajang silaturrahmi tahunan yang biasa diadakan pada hari lebaran oleh HPMKM. dimana mahasiswa yang berada diluar daerah pulang kampung. HPMKM Cup ini diikuti oleh 6 club diantaranya Ikatan Keluarga Kuantan Mudik (IKKM) di Pekanbaru, Himpunan Mahasiswa Kuantan Mudik (HPMKM), Ipermakusi, Gemakusi, IPMKM, dan Forkomakusi Se-Indonesia.

 

Pertandingan di adakan dengan sistem gugur, Dihari pertama Forkomakusi berhasil mengalahkan IKKM dengan skor 2:1, dihari kedua berhasil mengalahkan Gemakusi Jakarta dengan menang WO dan berhasil menjadi juara setelah mengalahkan IPMKM dengan skor meyakinkan 3:0.

 

Sekjen Forkomakusi se indonesia menyampaikan,Saya rasa Ini adalah prestasi yang luar biasa yang diraih oleh tim sepakbola Forkomakusi Se-Indonesia, dan Dia juga berharap kepada Pemda kuansing agar memperhatikan olahraga sepakbola di kuantan singingi karena bibit dan bakat pesepakbola kuansing sangat banyak,” ujar Jeki Efriyunas menandaskan.(Eki Miadedi)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Dt.Lenggang Sedang memberikan Pengarahan kepada cucu kamanakan suku budi caniago.

 

 

Pebaun Hulu,(karimuntoday. com) - Suku budi caniago gelar acara halal bihalal antara ninik mamak, bundo kanduang dan cucu kamanakan, kegiatan halal bihalal ini bertujuan untuk mempererat silaturahim antara mamak, bundo kanduang dan cucu kamanakan, baik yang berdiam di kampung halaman dengan desa yang berbeda, maupun cucu kamanakan yang baru pulang dari rantau.

 

Kegiatan halal bihalal yang dilaksanakan oleh suku budi caniago ini digelar setiap tahunya, karena belum mempunyai tempat seperti balai adat atau rumah gidang, maka pertemuan diadakan diluar rumah dt. Jain didesa pebaun hulu kecamatan kuantan mudik, kab. Kuantan singingi jum'at siang (30/6/2017).

 

 Halal bihalal ini dikatakan, Hamdan yang bergelar dt. Siamang menyampaikan bahwa halal bihalal ini bertujuan untuk menambah kekuatan kesatuan kita antara ninik mamak, bundo kanduang cucu kamanakan suku budi caniago Hadir di acara ini dt.ngan kayo itam, dt. Tanpa lowan, dt. Cindau, dt. Rang kayo bosar, dt. Mangkuto, dt. Dumanso, dan dt.siamang Kemudian juga turut hadir dt.Lenggang, dt. Kuncang marajo, dt.

Rang kayo kociak, dt. Rajo alam, dt. Gindo otik, dan dt. Lintang sutan.

 

 Sekarang suku budi caniago tengah membangun balai adat sebagai tempat pertemuan keluarga besar suku budi caniago setiap tahunya, pada kesempatan halal bihalal ini mendapat kesepakatan untuk mengadakan halal bhalal di setiap tahunya pada hari ke3 raya idul fitri Bangunan balai adat ini dibangun dengan berukuran 13x20m sehingga dapat menampung seluruh Ninik mamak, bundo kanduang dan cucu kamanakan suku budi caniago saat mengadakan duduak basamo tambah Dt.siamang, Hamdan

 

Sementara Abrinal,S.Pd.I selaku dt.Lenggang yang juga merupakan ulasan jari penyambung lidah datuk Tomo dan datuk datuk yang hadir menyampaikan bahwa kepada cucu kamanakan jangan keluar dari fitrah, adat, alquran dan hadist, karena adat mangato, syarak mamakai, adat basandi syarak, syarak bersendi kitabullah Sekarang jelas Dt. Lenggang,

 

" Cucu kamanakan kita sudah banyak yang tidak saling mengetahui antara suku diantara mereka, sudah banyak contoh yang terjadi nikah satu suku, dt.Lenggang Tegaskan supaya tidak terjadi kepada cucu kamanakan suku budi caniago harap dt. Lenggang, "Abrinal menandaskan (Eki Maidedi)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Bupati Karimun.H. Aunur Raqik bersama Warga di Lokasi Pantai Tg. Ambat Lubuk Puding Kecamatan Buru.

 

 

Karimun,(KT) -Bupati Karimun,Provinsi Kepri,H. Aunur Rafiq secara resmi membuka iven pariwisata Pesta Pantai Buru 2017,dipusatkan di objek wisata pantai Tanjung Ambat, Kecamatan Buru, Rabu (28/6/2017) sekitar pukul 09.00 Wib.

Bupati Karimun,H. Rafiq mencanangkan iven Pesta Pantai Buru dijadikan agenda tahunan iven pariwisata Kabupaten Karimun agar pengelolaannya semakin baik ke depannya,sehingga bisa menarik para wisatawan yang hendak berkunjung dan menjadi betah.

 

"Bupati sangat terkesan, meski iven ini atas prakarsa warga sendiri. Bahkan pak Bupati mengharapkan pesta pantai Buru ini jadi agenda tahunan event pariwisata Karimun," Tutur Helmy Camat Buru

 

Menurut Helmy, Bupati juga berjanji akan memberikan bantuan pembangunan infrastruktur pendukung objek-objek wisata di pulau Buru seperti semenisasi akses jalan ke objek wisata kolam air panas bumi di Desa Tanjung Hutan dan panggung di dalam kawasan objek wisata pantai Tanjung Ambat mulai 2018 mendatang.

 

“ Alhamdulilah,Pembebasan lahan secepatnya diupayakan," Tukas Helmy.

 

Diwaktu yang sama, Bupati Karimun, H.Aunur Rafiq menyempatkan diri untuk melepas peserta lomba sampan layar.

 

Adapun, Pesta Pantai Buru 2017 akan dilansungkan selama satu hari penuh. Acara tersebut diselenggarakan untuk memeriahkan hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Dan tidak kalah hebohnya panitia juga menghadirkan penyanyi dangdut uang tidak asing lagi di public yakni Vera KDI 3 asal Ibukota..(*)

 

Published in KARIMUN

 

 

Ket Photo Latihan Perdana Jalur Puti Mandi Mayang Taurai Rantau Sialang.

 

 

Lubuk Jambi,(karimuntoday.com) - Jalur Sang juara dua kali berturut turut di iven nasional thn 2009-2010," PUTI MANDI MAYANG TAURAI" Kembali Bangkitkan semangat raih juara ditahun 2017 ini, dibuktikan dari semangat para atlit Pacuanya yang cukup Antusias Mengikuti Latihan Perdana kamis 29/6/2017.

 

Mengikuti sejarah pacu jalur yang ada Di Kota Jalur kabupaten kuantan singingi Jalur Puti mandi mayang taurai ini sudah pernah Masuk Partai Final 4Kali berturut turut di iven Nasional Teluk kuantan,

 

Sementara ketua BPD Desa Rantau Sialang, Badril.S.Pd menyampaikan bahwa untuk meraih keberhasilan memang butuh semangat dan kekompakan atlit pacuan itu sendiri, yang tidak terlepas dari dukungan seluruh lapisan masyarakat rantau sialang, ujar Badril

 

 Kemudian Badril "Berharap Tahun ini Jalur yang dimiliki masyarakat rantau sialang termasuk salah satu jalur kebanggaan kecamatan kuantan mudik untuk mengangkat marwah desa rantau sialang khususnya di kecamatan kuantan mudik, maupun di kabupaten kuantan singingi pada umumnya tambahnya."badril Karena beberapa tahun belakangan ini jalur kebanggaan kita Puti mandi mayang taurai yang selama ini cukup disegani di berbagai iven, seperti di tingkat rayon kecamatan, maupun di iven nasional setiap tahunya di teluk kuantan sekarang sudah mulai memudar, jadi kita berharap atlit pacuan dapat membangkitkan nama baik Puti Mandi Mayang Taurai pungkas badril Menandaskan

 

 Sementara Kepala Desa Rantau Sialang, Syafriadi yang juga menjabat sebagai Pengurus Forum Kades Kuansing menyampaikan bahwa "semua atlit pacuan kita akan ditempah untuk meningkatkan jiwa patriot seorang atlit pacuan untuk menghadapi iven iven yang akan dilalui pada tahun 2017 ini Orang yang nomor satu dirantau sialang ini berharap kepada Atlit Pacuan Puti mandi Mayang Taurai Siap Terima Tantangan 100juta dari wakil bupati kuansing H.Halim sebagai motivasi para atlit pacuan Kata syafriadi,

 

 " Wabup H.Halim Tantang 100juta kalau Jalur Puti Mandi Mayang Taurai Berhasil Menjuarai Di iven Nasional di tahun 2017 ini jelasnya syafriadi

 

" Tantangan dari wabup ini disampaikan pada saat pendiangan jalur Baru Desa Rantau sialang beberapa bulan yang lalu ujar Syafriadi menandaskan.(Eki Maidedi)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo: RSUD Arifin Ahmad Kota Pekanbaru, Riau.

Pekanbaru,(KT) -  Direktur RSUD Arifin Ahmad, Nuzeli Khusnedi dalam waktu dekat bakal di laporkan ke Pihak Kepolisian oleh salah seorang warga pekanbaru, inisial(gmh), pasalnya, ketika berobat dan rawat inap di rumah sakit tersebut dipungut bayaran, padahal dia menggunakan kartu BPJS kelas I.

Hal tersebut dikatakan, GMH kepada karimuntoday.com Kamis,(29/6/2017), Ya dalam waktu dekat dia segera melaporkan Dirut RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru ke pihak ke polisian, pasalnya, ketika dia hendak pulang dari rawat inap dia ke kasir, dan dimintai uang sebesar Rp.2.5 juta sebagai uang jaminan, padahal dia memiliki kartu BPJS kelas I, dengan adanya pungutan dilakukan oleh oknum kasir tersebut kepadanya selaku pengguna BPJS, dia menilai sudah terjadi Pungutan Liar,(Pungli), makanya, dia segera melaporkan Dirut RSUD ke Tim Saber Pungli Polda Riau.

“ Dia mendugga selain dirinya, masih ada lagi masyarakat pengguna BPJS yang dipungut oleh Rumah Sakit Daerah Arifin Ahmad Pekanbaru, oleh sebab itu dalam waktu dekat akan melaporkan Dirut RSUD Arifin Ahmad tersebut ke Tim Saber Pungli,” Tuturnya

Ditambahkanya lagi, Dia melaporkan adanya pungutan bagi pengguna BPJS oleh RSUD Arifin Ahmad, agar kedepanya, tidak terjadi lagi pungutan serupa terhadap masyarakat sebagai peserta BPJS, artinya, masyarakat membayar iuran setiap bulan, namun, dipungut juga biaya berobat,dan juga apabila kasus yang dilaporkanya sudah masuk keranah hukum,(pengadilan-red),maka dia akan berhenti sebagai peserta BPJS,” Ujarnya Kesal

 

Secara terpisah, Direktur RSUD Arifin Ahmad, Nuzeli Khusnedi ketika dikonfirmasi via sms mengatakan, Prinsipnya semua pasien BPJS yang memenuhi persyaratan administrasi yang ditetapkan BPJS tidak ada pembayaran lagi,” Ujarnya singkat.(gus)

Published in KARIMUN

 

 

Ket Photo : Wakil Gubri Riau dan Bupati Kuansing sedang landas di Tepian Muko Lobuah Arena Festival Perahu Baganduang.

Lubuk Jambi,(karimuntoday. Com) - Kedatangan Wakil Gubernur Riau H. Wan Thamrin Hasyim dan Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Mursini, M. Si diiringi dentuman meriam, dan mercon disepanjang aliran sungai arena festival yang dapat menambah semaraknya acara festival budaya perahu baganduang di Lubuk Jambi rabu (28/6/2017).

 Selain  Bupati Kuantan Singingi terlihat juga, forkopimda provinsi riau, kepala dinas kebudayaan provinsi riau, kepala dinas pariwisata dan kebudayaan kuantan singingi, wakil ketua Dprd beserta anggota, camat kuantan mudik, penghulu nan ompek kopak ridai, pemangku adat, dan tokoh masyarakat,

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Festival Parahu Baganduang Drs. Herman Susilo, M. Si yang juga merupakan Camat Pucuk Rantau, dalam sambutanya menyampaikan, Terimakasih kepada wakil gubernur yang telah menyempatkan untuk hadir memenuhi undangan kegiatan ini, kemudian juga kepada pemerintah daerah kabupaten kuantan singingi yang telah menganggarkan anggaran untuk kegiatan budaya perahu baganduang dalam APBD kabupaten Pasalnya, " semenjak pemerintahan Mursini - Halim lah budaya ini bisa dianggarkan," ujarnya Herman susilo

Terakhir Herman Susilo berharap kepada pemprov agar dapat juga menganggarkan kegiatan Budaya Ferahu baganduang ini untuk tahun tahun berikutnya, karena perahu baganduang ini juga dapat menjadi corong program pemprov Budaya melayu riau Menyapa Dunia, nah budaya tersebut juga terdapat di lubuk jambi yakni perahu baganduang yang sudah mendunia tambahnya

 Sementara Bupati Kuansing Drs H Mursini MSi dalam sambutannya menyebutkan, bahwa Festival Perahu Baganduang ini merupakan tradisi budaya masyarakat Kenegerian Lubuk Jambi, yang memiliki sejarah panjang, dimana pada awalnya dipakai oleh para raja dahulu kala.

Bupati H Mursini melanjutkan, akan tetapi berselang sampai saat ini, tetap terjaga dan lestari, dan berharap menjadi salah satu Icon Wisata di Provinsi Riau. Kabupaten Kuansing banyak memiliki obyek wisata, seperti Pacu Jalur, dan demikian juga dengan Festival Perahu Baganduang yang digelar setiap tahunnya.

 "Festival Perahu Baganduang ini memang telah dianggarkan dalam APBD Kuansing, termasuk Tradisi Mandi Balimau Kasai di Muara Lembu Kecamatan Singingi," sebut H Mursini.

 Namun disaat pembukaan Event Pacu Jalur nanti, kami berharap dapat dihadiri langsung oleh Presiden RI atau setidaknya dihadiri oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI," harap Bupati.

 "Kepada masyarakat, mari kita jaga Pentas Arena Perahu Baganduang ini, dan jangan sampai dirusak," Pintanya

 H.Wan Thamrin Hasyim selaku Wakil Gubernur Riau menyampaikan,dengan tema Budaya Riau menyapa Dunia pemerintah provinsi akan segara mempersiapkan infra struktur pariwisata dan berkoordinasi dengan Bupati dan Wali kota yang mempunyai destinasi wisata unggulan dan periodik seperti di lubuk jambi ini seterusnya akan segera dipersiapkan pembangunan Infrastrukturnya agar wisatawan yang datang ke Provinsi Riau semakin tambah betah dan tiap tahun kehadiranya meningkat,” Tuturnya Singkat

 

 Pantauan awak media karimuntoday. Com dilapangan bahwa festival perahu baganduang di kenegrian Lubuk Jambi memang bernuansa pelestarian, dengan istilah membangkit batang tarandam, dan sudah mendarah daging kepada masyarakat lubuk jambi pada umumnya, "dibuktikan dengan antusias masyarakat yang sangat tinggi untuk mengikuti acara festival ini, mulai dari anak anak, sampai ke yang tua tua seperti ninik mamak, pemangku adat, tokoh masyarakat, dan alim ulama.(Eki Maidedi)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Komandan Satuan Memberikan Arahan kepada Para Anggota yang Bakal Melakukan Razia.

 

Teluk Kuantan,(Karimuntoday.com) - Antisipasi aliran radikal, atas atensi Kapolda Riau, Kapolres Kuansing AKBP..Dasuki Herlambang.Sik.MH perintahkan semua jajaran agar melaksanakan razia di masing masing polsek,

 

Razia tersebut harus langsung dipimpin oleh kapolseknya Selain antisipasi aliran radikal juga melakukan pemeriksaan ranmor yang melintas seperti Cek barang bawaan, penyakit masyarakat, peredaran narkoba, premanisme, warung remang, dan penyakit masyarakat lainnya.

 

Terkait operasi ini, Polres Kuansing beserta polsek polsek jajaran telah melaksanakan Razia  mulai malam ini selasa 27 juni 2017 pkl 22.00 wib,

 

Kemudian lanjutanya, besok secara serentak oleh Polres Kuansing dan Polsek- Polsek di seluruh Wilayah Hukum Polres Kuansing.

 

 Lanjut Kapolres kuansing AKBP.Dasuki Herlambang Sik,MH menyampaikan, kepada wartawankarimuntoday.com selasa malam melalui Ka.Humas Polres Kuansing, AKP.G.Lumban Toruan berharap, "Semoga masyarakat Tetap merasakan aman, nyaman dan kamtibmas yang kondusif, “ ujarnya menandaskan(Eki Maidedi)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Rumah Mewah Mantan Kadispenda Batam.

Batam,(KT) – Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Barisan Reformasi Gemilang (Barelang) Yusril Koto mengatakan, sebagai warga negara yang telah memenuhi kewajiban membayar Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) seperti di amanatkan dalam pasal 23A UUD 1945, ia berpendapat bahwa bagi-bagi dana sebesar Rp4.732 miliar dengan dalih sebagai upah pungut atau insentif merupakan perbuatan tercela. Karena tidak sesuai rasa keadilan dan menciderai norma dalam kehidupan bermasyarakat, apalagi sebagai warga negara yang merasa sudah dibebani dengan kenaikan tarif listrik Batam yang selangit. Sementara oknum pejabat dan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Batam hanya ongkang-ongkang kaki dapat bagi-bagi dana berpotensi merugikan negara.

“Padahal mereka sadar mereka tak memberikan pelayanan listrik, tidak bekinerja dalam melakukan pemungutan PPJU,” kata Yusril Koto kepada Kritisnews.com, di Batam Center, Selasa (27/6/2017).

Ia meminta agar Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam mengusut dan periksa serta kembalikan dana tersebut yang bersumber dari masyarakat Batam atas PPJU saat membayar rekening listrik bright PLN Batam termasuk token listrik.

Ket Photo : Rumah Mewah Mantan Kabid Penetapan Dispenda Batam.

“Bagi-bagi dana PPJU yang bukan hasil kinerjanya, itu jelas terindikasi perbuatan melanggar hukum, dan Kejari harus usut tuntas itu,” terangnya.

Ketua LSM Barelang itu mengistilahkan tindakan tersebut merupakan ‘Perampasan’ uang PPJU dengan dalih upah pungut atau insentif yang tak bisa didiamkan, apalagi dianggap hilang dan tak dikembalikan.

“Ya, karena uang itu seharusnya kan masuk ke kas daerah kemudian dikelola sebagai uang negara, dialokasikan untuk pembangunan daerah dengan tujuan mensejahterakan masyarakat, bukan masuk kantong pribadi untuk memperkaya diri oknum pejabat Pemko dan PNS Dispenda Batam,” ungkapnya.

Seperti diketahui, berdasarkan audit BPK tahun 2016, sekitar Rp4.732 miliar dengan dalih sebagai upah pungut dan insentif dibagi-bagikan kepada PNS Dispenda dan oknum pejabat Pemko lainnya, antara lain, triwulan pertama, mereka dapat insentif Rp668, juga, triwulan kedua, Rp1.143 miliar, triwulan ketiga Rp2.744 milar dan triwulan keempat Rp195 juta.

Bagi-bagi insentif itu tak sesuai ketentuan PP 69/2010 dan Perwako Batam nomor 20/2013 tentang tata cara pemberian dan pemanfataan insentif pemungutan pajak dan retribusi daerah. Karena yang melakukan pemungutan PPJU adalah bright PLN Batam bukan pejabat maupun PNS Dispenda Batam.

Dalam audit BPK juga disebutkan, bahwa selama tahun 2016 bright PLN Batam hanya menyampaikan surat hasil pemungutan PPJU sebanyak 2 kali. Pada September 2016 dengan nilai Rp 11.492.835.548 dan Oktober 2016 sebesar Rp11.102.621.870.

Menurut ketentuan itu pihak yang menerima insentif antara lain, Kadispenda Batam, PNS Dispenda, Walikota dan Wakil Walikota serta Sekretaris Daerah (Sekda) Batam. (sumber:kritisnews.com.karimuntoday.com)

 

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Jalur Mini Sedang Berpacu.

 

Kuantan Mudik,(karimuntoday.com) - Demi meningkatkan solidaritas kita sebagai masyarakat yang punya budaya dan tradisi, maka Desa Pantai Kecamatan Kuantan Mudik,Kabupaten Kuantan Singingi,Provinsi Riau, gelar Pacu Jalur Mini

 

Dalam sambutanya, Kepala Desa Pantai. MARWIN menyampaikan Pacu jalur merupakan budaya yang sudah dikenal disetiap daerah, wilayah maupun ke mancanegara, karena budaya yang kita miliki sudah merupakan objek wisata di seluruh daerah yang ada di indonesia Dibuktikan dari beberapa tahun belakangan ini, pacu jalur di tepian narosa teluk kuantan yang pernah dibuka langsung oleh mentri pariwisata Indonesia.

 

 Namun, dalam hal ini marwin juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud dari pemikiran pemuda pemuda yang giat, dan seluruh lapisan masyarakat seperti kepala desa beserta perangkat, Ketua BPD beserta anggota, alim ulama maupun tokoh masyarakat yang turut aktif, acara pacu jalur mini ini kita adakan setiap tahunya, dengan melibatkan seluruh desa desa yang ada di kecamatan kuantan mudik, tanpa terkecuali.

 

 Tetapi. tentu ada aturan aturan yang harus kita ikuti, karena acara ini akan diadakan selama tiga hari tambahnya", Karena tujuan kita mengadakan kegiatan ini untuk mempererat tali silaturrahmi antara masyarakat desa dan pemimpinya, karena dengan wadah ini kita juga dapat memupuk kebersamaan kita dengan masyarakat desa lainya yang ada diwilayah kec. Kuantan mudik ini. ujar marwin menandaskan

 

Ket Photo : Kepala Desa Pantai, Marwin Membuka secara resmi kegiatan pacu jalur mini, tampak penyerahan pendayung sebagai simbolis kepada Ketua Pelaksana, Saripudin.

 

Ketua Panitia Pelaksana, Saripudin juga sempat menyampaikan kepada awak media karimuntoday.com bahwa acara ini bertujuan membentuk kerja sama pemuda dan meningkatkan persatuan serta membangun sikap bergotong royong di masyarakat Kemudian terakhir Ketua Pemuda Desa Pantai, Risman juga berharap kepada peserta yang ikut bertanding pada putaran kedua nanti. Agar dapat menjaga sportifitas, menjaga kekompakan dan saling harga menghargai sesama anak pacuan, baik masyarakat yang ada di desa pantai ini, maupun peserta yang hadir dari desa luar dari masyarakat desa Pantai,

 

 Karena kita lihat bersama, masyarakat sangat antusias mengikuti acara pacu jalur mini ini, yang kita adakan pada hari kedua hari raya aidil fitri ini Selanjutnya Risman menhimbau, “kepada seluruh perwakilan jalur agar dapat bekerja sama dalam menjaga keamanan, karena acara ini merupakan acara silaturrahmi kita bersama,”  ujarnya menandaskan

 

Dari pantauan wartawan karimuntoday.com dilapangan, acara berjalan lancar dan kondusif, dan tampak masyarakat sangat Antusias untuk menontot Pacu Jalur Mini Tersebut.(Eki Maidedi)

Published in KARIMUN
Page 1 of 11

KALENDER BERITA

« June 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30