humas karimun
humas karimun
karimuntoday.com - Items filtered by date: June 2017

 

 Ket Photo : Bupati Karimun, H.Aunur Rafiq Menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Ketua BPKP Kepri, Joko Agus Setyono,  Badan Pemeriksaan Keuangan Perwakilan Provinsi (BPKP) Kepri.

 

Karimun,(KT)  – Untuk kelima kali berturut-turut sejak 2012, Karimun memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan Perwakilan Provinsi (BPKP) Kepri dalam hal laporan keuangan tahun anggaran 2016.

 

Predikat WTP tersebut diketahui saat Bupati Karimun Aunur Rafiq diundang ke kantor BPK RI perwakilan Kepri di Kota Batam, Senin (5/6/2017) dalam rangka penyerahan hasil audit laporan keuangan daerah se Provinsi Kepri.

Rafiq tidak datang sendirian, ikut bersamanya Wakil Ketua I DPRD Karimun, Azmi.

 

Pada kesempatan itu, Rafiq juga didapuk memberikan kata sambutan di hadapan para kepala daerah lainnya di Kepri.

 

Penyerahan hasil audit laporan keuangan Karimun 2016 diserahkan langsung oleh Ketua BPKP Kepri, Joko Agus Setyono kepada Rafiq.

 

Dalam sambutannya, Rafiq mengatakan hasil audit terhadap laporan keuangan pemerintah daerah bertujuan memberikan opini atau pendapat atas kewajaraninformasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan dengan berpedoman pada kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah (SAP), kecukupan pengungkapan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, serta efektifiktas sistem pengendalian intern (SPI). (sumber: tribunnews.com/karimuntoday.com)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Bupati Kuantan Singingi, Drs. Mursini Memberikan Bantuan Dana Hibah ke Mesjid Alhidayah Desa Pasar Gunung Kecamatan Gunung Toar, yang diterima Oleh, Pengurus Masjid.selasa malam (6/6/2017).

 

Teluk Kuantan,,(KT) - Program Pemkab Kuansing untuk pembagian bibit sawit gratis tahun ini mulai dilkasanakan. Namun, untuk mendapatkannya ada ketentuan yang mesti dipenuhi oleh penerimanya, terang Bupati Kuansing H. Mursini.

 

Dikatakan Bupati ketentuan dimaksud terutama untuk masyarakat yang kurang mampu dan memiliki lahan tergabung dalam kelompok tani saat menyampaikan sambutan safari ramadhan di Mesjid Alhidayah Desa Pasar Gunung Kecamatan Gunung Toar selasa malam (6/6/2017).

 

Ketentuan ini merupakan tujuan Pemerintah Daerah agar pembagian bibit sawit gratis benar-benar tepat sasaran dan terarah sehingga nantinya kesejateraan masyarakat dapat terangkat kedepanya. Dimana Program ini merupakan Visi Misi Pemerintah untuk meningkatkan tarap perekonomian masyarakat.

 

Kemudian terkait aspirasi yang disampaikan Camat, Bupati menjawab, bahwa Pemkab terus melakukan pengkajian untuk pengembangan pembangunan infrastruktur Daerah, dalam hal ini Bupati mengharapkan untuk bersabar, semua akan dilaksanakan secara berkala sesuai kemampuan keuangan Daerah, sebutnya.

 

Selain pengkajian pengembangan infrastruktur, rencana lainya, di Kuansing akan direncanakan pengembangan Comoditi sourgum. Untuk itu ia menghimbau agar tetap menjaga ketertiban, keamanan dan kerukunan ditengah-tengah masyarakat.

 

Kemudian untuk tahun ini Kecamatan Gunung Toar juga mendapat pembangunan seperti bidang pendidikan, pertanian dan pekerjaan umum dengan total anggaran lebih kurang 7 Miliyar, pungkas Bupati.( karimuntoday.com)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Wakil Bupati Kuansing, H. Halim Panen Perdana Cabai Merah di Desa Benai Kecil.

 

Benai,(Karimuntoday.com) - Wakil Bupati Kuantan Singingi H Halim apresiasi keberhasilan kelompok tani panen Raya cabai merah di benai kecil Senin sore (5/6/2017).

 

Pada kesempatan tersebut, Wabup H Halim merasa sangat bangga melihat keberhasilan para petani cabai yang sudah berhasil dalam pengembangan budidaya Cabai Merah di Kabupaten Kuansing khususnya di Desa Benai Kecil. Wabup H Halim berharap, capaian dari hasil panen budidaya pengembangan Cabai Merah keriting di Benai Kecil ini akan dapat memotivasi bagi Kelompok Tani (Koptan) lainnya.

 

Dikatakan Wabup H Halim lebih lanjut, Pemkab Kuansing akan mensupport penuh kepada para petani dalam pengembangan budidaya cabai merah keriting ini. Karena selama ini, kebutuhan cabai merah di Kuansing dipasok dari Provinsi Sumatera Barat. Kedepan kita berharap, daerah kita akan bisa menjadi sumber produksi cabai merah keriting," harap Wabup. Wabup H Halim mengapresiasi keberhasilan kelompok tani di Benai Kecil tersebut yang telah sukses mengembangkan budidaya cabe

 

, "Ini keberhasilan swadaya pertanian masyarakat yang perlu kita apresiasi," ujar Wabup sambil mengacungkan jempol.

 Pemkab Kuansing sangat mengapresiasi keberhasilan kelompok tani beken jaya ini Tentunya kita pemerintah harus mengapresiasi keberhasilan kelompok tani dengan selalu memberikan dorongan dan motivasi kepada petani,Hal ini membuktikan bahwa petani kita mampu bersaing dengan petani lain dan bersaing dipasar.

 

"Kalau begini hasilnya tentu tidak akan kalah produk pertanian kita dengan hasil petani lain dipasaran. Kita mampu mencukupi kebutuhan pokok kita terutama komoditi cabe Keriting ini,kedepannya berharap banyak komoditi lain yang bisa dikembangkan di Kecamatan Benai sekitarnya," Pungkas Wabup (karimuntoday.com)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Akibat Uang Gelap Mata.(net).

 

Karimun,(KT) – Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pemuda Kabupaten Karimun,Provinsi Kepri, sangat memberikan apresiasi kepada Kacabjari Kecamatan Moro yang telah menetapkan tersangka Kepala Puskesmas Moro, dr. Ridwan dalam kasus korupsi, namun, diharapkan setelah dilakukan penetapan tersangka, diminta untuk dilakukan penahanan, pasalnya perbuatan dilakukanya sudah memiskinkan Negara demi untuk keuntungan pribadi.

 

Hal tersebut dikatakan, Azhar MN Ketum DPP IPMKK Provinsi Kepri kepada karimuntoday.com, Selasa,(6/6/2017), Ya diminta kepada Kacabjari Moro untuk secepatnya melakukan penahanan terhadap tersangka  korupsi, dr.Ridwan Kepala Puskesmas Kecamatan Moro, pasalnya, apabila tidak ditahan nantinya akan menimbulkan spekulasi ditengah masyarakat terhadap pihak kacabjari moro, oleh sebab itu, sebaiknya dilakukan penahanan, apalagi perkara yang disangkakan adalah Tindak Pidana Korupsi.

 

“ Kacabjari Kecamatan Moro diminta untuk secepatnya melakukan penahanan terhadap tersangka, pasalnya kalau tidak dilakukan penahanan peluang untuk menghilangkan barang bukti terbuka lebar, serta melarikan diri keluar negeri, pasalnya dia tidak ada mendengar pencekalan keluar negeri terhadap tersangka,artinya, sebelum itu terjadi sebaiknya, kacabjari moro segera melakukan penangkapan sekaligus melakukan penahanan, dan mengembangkan perkara tersebut, karena dia menduga, dr.Ridwan tidak mungkin korupsi sendiri, jelas ada yang ikut serta membantu,” Tuturnya

 

Ditambahkanya lagi, Selain memberikan apresiasi kepada kacabjari moro, dia juga memberikan dukungan moril kepada kacabjari tanjungbatu (kundur), yang sudah menetapkan tersangka korupsi proyek pembangunan suku duane, bahkan tersangkanya sudah ditahan, artinya, dia melihat dua kacabjari tersebut serius memberantas tindak pidana korupsi di bumi berazam, salaut” katanya

 

Secara terpisah, Edi Sutomo Kacabjari Moro sampai berita ini diunggah belum dapat dimintai tanggapanya, terkait permintaan DPP IPMKK Kepri, agar kacabjari segera melakukan penahanan kepada tersangka, belum dapat dimintai konfirmasinya.

 

Namun, Dari Informasi didapat media ini, penahanan tersangka, akan dilakukan pihak kacabajari moro sebelum hari raya idul fitri, menunggu tahap dua.(*)

Published in KARIMUN

 

 Ket Photo : Pacu Jalur Tradisi Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

 

Teluk Kuantan - (karimuntoday.com) - Hari ini selasa (30/5) Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menandatangani SK jadwal Pacu Rayon tahun 2017. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing, Marwan,S.Pd, MM menerangkan, bahwa pacu rayon tahun ini akan diadakan di empat kecamatan Adapun pacu rayon kecamatan yang akan kita laksanakan diantaranya rayon 1 di kecamatan cerenti tanggal 6 S/d 8 juli 2017 ditepian nyiur melambai.

 

Kemudian rayon dua akan diadakan di kecamatan hulu kuantan 13 S/d 15 juli 2017 ditepian gudang pulau gobah.

Selanjutnya rayon tiga akan digelar di kecamatan kuantan hilir tanggal 20 sampai 22 juli 2017 ditepian lubuk sobae kemudian Yang terakhir adalah rayon empat kecamatan akan digelar di kecamatan sentajo raya tanggal 27 sampai 29 juli 2017 di tepian dt.simambang nan putiah.

 

Disamping itu pacu jalur mini akan digelar tanggal 19 s/d 21 agustus 2017vl do tepian narosa teluk kuantan, Sedangkan Iven nasional akan digelar ditepian narosa teluk kuantan tanggal 23 sampai 26 agustus 2017 mendatang ujar Marwan,S.Pd, MM selaku kepala dinas pariwisata dan kebudayaan kabupaten kuantan singingi saat dikomfirmasi diruang kerjanya oleh wartawan karimuntoday.com selasa (30/5).

 

“ Mudahan saja tidak ada kendala dan perubahan jadwal, Sehingga pelaksanaan bisa sukses dan lebih baik dari tahun tahun yang sebelumnya,dan dia juga minta maap, terkait berita terdahulu di kairmuntoday.com, ada kekeliruan terkait jadwal pacu jalur,” Harap Marwan (Eki maidedi)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Bupati Kuantan Singingi, Drs. Mursini Sedang Memberikan Tausiah.

 

Teluk Kuantan,(KT) - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi,Provinsi Riau menegaskan, Masyarakat diminta  jangan mudah percaya dengan Berita yang dapat merusak persatuan dan kesatuan antar umat beragama dan ras.

 

Hal itu disampaikan bupati kuansing, Drs.H. Mursini,M.Si saat menyampaikan sambutan pada safari ramadhan, di Desa Giri Sako Blok G Kecamatan Logas Tanah Darat, senin 5/6/2017. Ia mengajak masyarakat untuk tetap meningkatkan persatuan dan kesatuan."Dengan adanya persatuan kita bisa menyaring berita-berita bebas dimedia sosial yang dapat memecah persatuan dan kesatuan ditengah masyarakat," ungkapnya.

 

Kemudian Bupati juga meminta masyarakat mengawasi anak-anak dari pergaulan bebas dan bahaya narkoba yang akan dapat merusak generasi muda bangsa, himbaunya. Kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan kegiatan Pemkab tahun 2017 untuk dilaksanakan di Kecamatan Logas Tanah Darat, seperti pengadaan mobiler untuk Sekolah Dasar dan SMP yang bersumber dari dana Provinsi atas usulan Pemerintah Daerah dengan sistim jemput bola dengan total anggaran 934.237.000 rupiah, kata Bupati.

 

 Sedangkan bidang pertanian Pemerintah akan memberikan bantuan bibit sawit untuk lahan seluas 71 ha untuk dua Desa yakni Desa Teratak Rendah atas nama Kelompok Tani Harapan Maju 31 ha dan Desa Rambahan atas nama Kelompok Tani Harapan Basamo 40 ha total anggaran 431.325.000 rupiah.

 

Sedangkan di Bidang infrastruktur peningkatan jalan, box culver, bronjong dan normalisasi sungai, pembangunan turap serta rehabilitasi dam dengan nilai anggaran 3.380.764.000 rupiah. Terakhir pembangunan Pasar Bumi Mulya nilai anggaran 541.000.000 rupiah," Ujarnya  (*)

Published in KARIMUN

 

 

 

Ket Photo : Ilustrasi!

Karimun,(KT) – Aksi penggeledahan oleh Tim Kejaksaan Negeri Tanjung Balai Karimun Kecamatan Moro terhadap Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Moro Kabupaten Karimun, Rabu (31/5) lalu, kini di tanggapi oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Karimun.

 

“Saya belum dapat kejelasan terkait penggeledahan tersebut. Saya hanya sepintas mendengar beritanya, cuma hari Senin depan (5/6) kita akan coba cek langsung lewat bidang terkait.” ungkap Ketua IDI, Dr Firmansyah saat dihubungi via telfon, Sabtu (3/6).

Firman mengatakan, pihaknya belum bisa berkomentar banyak sebelum mendapatkan kejelasan yang pasti.

“Untuk berkomentar lebih banyak sepertinya saya belum bisa, karena saya belum tau kasusnya seperti apa. Saya hanya dapat info tentang penggeledahannya saja. Namun kita tetap berharap anggota kita tidak terjadi apa-apa, tetapi jika memang sudah terbukti pun kita sudah tidak bisa berbuat apa-apa.” ungkap Firman.

Firman mengatakan, pihaknya tidak akan tinggal diam terkait penggeledahan tersebut.

“Tentunya kita tidak akan tinggal diam, karena bagaimana pun tetap anggota kita, kita akan pelajari sejauh mana kasus beliau, jika masih bisa disuport kita akan suport semampu kita, namun tidak terlepas dari koridor hukum. Tetapi jika memang terbukti, memang itu namanya tanggung jawab pribadi, memang harus dipertanggung jawabkan secara hukum. Kita juga akan mendukung pihak yang berwajib tentunya, apalagi kalau syarat pelaksanaan hukun tersebut sudah sesuai dengan aturan, sudah transparan serta memenuhi bukti-bukti secara hukum.” ujar Firman.

Seperti yang diketahui sebelumnya, penggeledahan secara mendadak yang melibatkan delapan orang petugas kejaksaan kecamatan moro itu terjadi akibat adanya laporan masyarakat terhadap terbatasnya peralataan, obat-obatan dan kurangnya pelayanan puskesmas dikecamatan moro.

Puskesmas moro  merupakan Fasilitas kesehatan Tingkat pertama yang menerima dana JKN Kapitasi dari BPJS setiap bulan sebesar Rp. 50.000.000,- s/d 55.000.000,- dari BPJS batam.

Kuat dugaan dari pihak kejaksaan dana tersebut disalahgunakan oleh Kepala Puskesmas Moro dr. Ridwan Cs dan Ade Agus Suwarman, Am.K selaku Bendahara Kapitasi.

“Dari hasil penyidikan, penyidik menemukan beberapa perbuatan melawan hukum yang dilakukan dr.Ridwan dan Ade Agus Suwarman, Am.K, Antara lain invoice fiktif apotik, nota palsu, daftar penerimaan jasa medis palsu, Spj perjalanan dinas fiktif, yang intinya SPJ JKN kapitasi dari januari 2015 s.d desember 2016 direkayasa oleh tersangka Ridwan dan Ade, perhitungan sementara Penyidik menemukan Kerugian Keuangan Negara sebesar Rp. 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah) dari total dana JKN Kapitasi Rp. 1.200.000.000,- (satu milyar dua ratus juta rupiah).Ujar petugas kejaksaan yang tidak mau disebutkan namanya.

Kini pucuk pimpinan Puskesmas Kecamatan Moro telah ditetapkan kejaksaan Tanjung Balai Karimun Kecamatan Moro sebagai Tersangka Korupsi.(sumber: beritakarimun.com.karimuntoday.com)

 

Published in KARIMUN

 

 

Chaption : Para santri gila saat mendengarkan siraman rohani oleh Gus Jibril di Ponpes Rudhotut Tholabah Nyi Ageng Serang Desa Cingkrong Purwodadi (foto : nur)

 

GROBOGAN (KT),- Disetiap bulan suci ramadhan tiba, beragam aktifitas keagamaan dilakukan para santri normal di pondok-pondok pesantren. Nnamun di Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, ada sebuah pondok pesantren gila Rudhotut Tolabah Nyi Ageng Serang. Dinamakan Pondok pesantren gila karena para santri yang menghuni pesantren ini adalah orang-orang yang menderita kelainan jiwa.

 

Ada sebanyak 47 santri yang mayoritas berasal dari luar pulau jawa. Seperti Kalimantan,Sulawesi dan Jakarta. Enam diantaranya adalah santriwati yang kini masih dalam proses pengobatan dengan metode islami yang ditangani langsung oleh Ghufror Zainuri yang biasa dipanggil Gus Jibril. Pengasuh Pondok Pesantren Nyi Ageng Serang.

 

Menurut Gus Jibril, mereka yang datang ke pondok pesantren ini adalah orang-orang yang memilik gangguan jiwa akibat permasalahan ekonomi, keluarga dan percintaan.” Rata-rata para santri menderita kelainan jiwa karena masalah ekonomi,dan percintaan,” ujarnya kepada wartawan media ini saat ditemui dipondoknya.

 

Gus Jibril menambahkan,seluruh santri yang ada di pondok pesantren ini adalah para mantan pelaku kriminal seperti perampokan dan kasus pembunuhan, yang mengalami depresi akibat sangksi sosial pasca keluar dari tahanan. Selain itu ada sejumlah santri yang terjerat kasus narkoba hingga kecanduan berat.”Yang diantar kesini mayoritas mereka depresi setelah keluar dari penjara dan tidak diterima di masyarakat,karena kasus perampokan,pembunuhan dan narkoba,” jelasnya

 

Sementara untuk menyembuhkan para santri gila tersebut, pengasuh pondok menggunakan metode agama islam diantaranya dengan rukyah, pembacaan ayat-ayat suci alquran setiap hari serta sholat wajib. Pada bulan suci ramadhan ini menjadi bulan yang sangat tepat untuk proses pengobatan para santri. Karena otak dan pikiran mereka yang kosong selalu dipaksa untuk diisi siraman rohani dan mendengarkan ayat-ayat suci alquran.” Untuk penyembuhan awal kita rukyah di setiap tengah malam hari,lama-lama kondisi kejiwaan para santri semakin lama semakin membaik.Santri yang awalnya liar dan beringas bisa jinak dengan sendirinya,”ungkap Gus Jibril

 

Pondok pesantren yang berdiri sejak tahun 2010 tersebut sudah mengobati lebih dari 1000 santri dan bisa pulih seperti sedia kala. Santri yang sudah sehat mental atau kejiwaannya, akhirnya bisa kembali ke kampung halaman masing-masing. Sementara sebagian lagi memilih tinggal dan hidup dengan beraktifitas di sawah yang sudah disediakan pihak pondok pesantren. Sementara hasil panen yang mereka tanam bisa mereka nikmati sendiri dan uangnya bisa mereka gunakan untuk keperluan sendiri. Dalam proses penyembuhan para santri gila tersebut, pihak pondok pun tidak mematok harga kepada keluarga santri untuk biaya pengobatan mereka dan bisa membayar sesuai dengan kemampunya.(nur)

Published in KARIMUN

 

 Ket Photo : Uang Bikin Gelap Mata!

Karimun,(KT) - Pusat Kesehatan Masyasrakat (Puskesmas) Kecamatan Moro Kabupaten Karimun, Rabu (31/5) dikejutkan kehadiran Tim Kejaksaan Negeri Tanjung Balai Karimun Kecamatan Moro untuk melakukan penggeledahan secara mendadak.

Penggeledahan yang dipimpin langsung kepala Kejaksaan Negeri Karimun di Moro Edi Sutomo serta melibatkan delapan orang petugas kejaksaan kecamatan moro tidak banyak bicara dan langsung menggeledah beberapa ruangan vital puskesmas Kecamatan Moro.

Beberapa ruangan yang digeledah ruangan kerja Kepala Puskesmas, ruang bendahara JKN Kapitasi, rumah dinas kepala Puskesmas dan rumah tinggal Bendahara JKN kapitasi,dalam penggeledahan tersebut tampak disaksikan oleh Ketua RW setempat Buiman dan kepala tata usaha puskesmas Dewi Ismawati, penggeledahan berlangsung selama 4 jam.

Dalam penggeledahan pihak kejaksaan menemukan barang-barang yang terkait dengan tindak pidana, sehingga pihak kejaksan langsung melanjukan penyitaan dengan Surat Perintah Penyitaan Nomor : PRINT – 17 / N.10.12.8/ Fd.1/ 05/ 2017 tanggal 31 Mei 2017, barang-barang yang disita antara lain : 3 (tiga) unit laptop, 3 (tiga) buah stempel toko, 2 (buah) flashdisk, 12 bundel spj JKN kapitasi dan berberapa dokumen lain yang terkait.

Informasi yang didapat tim beritakarimun.com dilapangan, Penggeledahan dan penyitaan itu terkait dengan adanya laporan masyarakat terhadap terbatasnya peralataan, obat-obatan dan kurangnya pelayanan puskesmas dikecamatan moro.

Menurut salah satu petugas kejaksaan di lokasi mengatakan Puskesmas moro  merupakan Fasilitas kesehatan Tingkat pertama yang menerima dana JKN Kapitasi dari BPJS setiap bulan sebesar Rp. 50.000.000,- s/d 55.000.000,- dari BPJS batam.

Kuat dugaan dari pihak kejaksaan dana tersebut disalahgunakan oleh Kepala Puskesmas Moro dr. Ridwan Cs dan Ade Agus Suwarman, Am.K selaku Bendahara Kapitasi.

” Dari hasil penyidikan, penyidik menemukan beberapa perbuatan melawan hukum yang dilakukan dr.Ridwan dan Ade Agus Suwarman, Am.K, Antara lain invoice fiktif apotik, nota palsu, daftar penerimaan jasa medis palsu, Spj perjalanan dinas fiktif, yang intinya SPJ JKN kapitasi dari januari 2015 s.d desember 2016 direkayasa oleh tersangka Ridwan dan Ade, perhitungan sementara Penyidik menemukan Kerugian Keuangan Negara sebesar Rp. 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah) dari total dana JKN Kapitasi Rp. 1.200.000.000,- (satu milyar dua ratus juta rupiah).Ujar petugas kejaksaan yang tidak mau disebutkan namanya.

Kini pucuk pimpinan Puskesmas Kecamatan Moro telah ditetapkan kejaksaan Tanjung Balai Karimun Kecamatan Moro sebagai Tersangka Korupsi.(sumber: beritakarimun.com.karimuntoday.com)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo :  Kadis Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kuansing, Jupirman (ktc).

 

Teluk Kuantan,(KT) - Hasil ujian nasoinal  kertas dan pensil ( UNKP) yang diraih kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing), Riau cukup memprihatinkan. Daerah penghasil guru dan dosen di Riau menjadi juru kunci atau diposisi buncit.

 

Pro kontra menyikapi hasil ini pun bermunculan terutama di media sosial dari pemberitaan media  terutama dugaan bantuan kepada siswa dari guru untuk mengangkat nilai siswa selama ini.  Sehingga saat ujian dilakukan murni hasilnya seperti tahun ini.

Lalu apa kata Kadis Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kuansing, Jupirman saat bincang-bincang dengan wartawan,  Senin ( 5/6/2017). 

 

"  Memang menghadapi UN selama ini siswa dibantu kok. Tapi jangan salah ya,  bukan membantu mengisi soal jawaban siswa, mana bisa,"ujarnya.

Yang dibantu itu ujarnya meningkatkan bimbingan belajar, try out dan proses latihan mengerjakan soal-soal oleh guru di sekolah. Guru mata studi juga dilakukan pelatihan jelang UN. Bukan guru mengisi jawaban soal siswa.Namun tahun ini kurang maksimal.

 

" Kalau memang guru diminta membantu mengisi jawaban siswa tak mungkinlah  tahun 2016 lalu peringkat UN SMP Kuansing Kita di Riau peringkat 9. Kalau mau dibantu atau main curang ngapa targetkan peringkat 9 langsung ke peringkat tiga besar. Selama ini fair kok, naik turun peringkat hasil UN tergantung persiapan,"ujarnya.

 

Lagipula ujar Jupirman, sebagaimana sudah diketahui saat UN yang dikirim ke daerah itu cuma soal dan lembar jawaban siswa dengan cadangan yang sudah ditentukan. Sedangkan kunci jawaban di Pekanbaru karena proses pemeriksaan di Pekanbaru.

 

Begitu juga soal dan lembar jawaban itu katanya dibawa dan dikawal  petugas Kepolisian dan diinapkan di Polsek sehari atau dua hari sebelum UN., bukan di kantor Disdik, UPTD atau sekolah. Begitu juga usai ujian Polisi kemudian membawa ke Pekanbaru.Soal dan lembar jawaban termasuk cadangan yang dipakai dibuat berita acaranya.

 

" Kalau ada upaya membuka segel sebelum UN dimulai akan berhadapan dengan Polisi,"ujarnya.

 

Kembali Jupirman menegaskan naik turunnya peringkat dan hasil UN tergantung persiapan yang matang dan kondisi mental. Jupirman tak hendak melempar kesalahan dan kegagalan kepihak lain atas hasil UNKP SMP kali ini karena bagaimanapun Ia Kadis Pendidikan.

 

Bahkan dirinya mengucapkan terimakasih kepada guru dan siswa yang telah bekerja keras  Namun apa hendak dikata hasilnya tidak sesuai harapan.

 

" Ini jadi pembelajaran dan evaluasi kedepannya untuk lebih baik, Saya kira guru-guru, orang tua siswa  dan anak murid juga Pemkab sedih dengan hasil ini. Kita harus berpikir bagaimana kedepan lebih baik lagi,,"tutupnya. ( sumber: kuansingterkini/karimuntoday.com 

 

Published in KARIMUN

KALENDER BERITA

« June 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30