humas karimun
humas karimun
karimuntoday.com - Items filtered by date: August 2017

  

Ket Photo : Kondisi Jalan Menuju Pulau Bintang, Desa Pasar Baru Pangean, Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

Kuansing,(KT) – Masyarakat Pulau Bintang di Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, sudah puluhan tahun mendambakan akses jalan yang layak, namun sangat disayangkan sudah 72 tahun Indonesia merdeka, mereka belum sepenuhnya menikmati arti dari  kemerdekaan tersebut, oleh sebab itu, Selasa ini mereka akan melakukan aksi demo kekantor bupati kuansing yang di motori oleh, Aktivis Pospera menuntut agar jalan mereka di perbaiki, sehingga aktivitas mereka sehari-hari tidak terganggu.

Hal tersebut dikatakan, Febri Gusti Indrayanto Aktivis Pospera Kuansing kepada karimuntoday.com Minggu,(13/8/2017), Ya surat pemberitahuan untuk melakukan aksi demo ke kantor bupati kuansing sudah kami kirimkan ke Polres Kuansing, rencanaya aksi tersebut akan digelar pada hari selasa,(15/8/2017), dengan anggenda tuntutan kepada bupati kuansing untuk memperbaiki jalan masyarakat pulau bintang kecamatan pangean, pasalnya sejak tahun 1990 jalan tersebut di bangun, sampai saat ini tidak pernah diperhatikan, ironisnya lagi, apabila hujan tiba pada malam harinya, ke esokan paginya, masyarakat dan para anak-anak tidak bisa pergi kesekolah,karena jalan dipenuhi oleh lumpur.

“ Perhatian Pemerintah Daerah sangat tidak ada sama sekali untuk memperbaiki jalan tersebut, sehingga bertahun-tahun kondisinya tetap tidak berubah, padahal ketika musim pilkada mereka-mereka menjanjikan akan memperbaiki jalan tersebut begitu juga ketika pileg, namun, setelah hajat mereka terkabul, janji tinggal janji, oleh sebab itu, selasa (15/8/2017), masyarakat pulau bintang akan melakukan aksi demo kekantor bupati kuansing,” Tuturnya

Ditambahkanya lagi, Insya Allah Pospera akan menurunkan masyarakat Pulau Bintang Desa Pasar Baru Pangean serta aktivis pospera sebanyak 100 orang yang akan menggelar aksi demo tersebut dan di harapkan semoga bapak kapolres kuansing memberikan izin atas aksi simpatik yang dilakukan oleh masyarakat dan aktivis pospera,” Harapnya (lh)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Kondisi  Proyek Peningkatan Struktur Jalan Provinsi jurusan pulo padang- Batahan di Kabupaten Mandailing Natal tahun 2017 ini sudah dimulai. Proyek pengerjaan milik Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi provinsi Sumut yang dimenangkan oleh PT Budi Karya Indah senilai Rp.9.656.269.000,00.-

 

Madina,(KT) -  Proyek Peningkatan Struktur Jalan Provinsi jurusan pulo padang- Batahan di Kabupaten Mandailing Natal tahun 2017 ini sudah dimulai. Proyek pengerjaan milik Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi provinsi Sumut yang dimenangkan oleh PT Budi Karya Indah senilai Rp.9.656.269.000,00 dengan nomor kontrak 602/UPT/DBMBK-KN/KPA/211/SP/2017 terindikasi ajang KKN.

 

Pasalnya Proyek yang bernilai fantastis tersebut diduga dikerjakan secara asal asalan oleh pelaksana kegiatan untuk meraup keuntungan yang besar tanpa memikirkan kwalitas yang ada.

Hal tersebut disampaikan oleh Kurniawan Hasibuan Ketua LSM PMPR INDONESIA Prov.Sumut dikantornya pada Jumat (11/08). berdasarkan dokumen yang dipegang nya seperti Gambar dan RAB kegiatan dinilai tidak sesuai dengan pelaksanaan nya. "

 

Berdasarkan dokumen yang kita pagang yang diberikan oleh Pusat bahwa pelaksanaan Kegiatan peningkatan Jalan Provinsi Jurusan Pulo padang Batahan tahun 2017 diduga tidak sesuai dengan pelaksanaan dilapangan, Kita tunggu saja mereka selesai dulu pengerjaan nya baru Kita Laporkan ke penegak hukum supaya mereka jangan mengerjakan Kegiatan asal asalan, ungkapnya dengan Kecewa.

Mindaklanjuti hal tersebut Saat Kru media ini mencoba menghubungi Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumut maupun UPT Kota Nopan dan Rekanan pelaksana Kegiatan hingga berita sampai ke Ruang Redaksi Masih belum bisa ditemui. Perlu diketahui oleh Publik bahwa PT Budi Karya Indah ini bukan rekanan yang baru melakukan kegiatan di kabupaten Mandailing Natal melainkan sudah sering melakukan pengerjaan namun hasil nya sangat buruk.

Seperti pada pegerjaaan tahun 2016 Lalu pada Kegiatan Pemeliharaaan Berkala Jalan Provinsi Muara Soma Simpang Gambir di kabupaten Mandailing Natal senilai Rp.6.680.803.000,00 dengan nomor kontrak 602/
DBM.UPT.KN/KPA/544/SP/2016. Hingga kini Kondisi nya Babak Belur menandakan kwalitas pengerjaan nya tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada. (kh)

Published in KARIMUN

 

 

Kuansing,(KT)  – Kepala Dinas Pariwisata Marwan, SE.MM sambut hangat dan membuka  Secara Resmi Touring Pajero Sport Family (PSF) Capter Riau yang digelar di objek wisata Air Terjun Guruh Gemurai Minggu (13/8/2017).

 

Marwan, SE.MM ,Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan,Kabupaten Kuantan Singingi,Provinsi Riau,Menyampaikan,Acara ini merupakan wadah untuk mempromosikan potensi Pariwisata Riau, Khususnya di Kabupaten Kuantan Singingi, Saat ini hadir 70 buah mobil Pajero Sport Family ( PSF ) Chapter Riau berangkat dari Pekanbaru Minggu jam 07.00 wib sampai di lokasi air terjun Guruh Gemurai jam 11.30wib.

 

 Menurut Marwan kegiatan Ini sebagai salah satu wahana promosi bagi wisatawan dari luar mengenai keberadaan air terjun Guruh Gemurai. "Kita akan bergandeng tangan dengan mereka menggencarkan promosi pariwisata Kuansing,”jelas marwan

 

Ditambahkan, Selain menikmati kesejukan dan keasrian alam disekitar air terjun ini, anggota PSF juga menggelar kegiatan sosial kepada masyarakat desa Kasang. Mereka membagikan 50 paket Sembako bagi warga yang kurang mampu.

 

" Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi kami sangat senang dan gembira sekali atas kedatangan om om, Adik-adik, bapak-bapak dan ibu-ibu peserta Pajero Sport Family (PSF) Chapter Riau untuk melakukan Touring wisata ke air Terjun Guruh Gemurai ini, yang merupakan wujud kepedulian partisipasi dan kontribusi dari rekan-rekan PSF, "tutupnya (Eki Miadedi)

Published in KARIMUN

 

Kuansing,(KT)  - Ikatan Sarjana Peduli Pendidikan (ISPP) Kuantan Singingi,Provinsi Riau, kembali merealisasikan visi dan misi organisasi mereka Dengan mengadakan kegiatan teaching and trip tahap II di SDN 008 Desa Sumpu Kecamatan Hulu Kuantan, Minggu,(13/8/2017).

 

 Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud dalam upaya memacu pendidikan dari pelosok daerah kabupaten kuantan singingi Organisasi ini sejak didirikan januari 2016 telah mendeklarasikan bahwa ISPP Kuansing akan berkomitmen mendukung, memotivasi, dan memperhatikan pendidikan di Kabupaten kuantan singingi.

 

Pebra Heriansyah,SP.MP selaku Ketua Pelaksana kepada karimuntoday.com menjelaskan, bahwa kegiatan teaching kepelosok daerah ini secara prinsipnya merupakan stimulus bagi anak-anak daerah guna memiliki need achievment dalam menempuh jenjang pendidikan Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menginventarisir masalah-masalah yang ada di daerah-daerah terluar dari kabupaten kuansing.

 

Di SDN 008 Desa Sumpu tim menemukan bahwa titik masalah yang paling mendasar adalah akses jalan yang sangat rusak, kemudian infrastruktur sekolah yang belum memadai, disamping itu perhatian masyarakat terhadap pendidikan masih terbilang belum maksimal karena belum terlihat adanya upaya secara swadaya yang dilakukan oleh masyarakat secara intens.

 

ISPP kuansing melalui Ketua pelaksana menyampaikan pesan tersebut kepada camat hulu kuantan, Hamiyudin yang nantinya akan diteruskan ke dinas terkait.

 

Ketua ISPP Kuansing Rizki Erlando, SPd menyampaikan apresiasi atas kesiapan dan perjuangan tim yg dinakhodai pebra, intan, ratna, Darmadi, Teten, Pendra dan Nopri

 

Ketua ISPP juga menambahkan bahwa ISPP Kuansing bergerak dengan dana swadaya anggotanya. ini tentu menjadi bukti bahwa gerakan ISPP ini lahir dari hati,"jelasnya

 

Selain itu kegiatan jelajah pendidikan, dihulu kuantan yang terkenal dengan air 7 tingkat dan batang ogan. Fokus kegiatan kita kali ini di Sekolah SD supaya penanaman cita2 dan semangat pendidikan sudah sedini mungkin seperti yang dilakukan negara jepang amerika dan jerman.pungkas,”  Rizki Erlando SPd ( Eki Maidedi)

Published in KARIMUN

 

 

Kuansing,(KT)  - Aplikasi Dapodik 2018 Tahun Ajaran 2017/2018 Forum Operator Dapodik Sekolah Dasar Kecamatan Kuantan Mudik adakan Pertemuan dadakan di SDN 001 Pasar Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi Minggu (13/08/2017).

 

Pertemuan ini di hadiri oleh Seluruh Operator Dapodik Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Kuantan Mudik.

 

Titin Marlita, S.Pd.I selaku Ketua Forum Operator Kecamatan Kuantan Mudik mengatakan "pertemuan yang diadakan hari ini diluar jadwal pertemuan bulanan yang seharusnya".ujarnya

 

Pertemuan ini guna menindaklanjuti permintaan data Profile Sekolah dari Kasubag Program Martius, M.Pd yang deadline nya Senin (14/08/2017) sudah harus diantar ke Dinas Pendidikan Kepemudaan da Olahraga Kabupaten Kuantan Singingi.

 

Guna Kepentingan Data Pendidikan Operator Sekolah harus siap kapanpun di butuhkan tidak tentu siang, malam, bahkan hari libur sekalipun. Semoga Kedepannya nasib daripada Operator Sekolah Lebih diperhatikan lagi oleh Pemerintah mengingat tugas daripada Operator ini sangat Penting dan tahun ke tahun semakin rumit saja," (Eki Maidedi)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Kepala Sekolah SMAN I, MasnawatiMelepaskan  Balon dalam Rangka HUT Gudep 08-609/08-619  Gunung Toar, Kuansing.Riau.

Kuansing(KT)  - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Gugus Depan (HUT Gudep) SMAN 1 Gunung Toar 08.609-08-610 yang ke-XIV tahun 2017 SMAN 1 Gunung Toar Gelar Perjusami. Acara Perjusami yang juga bersempena dengan HUT Gugus Depan 08-609/08-610 ini dihadiri 300an peserta di dua Kwartir Ranting seperti kwartir ranting 02 kuantan mudik dan kwarran 08 Gunung Toar mengikuiti perkemahan di bumi perkemahan SMAN 1 Gunung Toar , Sabtu (12/8/2017).

 Acara ini dibuka langsung oleh Camat Gunung Toar Sadarisna, S.STP,M.Si Selaku Majelis Pembimbing Ranting (MABIRAN) 08 Gunung Toar didampingi Kepala sekolah SMAN 1 Gunung Toar Dra,Masnawati yang juga Selaku Majelis Pembimbing, sekretaris Camat Gunung Toar Herry Hariadi, SH Seluruh majelis guru SMAN 1 Gunung Toar dan Zainal Abidin, S.Pd Selaku Pembina Gugus Depan (MABIGUS) 08-609/610.

Kepala sekolah SMAN 1 Gunung Toar Masnawati dalam sambutannya meminta kepada ratusan peserta untuk bersama-sama menjaga ketertiban. Selain itu, dia berharap perkemahan yang dilaksanakan selama tiga hari ini berjalan sukses dan lancar.

"Di sini adik-adik akan mendapatkan pengalaman dan ilmu baru, tentunya harus saling menjaga satu sama lain, semoga kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar," imbuhnya.

 Masnawati berharap "Tahun Depan Acara HUT Gudep ini akan Lebih Meriah dan dapat diikuti oleh semua sekolah yang ada di kecamatan Gunung Toar ini karena kita menjadikan kegiatan ini merupakan kegiatan Tahunan,"tutupnya

Sementara itu, Camat Gunung Toar Sadarisna, S.STP,M.Si Selaku Majelis Pembimbing Ranting (MABIRAN) juga mengatakan kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mencari ilmu dan pengalaman baru.

 "Banyak hal yang akan adik-adik temui di bumi perkemahan ini, jadikanlah momentum perkemahan ini sebagai kreativitas adik-adik untuk menunjukan karya sehingga menjadi prestasi yang membanggakan sekolah Adik-adik," imbunya.

 Secara terpisah, Pembina Pramuka SMAN 1 Gunung Toar Zainal Abidin, S.Pd menjelaskan, persiapan perkemahan tersebut sudah dilakukan sejak beberapa minggu terakhir, mulai dari kebersihan lapangan, pemasangan tenda, kebersihan WC dan lain sebagainya.

"Persiapannya sudah kita lakukan dijauh hari sebelumnya,"tegasnya menandaskan

 Berdasarkan pantauan wartawan dilapangan Tahun ini diikuti oleh 6buah sekolah tingkat SD dan 3 buah Sekolah tingkat SMP yang masing-masing sekolah mengutus 2regu per Pangkalan, namun tingkat SMP ada yang mengutus 3regu sehingga jumlah Regu yang ikut sebanyak 21 Regu.

Adapun sekolah tingkat SD yang ikut diantaranya SDN 009 Petapahan, SDN 001 Teluk Beringin, SDN 008 Pulau Rumput, SDN 003 Seberang gunung, SDN 011 Pulau Mungkur dan SDN 002 Pasar Gunung, Kemudian tingkat penggalang DMP diantaranya SMPN 2 Kuantan Mudik, SMPN 3 Gunung Toar dan MTS Muhamadiyah Gunung Toar (Eki Maidedi)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Bupati Karimun, H.Aunur Rafiq Memberikan Kata Sambutan sebelum Melepas Peserta Lomba Gerak Jalan Dalam Rangka Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 72 Tahun, Sabtu,(12/8/2017). di Costal Area (f.m,r.nur)

Karimun,(KT) – Bupati Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, melepas peserta lomba gerak jalan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 Tahun, Sabtu,(12/8/2017). Di Depan Panggung Putri Kemuning Costal Area.

Bupati Karimun, H,Aunur Rafiq kepada karimuntoday.com mengatakan, Peserta Lomba Gerak Jalan yang ikut serta memeriahkan hari kemerdekaan pada hari ini Sabtu,(12/8/2017), terdiri dari, 90 Regu dari Tingkat Sekolah Lanjutan Atas (SLTA), dan 77 regu katogori umum dengan jarak tempuh 10 s/d 17 km, adapun peserta lomba gerak jalan terdiri dari putra dan putri.

Ditambahkanya lagi, Kegiatan ini dilaksanakan tidak lepas dari rasa nasionalisme yang kita miliki dalam rangka manyambut HUT Kemerdekaan RI, serta sekaligus untuk mengenang jasa para pahlawan yang sudah gugur maupun yang masih ada saat ini, untuk merebut kemerdekaan dengan bersusah payah, dengan mengorbankan harta benda maupun nyawa.

“ Jadikan kegiatan lomba gerak jalan ini sebagai momentum rasa kepedulian dan mensyukuri nikmat yag diberikan allah swt atas kemerdekaan Negara kita, dan masrilah kita isi dengan hal-hal yang positif untuk kemajuan kabupaten karimun, NKRI pada umumnya,” Tutur Bupati

Ditambahkanya lagi, Dia juga sangat bangga dan memberikan apresiasi, pasalnya untuk kegiatan lomba gerak jalan pada tahun ini, selain di ikuti oleh para siswa dan siswi mulai dari tingkat sekolah dasar sampai slta, juga di meriahkan oleh peserta lanjut usia yang ikut serta memeriahkan lomba gerak jalan, artinya, semarak kemerdekaan hari ulang tahun kemerdekaan di karimun terlihat semarak dan rasa kebersamaanya, apalagi terlihat antusias masyarakat untuk menyaksikan lomba gerak jalan ini, semakin terasa nuansa kemeriahanya,” Tukas Bupati

Dari pantauan karimuntoday.com dilapangan, terlihat juga, Wakil Bupati Karimun, H.Anwar Hasyim, Sekdakab Karimun,HM.Firmansyah, Para Kepala Dinas dan Badan serta para Kabag dan Kabid dilingkungan Pemkab Karimun.(lh)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Hendry Bawole Ketua LSM Pendidikan Karimun, Kepri.

Karimun,(KT) – Lembaga Swadaya Masyarakat,(LSM), Pendidikan Karimun, mendukung langkah Kejari Karimun melalui Pidsus saat ini tengah melakukan penyelidikan terkait adanya dugaan korupsi Dana Operasional Sekolah,(BOS), dan telah melakukan pemanggilan beberapa pihak untuk dimintai keterangan terutama Kepsek SMKN 2 Pariwisata Karimun, namun, diharapkan juga dalam kasus ini diminta juga untuk melakukan pemeriksaan kepada Pejabat Di Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun sebagai pihak yang melakukan pengawasan pada penggunaan dana bos tersebut.

Hal tersebut dikatakan,Ketua LSM Pendidikan Karimun, Hendry Bawole kepada karimuntoday.com Sabtu,(12/8/2017), Ya dia sangat memberikan apresiasi kepada pihak Kejaksaan Negeri Karimun, Provinsi Kepri saat ini tengah melakukan penyelidikan terkait dugaan penyalahgunaan anggaran dana bos di SMKN2 Pariwisata Karimun, dan dia berharap kasus ini akan ditingkatkan ke penyidikan, sehingga kedepanya ada efek jera bagi oknum pejabat ketika diberikan sebuah amanah, dan juga penggunaan dana bos tersebut sudah ada juklak dan juknisnya, kenapa bisa terjadi penyimpangan, semua itu tidak terlepas lemahnya pengawasan dari pejabat di dinas pendidikan yang di berikan mandat untuk mengawasi penggunaan dana bos tersebut.

“ Pihak Penyidik jangan focus melakukan pemeriksaan kepada,(J), Kepsek SMKN 2 Pariwisata Karimun saja, tetapi diminta di kembangkan ke pejabat dilingkungan dinas pendidikan karimun yang diberikan mandat untuk melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana bos, pasalnya, setiap kegiatan dan pelaksanaan dana bos oleh pihak sekolah, tentunya di laporkan ke dinas pendidikan sebagai yang melakukan pengawasan, dan andaikata, ada kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak sekolah tidak sesuai dengan juklak dan juknis, seharusnya pihak pengawas dana bos melakukan teguran,sehingga hal seperti ini tidak terjadi bukan melakukan pembiaran,sehingga berdampak kepada proses hukum', terjadinya pembiaran tersebut tentu menjadi pertanyaan besar,” Tuturnya

Ditambahkanya lagi, Dia melihat penyelidikan kasus ini oleh penyidik kejari karimun bukan hanya focus kepada SMKN 2 Pariwisata Karimun saja, tetapi kedepanya akan berimbas kepada sekolah lainya yang mendapatkan bantuan dana bos, dan sebagai LSM Pendidikan dia sangat mendukung langkah tersebut, pasalnya, tidak menutup kemungkinan disekolah lain juga terjadi indikasi penyelewengan penggunaan dana bos,namun,semua itu tentunya tidak terlepas keseriusan pihak kejari karimun, khususnya Pidsus, namun, dia percaya hal itu akan terjadi kedepanya,” Tukas Hendry (lh)

 

 

 

Published in KARIMUN

 

 Kuantan Mudik,(KT)  - Baznas Kecamatan Kuntan Mudik,Kabupaten Kuantan Singingi,Provinsi Riau, saluran bantuan dari Baznas Kabupaten Kuantan Singingi ke seluruh Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Kuantan Mudik Jum'at (11/8/2017).

 

 Penyaluran bantuan ini di salurkan kan langsung oleh Hendra bendahara Baznas Kecamatan Kuantan Mudik berupa barang perlengkapan sekolah, Tas, Baju, Sepatu dan lainnya yang totalnya Rp.250.000 per orang.

 

 Pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana Zakat dari Guru PNS tingkat SD ini di kumpulkan oleh Baznas Kecamatan dan di setorkan ke Baznas Kabupaten setelah itu barulah disebar keseluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi.

 

 Bendahara Kecamatan Kuantan Mudik Hendra mengaku "dengan sistem seperti ini lebih banyak penerima yang mendapatkan saluran dana bantuan ini dari penerima tahun sebelumnya".tutupnya (Eki Maidedi)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Minibus Avanza dan Sepeda Motor yang Bertabrakan.

 

Kuansing,(KT) -  Laka lantas kembali terjadi di jalan lintas Teluk Kuantan-Kiliran Jao tepatnya di Desa Gunung Toar Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi Propinsi Riau Jum'at (11/08/2017).

 

Laka lantas ini terjadi ketika sebuah  Mini Bus  AVANZA dengan Nopol BA 1768 KI yang di kendarai oleh ALI AGUSTAMAR (24) melaju dari arah Teluk Kuantan menuju Sumbar mengalami pecah ban sebelah kiri dan hilang kendali ke arah kanan.

 

 Disaat yang bersamaan datang dari arah yang berlawanan sepeda Motor dengan merk BEAT POP warna biru hitam dengan Nopol BM 5562 XL yang di kendarai AHMAD ZACKY (14) seorang pelajar warga Desa Teluk Beringin Kecamatan Gunung Toar. Tabrakan pun tak terelakan.

 

 Atas kejadian tersebut Sepeda Motor yang dikenderai oleh AHMAD ZACKY mengalami Rusak Berat mengakibatkan pengendaranya mengalami Luka robek dipelipis sebelah kiri dan luka dilutut sebelah kanan dan langsung dibawa ke UPTD Kesehatan Gunung Toar.

 

Sedangkan Mobil AVANZA yang dikendarai oleh ALI GUSTAMAR tersebut mengalami Rusak bagian depan dan Kerugian material diperkirakan Rp 15.000.000,- ( Lima Belas Juta Rupiah). Polisi yang datang langsung ke TKP serta membawa korban kerumah Sakit dan mengaman kan tampat kejadian perkara,(TKP), beserta barang buktinya.(Eki Maidedi)

Published in KARIMUN
Page 5 of 9

KALENDER BERITA

« August 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31