humas karimun
humas karimun
karimuntoday.com - Items filtered by date: Friday, 26 January 2018

 

 

Ket Photo : Bupati Lingga, H. Alias Wello,Direktur Program D1 IPB dan FKPD.

LINGGA DABO SINGKEP,(KT) - Bupati Lingga Alias Wello memberikan aparesiasi terhadap keberhasilan seluruh Mahasiswa Program Diplomq I Istitut Pertanian Bogor (IPB) dengan menghadiri panen perdana padi gogo di Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep, Jumat (26/01/2018) pagi.

  Pemerintah Kabupaten Lingga terus mengawal pendidikan anak daerah yang mengikuti program Diploma I IPB ini. Sehingga pada kesempatan tersebut, seluruh Mahasiswa telah memperlihatkan hasil kerja mereka dengan panen perdana.


Mahasiswa yang akan kembali ketengah-tengah masyarakat dapat menjadi pelopor dalam memperaktekkan ilmu mereka di dunia pertanian maupun peternakan.

“Keberhasilan panen kali ini jangan dilihat dari seberapa luas lahan yang digarap, namun seberapa besar keberhasilan mereka dalam menerapkan ilmu mereka, merubah tanah yang kering menjadi lahan menghasilkan ekonomi,” ungkapnya

salah satu fokus utama Pemerintahan Kabupaten Lingga untuk menjadikan wilayah Bunda Tanah Melayu ini menjadi salah satu kawasan lumbung pangan nasional di daerah perbatasan.

Dengan panennya padi gogo perdana buah karya Mahasiswa DI IPB ini, Alias Wello mengaku, kerjanyata ini menjadi salah satu bukti bahwasannya lahan di Kabupaten Lingga jelas memiliki potensi pertanian yang cukup tinggi. Hal ini juga menjadi fokus bagi Pemkab Lingga untuk mendapatkan sejumlah perhatian dan bantuan dari Kementerian Pertanian nantinya.

“Untuk tahun ini, Kementerian Pertanian juga memberikan target sebesar 500 hektare lahan pertanian di Kabupaten Lingga,” kata Alias.

Bupati Lingga juga mengucapkan terimaksih kepada seluruh jajaran dosen pembimbing yang telah membahikan ilmu mereka kepada seluruh Mahasiswa. Begitu juga dengan Direktur Program D1 IPB yang bersusah payah untuk hadir dalam kegiatan panen perdana kali ini. (R.AG) 

Published in LINGGA

 

 

DHARMASRAYA,(KT) - Kepengurusan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Dharmasraya Periode 2018-2023 Resmi dipimpin oleh Abdul Haris Dt Tuanku Sati. Abdul Haris terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) II LKAAM Kabupaten Dharmasraya, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal Dt Rajo Medan di Aula Kantor Bupati Dharmasraya, Jum’at (26/01).

 

Pucuk Pimpinan LKAAM Provinsi Sumatera Barat, M Sayuti Dt Rajo Panghulu, yang turut hadir pada kesempatan Musda tersebut dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada pengurus terpilih. Ia berharap, pengurus baru dapat segera merumuskan kebijakan kongkrit untuk penyempurnaan organisasi, guna diimplementasikan untuk program kerja 5 tahun kedepan.

 

Tidak hanya itu, M Sayuti juga berpesan kepada seluruh ninik mamak untuk senantiasa berperan aktif dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya di tengah-tengah masyarakat. “Terlebih, saat ini potensi gangguan keamanan di tengah-tengah masyarakat cukup besar, maka dari itu ninik mamak harus meningkatkan kewaspadaan,” pesan M.Sayuti.

 

Kepada Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, M Sayuti juga berharap, pengurus LKAAM terpilih agar diberikan fasilitas, untuk mendukung ninik mamak dalam menjalankan tugasnya.

 

Sementara itu, Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal Dt Rajo Medan, dalam kesempatan yang sama menyampaikan, pengurus LKAAM terpilih diharapkan mampu mewujudkan tanggungjawab yang diembannya. “Segera susun program kerja untuk 5 tahun ke depan. Saya berharap, keberadaan LKAAM dapat terus melestarikan adat budaya Minangkabau secara utuh, dan dapat mewariskannya kepada generasi penerus,” harap Wabup.

 

Karena memang, sambung wabup, hari ini persoalan generasi muda yang minim tentang pengetahuan adat dan budaya, harus kita akui dan sadari. Perkembangan zaman telah menekan minat generasi muda untuk tahun dan mengerti tentang adat.

 

Hal ini cukup memperihatinkan dan tentu masalah tersebut harus ditangani secara bijak dan tepat. “Oleh karena itu, untuk mencapai nagari yang madani, semua pihak harus bersatu padu. Begitu juga antara ninik mamak, bundo kanduang, dan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, terutama dalam membantu visi dan misi Kabupaten Dharmasraya, serta memupuk kembali semangat kembali bernagari,” pungkas wabup.

 

Sementara itu juga, Abdul Haris, selaku Ketua LKAAM terpilih, berharap dukungan dari semua pihak untuk pelaksanaann tugas ke depan. Untuk program kerja awal, Abdul Haris berencana untuk mengagendakan pelatihan bagi ninik mamak. “Jika memungkinkan, pelatihan bagi ninik mamak ini akan kita laksanakan setiap bulan, guna meningkatkan kapasitas ninik mamam di Kabupaten Dharmasaya,” tandasnya.

 

Tidak hanya itu, dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan pengukuhan pengurus LKAAM kecamatan se Kabupaten Dharmasraya oleh Ketua LKAAm Kabupaten Dharmasraya, M Sayuti Dt Rajo Panghulu.(zul/nd)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Bupati Kampar.Azis Zaenal, Direktur Jendral PUPR, Aris Setiaji,Paul Hamid Halangoan dan Dandim.

 

Siak Hulu,(KT) - Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Bina Marga Satuan Kerja Provinsi Riau, melakukan Peresmian Kantor yang berlokasi di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Jumat (26/1).

 

Bupati Kampar, Azis Zaenal yang hadir pada peresmian tersebut mengatakan bahwa sangat senang dan berterima kasih dengan dibangunnya Kantor BBPJN di wilayah Kabupaten Kampar, karena bagaimanapun akan berpengaruh pada peningkatan ekonomi Kabupaten Kampar.

 

“Saat ini pelayanan dibidang infrastruktur yang diberikan oleh PU sungguh sangat luar biasa, apalagi menggunakan sumber dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional, untuk itu saya sangat berharap, PU Kabupaten dan provinsi bisa bersinergi dengan BBPJN menggunakan dana APBN untuk membangun jalan-jalan Nasional, Provinsi dan Kabupaten agar pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di provinsi Riau, khususnya di Kabupaten Kampar bisa berkembang pesat”, harap Azis

 

 Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional yang diresmikan langsung oleh Direktur Jendral PUPR, Aris Setiaji tersebut terdiri dari Tiga Satuan Kerja , antara lain Pertama, Satuan kerja perencanaan dan pengawasan jalan nasional (p2jn), Kedua, Satuan kerja pelaksanaan jalan nasional wilayah I Propinsi Riau, dan Ketiga Satuan kerja pelaksanaan jalan nasional wilayah II Propinsi Riau yang dipimpin oleh Paul Hamid Halangoan (zul/humas)

Published in KARIMUN

 K

Ket Photo : Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto, bersama Ibu Lucky photo Bersama dengan Jajaran Pegawai Imigrasi Kota Batam.

 

BATAM,(KT) - Imigrasi Kelas I Khusus Batam Provinsi Kepulauan Riau,menggelar upacara Hari Bhakti Imigrasi ke-68 di Halaman Parkir Kantor Imigrasi, J Batam Center Jumat (26/1/2018).

 

Dalam amanatnya, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto mengatakan, memperingati Hari Bhakti Imigrasi Ke-68 telah dilakukan berbagai kegiatan antara lain layanan paspor simpatik, pertandingan olah raga, bhakti sosial, serta upacarasyukuran. Seperti pelayanan paspor simpatik yang dibuka di Kepri Mall setiap hari Sabtu-minggu yang dimulai sejak 16 Desember 2017 sampai dengan 21 Januari 2018 petugas menerima 514 permohonan paspor RI per harinya.

 

Belum termasuk pelayanan permohonan pembuatan paspor di kantor imigrasi. Untuk keduanya bisa 800 pemohon ujar Lucky. Kantor Imigrasi kelas 1 khusus Batam juga memperkuat sektor penegakan hukum. Tercatat di tahun 2017 pihaknya telah berhasil menindak 144 Warga Negara Asing. Tahun 2017 sudah mendeportasi 142 orang asing yang melanggar keimigrasian dan 2 warga negara asing terkait pro justitia,pihaknya juga bekerja sama dengan intansi terkait yang tergabung dalam Timpora.

 

Perusahaan yang kedapatan menyembunyikan warga negara asing yang masa kerja habis langsung ditindak Dinas Tenaga Kerja. yang melangar hukum langsung,Di proses aparat Kepolisian Imigrasi hanya menangani Keimigrasian.

 

Dia berharap untuk ke depannya Imigrasi Batam menjalankan tugas penuh tanggung jawab, meningkatkan kualitas pelayanan keimigrasian secara terus menerus untuk mewujudkan pelayanan kepada masyarakat yang transparan, akuntabel, efesien dan efektif sesuai Program Nawacita dari Pemerintah katanya.

 

Kemudian lagi, kita sama menjaga tidak satu pun Untuk praktik pungli, sesuai dengan peraturan Presiden Nomor Perpres No 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (SABER PUNGLI).” Tutupnya (Zulfahmi)

Published in BATAM

 

 Ket Photo : Kapal Pukat Trawl Milik Nelayan Penuba yang di Bakar Warga Desa Posek, Kabupaten Lingga, Kepri.

 

LINGGA DABO SINGKEP,(KT) – Warga  Kecamatan Kepulauan Posek pada Kamis (25/01/2018) , melakukan pembakaran terhadap satu unit kapal jaring pukat trawl akibat kekesalan sebagaian warga dengan adanya aktifitas kapal trawl milik jon warga penuba yang menabrak jaring milik warga.

Hal tersebut dikatakan, Masmin Kepala Desa Posek kepada karimuntoday.com, Sebenarnya sudah tidak ada masalah lagi, saya juga terkejut saat mendapat laporan adanya pembakaran itu.Memang beberapa bulan terakhir ini ,warga resah dengan adanya aktivitas kapal Pukat, berbagai cara sudah dilakukan oleh warga untuk menghalau para nelayan dari daerah lain untuk menangkap ikan dengan menggunakan Pukat di daerah ini,Kemarahan warga juga dikarenakan kapal tersebut merupakan bukan dari desa posek melainkan nelayan dari luar daerah lain.

“ Kapal-kapal itu bukan milik nelayan di daerah kami, tapi dari daerah-daerah luar,Inilah yang membuat warga marah, puncak tragedy Pembakaran kapal pukat trawl itu,berawal dari Kapal milik Jon warga Penuba yang menabrak jaring ikan milik warga setempat,” Ujar Masmin

Ditambakanya lagi, Setelah kejadian itu, awalnya kedua belah pihak sudah diupayakan untuk berdamai. Jon selaku pemilik kapal sudah menyangupi pembayaran ganti rugi, namun tiba-tiba saja sekitar pukul 12.30 WIB, warga berkumpul dan langsung melakukan pembakaran kapal milik Jon.”Kata Masmin kepada salah satu media ketika dihubungi via telpon seluler.(R.AG)

Published in LINGGA

 

 Ket Photo : Kapal Nelayan Menggunakan Pukat Trawl di Wilayah Kecamatan Kepulauan Posek, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri.

 

LINGGA DABO SINGKEP,(KT) - Penggunaan pukat trawl yang kian meresahkan nelayan beberapa hari terakhir ini di wilayah Kecamatan Kepulauan Posek diharapkan dapat menjadi perhatian pemerintah daerah, hal tersebut dikeluhkan beberapa warga di beberapa desa di Kecamatan Kepulauan Posek saat menerima kunjungan reses anggota DPRD Lingga.

 "Pukat trawl ini mengancam pencaharian kami nelayan kecil, karna mereka melakukan atifitas sangat dekat dengan pantai yang mengancam ikan karang yang selama ini jadi satu-satunya mata pencaharian kami," kata Safri salah satu warga Teluk Nipah Desa Posek Kecamatan Kepulauan Posek kepada awak media KARIMUN TODAY.COM, Kamis (25/01/2018)


Dengan adanya kegiatan pukat trawl yang diduga masyarakat sekitar berasal dari Kecamatan Selayar tersebut, warga meminta kepada pemerintah agar turun tangan mengatasi permasalahan ini apalagi beberapa nelayan di Desa sudah ada yang melakukan aksi turun kelokasi trawl untuk memberikan peringatan kepada pengguna trawl tersebut.

Jika hal ini terus dibiarkan dan tidak ada campur tangan atau tindakan dari pemerintah maka masyarakat kuatir konflik ini akan berdampak pada hal-hal yang dapat yang membahayakan warga setempat. Menurut sebagian masyarakat nelayan kecil kecgiatan trawl tersebut sangat mengganggu aktifitas nelayan kecil.

"Pukat trawl ini aktifitasnya merusak karang, sehingga kita nelayan kecil akan sulit dapat ikan kalau mereka beroperasi didekat laut kita," kata warga lainnya.

Menanggapi hal tersebut Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Lingga Neko Wesha Pawelloy mengatakan akan mengupayakan sesegera mungkin agar hal ini dapat dibicarakan antar kedua pimpinan wilayah yaitu antara Camat Kepulauan Posek dengan Camat Selayar selaku pimpinan tertingi diwilayah tersebut. 

Selain itu menurutnya sosialisasi tentang penggunaan pukat trawl yang dilarang oleh pemerintah pusat tersebut saat ini belum jelas aturan pastinya dari pemerintah. Hal ini menurutnya perlu diketahui juga oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lingga agar turun kelokasi untuk melakukan sosialisasi tentang aturan tersebut.

"Persoalan ini harus diselesaikan kita minta kedua pimpinan wilayah camat khususnya untuk menyelesaikan konflik ini, jangan sampai terjadi hal-hal yang membahayakan warga," kata Neko.

Sementara itu Kepala Desa Posek Masmin mengatakan dirinya sudah menyampaikan permasalahan ini kepada pihak berwenang, namun hingga hari ini pihaknya belum mendapatkan kepastian tentang persoalan ini meskipun begitu pihak desa sudah menghimbau kepada warga setempat agar dapat menyelesaikan permaslahan ini dengan kepala dingin agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan warga.

"Saya sudah lapor ke Camat dan beberapa pihak terkait, tapi belum ada jawaban untuk itu kita minta masyarakat sabar dan menyelesaikan ini dengan kepala dingin," pungkas nya.(R.AG)

Published in LINGGA

 

Ket Photo : Kondisi Jalan Menuju Objek Wisata Air Panas dan Air Terjun Pati Soni di Kuansing, Riau.

 

Kuantan Singingi,(KT) -  Kabid Bina Marga Dinas PUPR, Kabupaten Kuantan Singingi, Mukhris S.T mengatakan kepada karimuntoday.com Kamis,(25/1/2018), tentang peningkatan jalan menuju objek wisata air panas di Desa Sungai Pinang dan air terjun pati soni di desa Cengar dikerjakan melalui swakelola, dan pada tahun 2019 mendatang dilanjutkan dengan pengaspalan jalan.

 

Kabid Bina Marga mengatakan, bahwa jalan menuju objek wisata air panas dan air terjun pati soni di Kabupaten Kuantan Singingi kondisinya saat ini sangat memprihatinkan dan saat ini ruas jalan masih jalan setapak, oleh sebab itu segera diperbaiki, ujarnya.

 

Rencana untuk peningkatan jalan objek wisata tersebut sudah di bahas oleh Dinas PUPR dengan Bappeda Litbang Kuansing, Senin 22 Januari 2018 kemarin, tukasnya.

 

Dia  juga mengungkapkan, bahwa kedua objek wisata tersebut saat ini sepi pengunjung disebabkan jalan yang kurang memadai, sehingga membuat kurang daya tarik masyarakat untuk mengunjunginya. Padahal objek wisata air panas dan air terjun pati soni merupakan potensi daerah yang harus dikembangkan untuk meningkatkan PAD Kuantan Singingi.

 

“ Apabila jalan menuju objek wisata sudah memadai maka banyak masyarakat yang akan berkunjung,”  Tutupnya (Lidia Ningsih)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Perbup No: 36 Tahun 2013 di Terbitkan oleh, Mantan Bupati Kuansing.

 

Kuansing,(KT) – Banyaknya desakan dan permintaan dari elemen masyarakat dikuansing  kepada Kapolda Riau untuk melakukan pengusutan terkait pemberian Tunjangan perumahan kepada ketua dan wakil ketua serta anggota dprd kuansing dinilai tidak sesuai dengan azas ke patutan, akhirnya di respon oleh Dirkrimsus Polda Riau.

 

Dirkrimsus Polda Riau, Kombes Pol. Gidion Arif Setiawan ketika dikonfirmasi karimuntoday.com, Jum’at (26/1/2018), Via WA,mengatakan, Oke’ akan kita tindak lanjuti informasi ini dan nantinya akan kita verifikasi,” Tuturnya singkat

 

Dan ketika dikonfirmasi karimuntoday.com,kapan ketua dan wakil ketua dprd akan dipanggil untuk dimintai keterangan, Dirkrimsus Polda Riau mengatakan, akan kita tindak lanjuti dulu, untuk di verifikasi, pokoknya akan kita tindak lanjutinya ya..?” Ungkap Dirkrimsus Polda Riau

 

“ Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kuansing terhitung Perbup No.36 Tahun 2013 diterbitkan oleh Mantan Bupati Kuansing, H.Sukarmis menerima tunjangan perumahan setiap bulanya sebesar, Rp.18 juta perbulan dan setahun sebesar Rp.216 Juta, sedangkan di dalam perbup tersebut mengatakan, di ayat 3 pasal 4 disebutkan, ketua dan wakil ketua diberikan tunjangan apabila pimpinan dprd dan anggota dprd yang belum disediakan perumahan dan fasilitas kelengkapan lainya, tetapi realita dilapangan, pimpinan dprd kuansing tersebut sudah di bangunkan rumah dinas dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah,(APBD), akibat dari diterimanya tunjangan perumahan oleh ketua dan wakil ketua dprd tersebut, berpotensi merugikan keuangan daerah,(korupsi-red), dan juga banyak kalangan mengatakan. Tidak ada ditemukan sewa rumah atau kontrak rumah di kuansing, sebesar, Rp.216 juta pertahun, dan terindikasi, mark’up,” (red/roder)

 

Published in KARIMUN

KALENDER BERITA

« January 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31