humas karimun
humas karimun
karimuntoday.com - Items filtered by date: February 2018

 

Ket photo : Malam Pembukaan Acara Cap Go Me di Sungai Guntung Kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

 

Guntung,(KT) - Ratusan masyarakat menghadiri pembukaan festival budaya Imlek 2569 dan Cap Go Meh 2018. Pada malam pembukaan tersebut hadir pula camat Kateman.Kamren.S.Sos dan Kapolsek Kateman.Akp.Ali.Zahari dan Danramil 06 Kateman dan lurah tagaraja.Masri.Ag,dan Ketua Yayasan Bhudda Sasana dan Ketua Penguyuban Se-Kecematan Kateman.dan tampak juga Lanal Dumai dan Kepala Syahbandar. bersama jajaran muspika di Yayasan Bhudda Sasana Sungai Guntung. Rabu. malam Kamis(28/02/18).

 

Ketua Umum Bhudda Sasana Menghok,mengatakan, bahwa pelaksaan Imlek 2569 dan festival Cap Go Meh 2018. mewujudkan sungai Guntung kecematan Kateman kabupaten Inhil. sebagai destinasi wisata utama di sungai guntung setiap tahunnya.

 

"Kegiatan ini upaya kita bersama Pemerintah Kecematan kateman mewujudkan Kateman/sungai guntung sebagai destinasi wisata utama dikecematan kateman. Dengan menjadikan kateman hebat Cap Go Meh spektakuler,semua itu dapat dilihat antusias masyarakat yang Ribuan jumlahnya memadati Yayasan Bhudda Sasana yang terletak dijalan Tanjung Rambie di acara pembukaan Perayaan Imlek dan Festival Cap Go Meh 2018,” Tuturnya

 

Ia juga mengatakan, kegiatan ini untuk merajut kerukunan umat beragama di kecematan kateman yang telah terjalin sejak lama. Karena itu panitia menurutnya telah menyiapkan berbagai agenda kegiatan.seperti persembahan Tarian Naga Dari Tanjung batu kepulauan Kepri.

 

"Panitia telah menyusun acara dari berbagai perlelangan, dari Acara pembukaan, pergelaran pentas seni budaya dan Expo pameran produk, Kemudian kita juga menggiasi kecamatan dengan shio anjing,Selain itu menurutnya akan ada Perlombaan tradisional Barong sai. Pemilihan Hakka amoi. Cap Go Meh, pawai Tatung dilengkapi altar.

 

"Semua kegiatan ini tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit dan semua itu bersumber dari Yayasan Bhudda Sasana.dan para donatur, sponsor yang sah dan tidak mengikat," ucapnya kepada karimuntoday.com disela-sela acara.

 

 Ia berharap kegiatan dapat berjalan hingga selesai dan dapat menghibur masyarakat. Dan Semoga semuanya sukses serta dapat menjadi hiburan masyarakat hingga selesai nanti," tutupnya.(Ridho)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat membuka rapat Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) Sumbar di Istana Bung Hatta, Bukittinggi, Rabu (28/02/2018).

 

Padang,(KT)  - Agar inflasi di Sumbar tetap terjaga, maka salah satu langkah yang harus dilakukan yakni dengan selalu memperbarui data dilapangan oleh pemerintah Kabupaten/ Kota se-Sumbar, sehingga data tersebut sebagai acuan dalam mengambil kebijakan diantara Provinsi dengan Kabupaten/ Kota.

 

"Kalau tidak terus diperbarui, maka yang akan dirugikan tentunya masyarakat dan pemerintah pasti disalahkan karena tidak bisa mengatasi inflasi tersebut" ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat membuka rapat Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) Sumbar di Istana Bung Hatta, Bukittinggi, Rabu (28/02/2018).

 

Selain itu, Irwan Prayitno juga menyebutkan, fakta penyebab terjadinya inflasi adalah hal-hal yang itu saja, dan seharusnya sudah bisa diatasi dengan berbagai cara. "Contohnya cabai, seharusnya sudah bisa diatasi dengan jalan keluar membeli bibit serta polybag, kemudian dibagikan kepada masyarakat, jadi ketika harga cabai tinggi sudah menjadi solusi untuk masyarakat" sebutnya.

 

Terakhir, Gubernur berharap rapat TPID ini harus terus dilakukan, karena dari rapat ini akan bantak kebijakan-kebijakan dan solusi dalam menangani masalah inflasi. "Tapi yang tidak kalah pentingnya yakni terus memonitor harga di pasar, kerjasama dengan BMKG terkait cuaca serta langkah-langkah penting lainnya, jangan hanya memonitor harga pasar ketiaka mau lebaran saja" ungkapnya.

 

Sementara itu Eri Noviardi selaku panitia acara menyampaikan peserta rapat tersebut terdiri dari perwakilan dari Kabupaten/ Kota se Sumbar, BPS dan Bulog.(zulfahmi/hms)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Pokjanal IVA Kecamatan Tebing foto bersama dengan Ketua PKK Kabupaten Karimun, Camat Tebing, Kadis Kesehatan Karimun beserta undangan, gedung pemuda, Teluk Uma, Tebing, (28/02/18).

 

Karimun,(KT)- Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Tim Penggerak PKK Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun resmi dikukuhkan oleh Camat Tebing Herisa Anugerah yang disaksikan oleh Ketua PKK Kabupaten Karimun Hj. Raja Azmah Rafiq, pengukuhan dilangsungkan di gedung pemuda Kelurahan Teluk Uma, Tebing, Rabu,(28/02/18).

 

Ketua PKK Kabupaten Karimun, Raja Azmah Rafiq mengatakan, tim ini dibentuk untuk mempermudah ibu-ibu PKK yang bekerjasama dengan Puskesmas dalam mengajak masyarakat untuk melakukan pemeriksaan IVA sebagai upaya mendeteksi dini kanker serviks dan payudara, ucapnya.

 

"Direncanakan, seluruh kecamatan di Karimun tim ini akan dibentuk, untuk saat ini sudah 3 kecamatan yang sudah dikukuhkan, yakni kecamatan Karimun, Meral dan Tebing, nanti siang akan dikukuhkan juga Pokjanal Kecamatan Meral Barat, kecamatan lainnya segera menyusul," kata Azmah dalam sambutannya.

 

Dikatakannya lagi, diharapkan dengan adanya Pokjanal ini semakin banyak masyarakat yang melakukan pemeriksaan IVA, pengecekannya sederhana serta dilayani secara gratis di Puskesmas, jadi dalam kesempatan ini saya juga menghimbau, mari datang ke Puskesmas sebagai upaya untuk mengetahui apakah kita mengidap penyakit yang mematikan itu atau tidak, ajaknya.

 

Sementara itu Camat Tebing Herisa Anugerah mengatakan, ini program baru, program ini adalah upaya pemerintah untuk meminimalisir kematian yang diakibatkan oleh kanker serviks dan payudara, karena salah satu pembunuh terbesar wanita di Indonesia itu adalah penyakit tersebut, jadi Pokjanal ini diharapkan mampu mengajak masyarakat untuk melakukan pemeriksaan IVA, tuturnya. (DS)

Published in KARIMUN


 Ket Photo : Forum Kerukunan Umat Beragama,(FKUB), Sepakat Patung Budha di PT Duta Palma Nusantara di Pindahkan keluar Kuansing.

Kuansing,(KT)  - Kabupaten Kuantan Singingi,Provinsi Riau,mengadakan pertemuan dengan seluruh tokoh agama, adat, dan masyarakat. Yang juga di hadiri oleh Kapolres Kuansing AKBP Fibri Karpiananto S.H SIK, Kepala Kemenag Drs H Jisman MA, Asisten ll lndra Suandy, Kaban Kesbangpol, Linskar sebagai pembicara. Di Aula Kementerian Agama Teluk Kuantan, Selasa (27/02/2018).

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kuansing H Bakhtiar SAg. M.M, menjelaskan Patung Budha yang terletak di area perkebunan Duta Palma Nusantara (DPN), di pindahkan dari Kuansing. Karena meresahkan masyarakat dengan keberadaan patung tersebut, ujarnya.

Beliau juga mengungkapkan sikap toleransi harus tetap di jaga, antar umat beragama di Kuansing. Menurutnya, penduduk minoritas seharusnya jaga sikap, tidak semena-mena terhadap masyarakat yang mayoritas beragama Islam.Merasa terganggu dengan adanya Patung Budha tersebut, tukasnya.

 

 Selanjutkan, Nirwan Sinaga salah seorang Perwakilan PT. Duta Palma Nusantara mengucapkan akan berjanji melaporkan hasil dialog kerukunan umat beragama se- Kuantan Singingi yang resah dengan keberadaan patung Budha ke pimpinan, tutupnya. (Lidia Ningsih)

Published in KARIMUN

 

Ket photo : Bhabinkamtibmas Desa air tawar.Aiptu.Antoni lubis.bersama masyarakat melakukan patroli karhutla.

 

Guntung,(KT) - Dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan agar tidak terjadinya kabut asap,Bhabinkamtibmas Desa Air Tawar.Aiptu.Antoni Lubis, dan masyarakat melakukan patroli kebakaran hutan dan lahan secara bersama di Desa air tawar Kecamatan Kateman Kabupaten Inhil,Riau  pada Rabu (28/02/18).

 

 Patroli kebakaran hutan dan lahan adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas.Aiptu.Antoni Lubis guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang dampaknya sangat merugikan. Meskipun saat ini di Kateman kondisi cuaca panas kadang hujan, namun tidak ada salahnya jika selalu melaksanakan patroli untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan, ujar Aiptu.Antoni Lubis.

 

Dalam hal ini, sesuai petunjuk dan arahan dari pimpinan agar seluruh Bhabinkamtibmas di lingkup mapolsek Kateman bertanggung jawab dan selalu memantau wilayah desa binaannya masing-masing.

 

Hal ini menindaklanjuti petunjuk dan arahan dari Kapolsek Kateman.Akp.Ali.Zahari,ke Bhabinkamtibmas Desa air tawar.Aiptu.Antoni Lubis.tidak henti-hentinya menghimbau masyarakat agar tidak membakar lahan dan mengajak untuk bersama-sama melakukan patroli secara rutin.

 

Bhabinkamtibmas juga menekankan kepada masyarakat apabila ada oknum yang dengan sengaja membakar hutan dan lahan segera laporkan kepada pihak yang berwajib agar dapat diproses secara hukum.

 

"Tentunya kita semua berharap dengan adanya kegiatan patroli kebakaran hutan dan lahan secara rutin dapat mencegah dan meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Kateman Kabupaten Inhil dan sekitarnya agar kita terbebas dari bencana kabut asap seperti tahun-tahun sebelumnya." ungkapnya.(Ridho)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Wagub Nasrul Abit erta Dirjen pembangunan infrastruktur kemenko Maritim RI, Bupati dan Wakil Bupati Mentawai bersama OPD terkait lainnya, di Sibaru baru Kecamatan Pagai Selatan, Selasa sore (26/2/2018).

Pulau Sibaru Baru,(KT) - Kunjungan Tim Forkopimda Sumbar yang juga didampingi OPD terkait dalam mendorong percepatan pembangunan Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan yang terbesar dalam sejarah kunjungan tim investigasi pembangunan di Sumatera Barat.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat disela - sela kunjungan Forkopimda Sumbar bersama OPD dan instansi vertikal serta Dirjen pembangunan infrastruktur kemenko Maritim RI, Bupati dan Wakil Bupati Mentawai bersama OPD terkait lainnya, di Sibaru baru Kecamatan Pagai Selatan, Selasa sore (26/2/2018).

Wagub Nasrul Abit menyampaikan, semua inj dilakukan dalam rangka mendorong dan keseriusan pemprov Sumbar mengupayakan bagaimana Kabupaten Kepulauan Mentawai segera keluar dari kategori Daerah tertinggal. Dukungan Kemenko Maritim yang luar biasa atas perintah Presiden, adalah langkah strategis nasional dalam percepatan pembangunan Mentawai dan ini adalah moment penting untuk Sumatera Barat.

 

Kunjungan ini juga ingin melihat dari dekat berbagai persoalan dan kesiapan pemkab Mentawai dalam percepatan pembanguan Mentawai, ujar Nasrul Abit Wagub Nasrul Abit menyampaikan, kunjungan hari ini melihat secara langsung pulau terluar bagian wilayah barat Sumatera, pulau Nyaunyau dan Sibaru-baru yang merupakan bahagian tidak terpisahkan dari NKRI.

 

Ini adalah bahagian kedaulatan negara yang perlu mendapat perhatian juga, sama seperti bahagian lain di Indonesia. Pulau Nyaunyau dengan luas lahan sebesar 72 ha dan pulau Sibaru-baru ada 75 ha, namun pulau sibaru baru belum dihuni oleh penduduk sedang pulau nyaunyau sudah ada sekira 20 kk. "Untuk pulau sibaru baru tentu kita mengajak masyarakat untuk bisa tinggal dilokasi ini dalam rangka memajukan potensi daerah sekaligus sebagai pertahanan wilayah Indonesia bagian pulau terluar. Hari untuk pertama kalinya kita melintasi jalur kawasan pantai barat dilaut lepas, akan banyak resiko jika cuaca tidak mendukung bisa tersesat sampai ke benua Australia" ujar NA

 

 "Tapi kita bangga, tim forkopimda Sumbar tetap gigih ingin melihat dan menginjakkan kaki ditanah pulau ini walau tidak makan nasi, hanya berbekal roti dan pop mie. Dan mungkin untuk pertama kalinya forkopimda makan pop mie" sambung NA yang disambut tawa seluruh yang hadir yang melakukan perjalanan selama lebih kurang 5 jam kepulau sibaru-baru dari pulau Nyaunyau.

 

Komandan Satuan Patroli Lantamal II Padang, Kolonel laut Joko Triwanto dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Tugas operasional Mabes TNI adalah berkewajiban menjaga dan mengawal wilayah NKRI termasuk di pulau terluar. "Kita akan kirim satu Tim Satgas ada (7 -10 orang) dan saat ini kapal kita untuk operasinal diwilayah Danlantamal II Padang akan segera tiba. Kita sudah bekerjasama dengan Pelindo Padang dalam pengadaan dermaga, jika semua siap kapal diberangkatkan" tegas Joko Lebih lanjut Joko menyampaikan bahwa "Ada 4 (empat ) Kapal Republik Indonesia (KRI Kelabang, KRI Kala Hitam, KRI Kurao dan KRI Cakalang.

 

 Kita mendukung dan siap menjalan tugas pengawasan dan pengamanan laut sebelah barat Sumatera termasuk dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di Kepulauan Mentawai ini". Direncanakan rombongan akan kembali ke Tua Pejat yang berjarak lebih kurang 7 jam. Walau masih terlihat lelah, namun rombongan masih tetap bersemangat berbincang dan berdiskusi sampai larut malam.(zulfahmi)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Bupati Kuansing H Mursini di Dampingi Kadis Pendidikan, Jupirman dan Ketua LPMP Riau, Drs. Mulyasah.

 

Teluk Kuantan,(KT) - Bupati Kuansing, H. Mursini didampingi Kepala Dinas PendidikanJupirman S.pd menghadiri acara diseminasi hasil pemetaan mutu pendidikan di Kuansing yang juga dihadiri oleh ketua Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan ( LPMP ) Provinsi Riau Drs. Mulyasah, di SMA Pintar Teluk Kuantan, Selasa (27/07/2018).

 

Drs. Mulyasah menjelaskan bahwa hasil pemetaan mutu pendidikan di Kuansing baik dibandingkan Kabupaten Siak dan inderagiri Hilir. Menurut beliau dari pencapaian input data mutu pendidikan yang dilakukan oleh LPMP kabupaten Kuansing mencapai angka 100 persen, sedangkan daerah lainnya hanya mencapai lebih kurang 85 persen, ungkapnya.

 

Ketua LPMP Riau, menambahkan untuk menghasilkan pendidikan yang berkualitas baik, maka perlu pembenahan. Baik peningkatan SDM guru maupun sarana dan prasarana belajar, dari pihak pemerintah daerah ujarnya.

 

 Dalam kesempatan ini, Bupati Kuansing, H. Mursini menuturkan akan membenahi SDM guru dan sarana prasarana belajar untuk menunjang kualitas pendidikan secara bertahap, tukasnya.

 

H. Mursini, juga mengungkapkan supaya kepala sekolah dan majelis guru membangun teamwork dalam mendidik anak di sekolah tanpa membedakan anak didik, sebutnya.

 

Bupati juga mengatakan dengan adanya acara diseminasi mutu pendidikan Kuansing ini, dapat memberikan masukan tentang cara meningkatkan kualitas pendidikan d kabupaten kuantan Singingi dimasa yang akan datang, tutupnya.(lidia ningsih)

Published in KARIMUN

 

Ket foto : Bupati Karimun Aunur Rafiq menyerahkan secara simbolis bantuan sosial non tunai program keluarga harapan (PKH) kepada 5400 KPM di Karimun, gedung Nilam Sari, (27/02/18).

 

Karimun,(KT) - Pemkab Karimun, melalui Dinas Sosial bekerja sama dengan BNI Karimun menyalurkan bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI di Gedung Nilam Sari, Kompleks Kantor Bupati Karimun, Selasa,(27/02/18).

 

Penyaluran bantuan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 12 Kecamatan se- Karimun diserahkan secara simbolis oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi Plt Dinas Sosial Kabupaten Karimun M.Syahrudin, Ketua Komisi I DPRD Karimun Anwar Abubakar serta asisten I Muhammad Tang.

 

" Jumlah penerima KPM dari seluruh Kecamatan di Karimun adalah sebanyak 5400 Keluarga yang terdiri dari jumlah KPM reguler tahun 2017 dan jumlah KPM Perluasan tahun 2018, rinciannya, sebanyak 3017 reguler dan 2383 Perluasan, jadi totalnya 5400 KPM, ungkap Plt Dinas Sosial Kabupaten KaLarim M. Syahrudin dalam sambutanya.

 

Ditambahkannya, bantuan diserahkan bertahap, yakni 4 tahap, dengan total bantuan sebanyak Rp.1.890.000 per keluarga, hari ini yang kita salurkan adalah untuk 4 Kecamatan yang ada di Pulau Karimun besar, kecamatan lainnya akan diserahkan oleh petugas dan pendamping KPM, katanya.

 

 Ditempat yang sama, Bupati Karimun H.Aunur Rafiq mengatakan, hari ini bapak atau ibu akan diserahkan buku tabungan dan ATM nya, semoga bantuan ini bisa membantu dan dimanfaatkan dan digunakan sebaik mungkin, ucap kepala daerah bumi berazam itu. (DS)

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Jeki Yunas Sekretaris Umum Badan Koordinasi, (Badko) HMI Riau - Kepri.

 

Kuansing,(KT) – Kejaksaan Negeri Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau telah menetapkan SN  Kabid Pertanahan di Dinas Perumahan, Kawasan dan Pertanahan Pemkab Kuansing sebagai tersangka pada kegiatan penataan dan invetarisasi tahun 2015 silam dengan kerugian keuangan negera kurang lebih 420 juta,ironisnya sampai saat ini tersangka belum juga dilakukan penahanan sehingga terkesan Kejari Kuansing,” Macan Ompong”.

Hal tersebut dikatakan, Jeki Yunas Sekretaris Umum Badan Koordinasi, (Badko) HMI Riau - Kepri kepada karimuntoday.com  Selasa,(27/2/2018),mengatakan, Dia sangat menyesalkan tersangka SN terjerat kasus dugaan korupsi sampai detik ini belum juga dilakukan penangkapan untuk ditahan oleh kejari kuansing, padahal sudah banyak  kritikan dari elemen masyarakat, mahasiswa dan praktisi hukum dikuansing,namun, sampai saat ini kejari tidak bergeming sama sekali, akibatnya terindikasi kejari kuansing dalam penegakan hukum dalam pemberantasan tipikor bak.” Macan Ompong”.

“ Itu kejari kuansing sangat loyo dalam pemberantasan tindak pidana korupsi, pasalnya, sudah sekian lama SN ditetapkan sebagai tersangka belum juga dilakukan penahanan,bahkan sudah mengembalikan uang hasil korupsinya,celakanya, Jaksa Agung RI, masih mempertahankan seorang kejari yang tidak komit dalam pemberantasan tindak pidana korupsi,” Tuturnya Heran

Ditambahkanya lagi, Dia berharap agar Jaksa Agung RI mencopot jabatan kejari saat ini, dan mengganti dengan sosok kejari yang lebih professional dalam memberantas korupsi agar dapat dapat menekan tingkat korupsi di kuansing dan tidak loyo dalam penegakan hukum, agar supermasi hukum dapat ditegakan di kota jalur teluk kuantan,” Ujarnya

Secara terpisah, Kejari Kuansing, Jufri SH sampai berita ini diunggah belum dapat dimintai tanggapanya, terkait adanya sentilan dari Badko HMI Riau-Kepri, bahwasanya dalam pemberantasan korupsi bak,” Macan Ompong”  dan tidak memiliki nyali untuk menangkap tersangka SN, belum dapat dimintai konfirmasinya.(red/roder)

 

Published in KARIMUN

 

Ket Photo : Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menandatangani prasasti dan melakukan serimonial gunting pita di acara Grand Opening Banua Premiere Lou nge, Selasa (27/2) pukul 13.30 WIB di Minangkabau Internasional Airport 3rd floor.

 

Sumbar, (KT)- ‌Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menandatangani prasasti dan melakukan serimonial gunting pita di acara Grand Opening Banua Premiere Lou nge, Selasa (27/2) pukul 13.30 WIB di Minangkabau Internasional Airport 3rd floor.

 

Irwan Prayitno berpesan, "Tetap di sediakan makan bernuansa Padang atau Minang untuk menambah daya tarik makanan di Banua Premiere Lounge, karna pasti banyak tamu yang bukan orang minang atau wisatawan asing dan itu akan menjadi nilai plus tersendiri di Banua", ungkapnya kepada pihak Banua saat memberikan kata sambutan. ‌

 

HM.Syauqie selaku pemilik Banua mengungkapkan bahwa, fasilitas di Banua cukup bagus jika di sandingkan dengan tempat-tempat yang ada di Jakarta dan tempat lainnya.

 

"Semoga kontribusi kami memberikan manfaat pada kota Padang, khususnya wisatawan yang berkunjung di kota Padang dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan di Banua", ungkapnya didepan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno serta para tamu undangan lainnya. (RAM)zulfahmi)

Published in KARIMUN
Page 1 of 15

KALENDER BERITA

« February 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28