BATAM

Kapolda Kepri, Irjen Andap Budhi Revianto Kagum dan Terhibur dengan Atraksi Polwan Lumpuhkan Kawanan Preman

 

KARIMUNTODAY.COM, BATAM – Kapolda Kepulaun Riau (Kepri) Irjen (Pol) Andap Budhi Revianto, bersama perwira dan sejumlah undangan yang hadir terhibur dan kagum ulah atraksi para Polwan Polda Kepri usai melaksanakan upacara Peringatan HUT ke – 70 Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia di Stadion Temenggung Abdul Jamal, Batam, Senin (3/9/2018) sekira pukul 09.00 WIB.

Kapolda dan tamu undangan tampak kagum dan terhibur, saat kelompok polwan pertunjukan karate memperagakan aksi melumpuhkan kawanan preman. Kemudian Srikandi Polda Kepri, melanjutkan penampilan dengan pertunjukan satu demi satu atraksi dibidang olahraga Muay Thai, Boxer, Kareta dan atraksi para polwan dari Ditlantas Polda Kepri diatas kendraaan patroli yang ditunggangi para polwan-polwan cantik di Kepulauan Riau ini. Andap bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Sedangkan Kapolsek Lubukbaja Kompol Yunita Stevani dipercaya sebagai komandan upacaran (Dan-Up) perintan hari jadi Polwan yang dihadiri Wakapolda Kepri Brigjen Yan Fitri Halimansyah beserta Ibu, Pimpinan dan pengurus Bhayangkari Daerah Kepri, Para Pejabat Utama Polda Kepri dan Kasatwil jajaran Polda Kepri, Para Perwira, Polwan jajaran Polda Kepri, para Bintara dan Pegawai Negeri Sipil Polda Kepri serta para tamu undangan.

Dalam Amanat Kapolri Jenderal (Pol) Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D yang dibacakan Kapolda Kepri Irjen Andap Budhi Revianto menyampaikan secara universal, kehadiran wanita dalam peran sebagai penegak hukum telah berjalan lama di banyak negara. Bahkan sejak 1915, telah dibentuk International Association Of Women Police (IAWP) sebagai wadah organisasi Internasional guna memberikan pengembangan Profesionalitas, Mentoring, Pelatihan, serta pengakuan bagi petugas penegak hukum wanita di Indonesia.

“Polisi Wanita mulai dikenal sejak 1 September 1948, ketika enam orang wanita tangguh dari Bukittinggi, Sumatra Barat, mengikuti pendidikan Inspektur Polisi, guna memenuhi kebutuhan tugas-tugas Kepolisian kala itu,”kata Irjen Andap.

Hingga saat ini, sambung dia, Powlan Indonesia telah mencapai jumlah 24.029 orang atau 5,7% dari jumlah anggota Polri secara keseluruhan, dengan tingkat kepangkatan yang bervariasi mulai dari Brigadir Polri (79,72%), Pama Polri (12,18%), Pamen Polri (8,08%) dan Pati Polri (0,02%).

“Para polwan ini telah dipercaya untuk menduduki berbagai jabatan strategis, seperti Wakapolda Kalbar (Brigjen. Pol. Dra. Sri Handayani), maupun jabatan lainnya di tingkat Polda. Polri juga mempercayakan para Polwan untuk menduduki jabatan Operasional seperti Kapolres, Wakapolres, Kapolsek, serta Kasat ditingkat Polres,”ujarnya.

Pimpinan Polri, berharap di usia Polwan yang ke-70 ini, konsistensi dan komitmen Polisi Wanita untuk terus berprestasi dapat terus meningkat. Sebagai bagian dari SDM Polri, Polwan juga diharapkan bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan tugas Polri yang semakin kompleks, termasuk peran sertanya untuk turut mensukseskan pengamanan agenda kamtibmas.

“Selaras dengan hal tersebut, peringatan HUT Polwan pada Tahun 2018 ini mengangkat tema “Polwan Promoter siap menyukseskan agenda Kamtibmas Tahun 2018 dan 2019”. Tema ini penting untuk diangkat, mengingat keberadaan polisi wanita yang sangat diperlukan dalam rangka mendukung tugas-tugas polri di tengah peningkatan eskalasi politik yang terjadi,”ungkapnya.

Lebih dari itu, kata dia, kehadiran polwan juga diharapkan dapat turut mengangkat Citra Polisi di masyarakat. Sebagaimana karakter wanita yang penuh dengan kelembutan, ketegasan, dan kedamaian. Saya meyakini bahwa Polwan Indonesia bisa menjadi bagian penting dalam mewujudkan Polri yang semakin Profesional, Modern dan Terpercaya.

“Oleh sebab itu, saya juga berharap kepada seluruh Polwan, untuk senantiasa mengasah diri dan meningkatkan motivasi serta keterampilannya. Saudari adalah srikandi-srikandi bhayangkari terbaik yang akan terus menerus memberikan pelayanan kepada bangsa ini,”pungkasnya. (*/r)

laporan : indra helmi

editor : indra h piliang


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close