LINGGA

Kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 di Kabupaten Lingga

KARIMUNTODAY.COM, LINGGA – Hari peduli sampah nasional tahun 2019 Dinas Lingkungan Hidup, Polres Lingga, TNI dan Saka Kalpataru Lingga serta beberapa siswa sekolah lainnya menggelar kegiatan bersih lingkungan laut di tempat wisata Pantai Indah Sergang Desa Tanjungharapan dalam rangka mewujudkan laut bersih, laut indah menuju Indonesia bersih.

Kegiatan yang dipimpin oleh Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho bersama dengan jajarannya tersebut, dimulai dengan gelar apel dan selanjutnya melakukan aktifitas pembersihan pantai dengan menurunkan sedikitnya tiga ratus orang dari berbagai komponen masyarakat dan lembaga pemerintah.

“Kegiatan ini kita inisiasi, sebagai bentuk kegiatan peduli lingkungan dihari sampah nasional ini,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga Siswadi mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup sendiri telah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi sampah yang ada di Kabupaten Lingga, dengan semangat tersebut jugalah telah mengantarkan Kabupaten Lingga menjadi Kota Kecil peraih piala Adipura berturut-turut selama dua tahun.

Meskipun upaya maksimal telah dilakukan, namun mengingat luas wilayah Kabupaten Lingga yang terdiri dari pulau-pulau kecil, hal ini membutuhkan kerja keras dari semua komponen untuk lebih maksimal lagi dalam menjadikan Kabupaten Lingga sebagai kabupaten yang bebas sampah dan bebas pembakaran sampah.

“Kita juga mengapresiasi berbagai lembaga yang melakukan daur ulang sampah, menjadi sesuatu yang menarik, hal ini kita harap dipertahankan,” sebutnya.

Selain dari Saka Kalpataru Kabupaten Lingga hadir juga dalam kegiatan tersebut, sejumlah organisasi peduli sampah salah satunya adalah AKARI Ceq Connon yang selama ini telah melakukan daur ulang sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat salah satunya adalah kostum karnaval yang kini telah hadir di berbagai event nasional hingga internasional.

“Kami diundang untuk tampil, selama ini sampah bekas sudah membawa berkah bagi kami karna kostum kami memiliki nilai jual yang cukup tinggi,” ujarnya.

 

Laporan : Trimo Saparino
Editor    : Indra H Piliang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close