JAWA TENGAH

Kemarau Panjang Melanda Kabupaten Blora Jateng Warga Desa Ngapon Gali Lubang Dasar Embung Yang Kering

 

KARIMUNTODAY.COM, BLORA – Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Blora,Jawa Tengah, memaksa sejumlah warga Dusun Jelubang,Desa Ngampon,Kecamatan Jepon, mencari air hingga di dasar embung. Mereka menggali tanah di tengah embung yang kondisinya kering dijadikan “belik” atau sumur gali untuk kebutuhan  sehari-hari.

Untuk bisa mendapatkan air,warga mencari hingga di dasar embung yang mengering. Untuk bisa mendapatkan air,mereka harus naik turun embung sedalam 8 meter dan mengantri dengan warga lainnya untuk menunggu giliran. Meskipun airnya keruh,para warga mengaku air tetap layak untuk di konsumsi. air yang didapat tersebut, digunakan para warga untuk ,minum ternak,kebutuhan mandi,mencuci,dan juga minum. “ Ya air ini nati untuk masak,minum,menuci, dan minum ternak,” kata Ngasih warga Ngampon.

Kalau untuk minum, warga harus menunggu beberapa hari agar kondis air tersebut jernih. “ Untuk digunakan air minum, waktunya lama,menunggu tiga hari biar air jernih,baru dimasak untuk minum,” jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Samidi warga setempat, setidaknya ada 300 kk harus mencari sumber mata air hingga di ladang,maupun dasar embung. Meskipun sudah ada bantuan air yang datang, warga mengaku belum bisa memenuhi kubutuhan air yang diinginkan. “Kekeringan ini terjadi sudah cukup lama,sudah lima bulan  warga sudah kesulitan air,” ungkap Samidi

Selama ini, lanjut Samidi, sudah ada bantuan dari Pemkab. Namun belum mencukupi  kebutuhan air bersih warga.” Sudah ada bantuan,tapi kurang karena kebutuhan air warga sangat banyak,” jelasnya.

Warga berharap ada bantuan air bersih ke warga agar kebutuhan air bersih warga bisa tercukupi saat kemarau panjang saat ini.(*)

Laporan    : Nurulyadi

Editor       : Indra H Piliang


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close