POLITIK

Korban lumpur Hari Suwandi jadi bintang iklan Bakrie

Kisah Hari Suwandi, korban lumpur Lapindo yang berjalan kaki Porong-Jakarta, belum berakhir setelah dia meminta maaf kepada Aburizal Bakrie (Ical). Kini dia terlihat menjadi bintang iklan capres Partai Golkar tersebut.

Dalam iklan di tvOne Rabu (8/8) pagi, ditayangkan bagaimana Suwandi memulai aksi jalan kakinya dari Porong, Sidoarjo. Aksi-aksi Suwandi di beberapa kota juga ditampilkan, lengkap dengan kritik kerasnya kepada keluarga Bakrie.

Namun di tengah-tengah iklan, juga ditayangkan kembali pernyataan permintaan maaf Suwandi yang dilakukan dalam sebuah acara wawancara di televisi milik Bakrie tersebut.

“Ketika emosi mengalahkan logika,” demikian salah satu narasi dalam iklan tersebut.

Di akhir iklan, juga ditampilkan sosok Ical yang dikemas dalam citra penuh wibawa dan sahaja. Ditayangkan pula tanggapan Ical atas permintaan maaf Suwandi kepada dirinya.

“Inilah hikmah Ramadan,” kata Ical.

Komodifikasi aksi Suwandi lewat iklan ini semakin menambah spekulasi apa di balik motif permintaan maafnya. Paring Waluyo Utomo, pendamping korban lumpur Lapindo, pernah mengungkapkan ada uang di balik permintaan maaf Suwandi tersebut.

“HS dijanjikan tunjangan bulanan Mas, katanya Rp 5 juta per bulan,” kata Paring menirukan ucapan F, korban lumpur yang mendengar langsung pengakuan dari Suwandi.

Namun hal ini sudah dibantah keluarga Bakrie. “Itu fitnah, nggak ada urusannya itu, nggak ada urusan,” kata Juru Bicara Keluarga Bakrie, Lalu Mara Satriawangsa.


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close