KUANSINGSIAK

Masyarakat Desa Sigaruntang Kuansing Kecewa tidak adanya Papan Plang  Informasi Proyek Pembangunan Desa

 

 

KARIMUNTODAY.COM,TELUK KUANTAN – Masyarakat Desa Sigaruntang, Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuansing,Provinsi Riau, menyesalkan tidak adanya Papan Plang Informasi Proyek Pengerjaan Pembangunan yang dikerjakan dengan menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2018.

Hal ini diutarakan Salah satu masyarakat Desa Sigaruntang yang tidak mau disebutkan namanya Kepada Karimuntoday.com, Selasa (21/8/2018) bahwasanya Kepala Desa Sigaruntang diduga sengaja tidak memasang Plang Papan Informasi penggunaan Dana Desa. Dan dalam Undang – Undang (UU) nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah harus transparan kepada masyarakat.

“Kepala Desa seharusnya memasang papan informasi tentang penggunaan Dana Desa agar masyarakat dapat mengetahui dan memonitoring pelaksanaan Dana Desa ini, hal ini bertujuan untuk mewujudkan transparansi dalam pemanfaatan dana desa kepada masyarakat.” Ujarnya.

Dikatakannya, dari awal pencairan DD tahap I yakni 20 persen yang dipergunakan dalam pembangunan Desa seperti Semenisasi di Dusun I dan Dusun II sepanjang 400 meter juga tidak ada ditemukan papan plang pembangunan. Begitu juga dengan Dana Desa tahap II yakni pembangunan Drainase sepajang 90 meter di dusun II juga tidak ditemukan Papan plang informasi.

“Saya tidak tahu berapa jumlah dana dalam pembangunan – pembangunan yang dilakukan Kepala Desa Siganrutang.” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sigaruntang, Iis Sugianto saat dihubungi Karimuntoday.com membatah bahwasanya ia tidak memasang Plang papan Informasi di setiap pembangunan. “Papan Plang informasi Proyek pembangunan yang saya lakukan ada, dan itu terpasang. Itu isu yang tidak benar, mungkin orang yang mengatakan itu, orang yang tidak menyukai saya” Terangnya.

Secara terpisah, Kepala Kejaksaan Negeri Kuansing, Hari Wibowo, SH.MH, sampai berita ini diunggah belum dapat dimintai tanggapanya, terkait adanya keluhan masyarakat Desa Sigaruntang, terkait pengelolaan Dana Desa yang kurang transparan, belum dapat dimintai konfirmasinya.(*)

Laporan    : Roder

Editor        : Indra H Piliang


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close