JAWA TENGAH

Menteri Desa,Dana Desa Naik Dari 60 Trilyun Menjadi 70 Trilyun

 

KARIMUNTODAY.COM,GROBOGAN – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDT) memastikan dana desa akan naik pada tahun 2019 mendatang. Kenaikan anggaran dana desa di tiap desa berkisar antara 1 Milyar hingga 3,5 Milyar,sesuai dengan demografi dan geografi di masing masing desa. Diperkirakan kenaikan total anggaran dana desa nasional mencapai 70 Trilyun pada tahun 2019.

Hal tersebut disampaikan Menteri Desa Eko Putro Sandjoyo, saat mendampingi Presiden Jokowi saat meninjau proyek pembangunan talut jalan dari anggaran dana desa di Desa Tambirejo,Grobogan (15/9).

Dalam kegiatan tersebut,Eko menyampaikan akan ada kenaikan anggaran dana desa di tiap desa pada tahun depan. Sekitar 70 Trilyun dana desa akan di alokasikan pada APBN 2019.” Untuk Dana Desa pada tahun ini 60 Trilyun, pada tahun depan akan dinaikan menjadi 73Ttrilyun. Kebetulan desa sini (red : Desa Kabupaten Grobogan) karena IPM membaik dana desa lebih sedikit, 800 juta dibagi rata,” ucapnya.

Untuk tahun depan,lanjutnya, tiap desa akan mendapatkan kucuran dana desa antara 1,2 Milyar hingga 3,5 Milyar.  Besaran kucuran dana desa tergantung tingkat kemajuan desa, maupun jumlah warga dan luas wilayah desa. “ Jika daerah miskin dan penduduknya banyak, maka dapat anggaran lebih besar, 1,2 sampai dengan 3,5 Milyar, untuk yang IPM membaik ya masih kisaran 800 juta rupiah,” jelasnya

Eko berharap, alokasi penggunaan dana desa benar-benar untuk pembangunan desa dengan mekanisme swakelola masyarakat, sehingga masyarakat desa setempat diberdayakan untuk ikut terlibat aktif dalam pembangunan desa.(*)

Laporan    : Nurulyadi

Editor        : Indra H Piliang


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close