NATUNA

Minim Sarana, Bupati Natuna Tinjau Pelaksanaan UNBK di SMKN 1 Bunguran Timur

KARIMUNTODAY.COM, NATUNA – Pada hari pertama dilangsungkan nya UNBK Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal didampingi sejumlah kepala OPD (Organisasi Perangkat daerah), melakukan peninjauan di sekolah SMKN 1 Bunguran Timur, Senin (25/3/2019).

UNBK merupakan sistem pelaksanaan Ujian Nasional dengan menggunakan perangkat komputer dan jaringan internet, setiap siswa mendapatkan user login secara private, dengan materi uji yang berbeda antara satu siswa dengan siswa lainnya.

Keterbatasan fasilitas komputerisasi sekolah di Natuna tergolong saat ini masih minim, jangankan jaringan internet, bahkan masih ditemukan sekolah belum memiliki kelengkapan laboratorium komputer.

Sama halnya saat ini, yang dirasakan oleh SMKM 1 Bunguran Timur tersebut, mengalami kekurangan komputer untuk melaksanakan UNBK, sehingga pihak sekolah harus meminjam komputer tambahan dari salah satu SMK yang ada di Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Melihat kondisi tersebut, Bupati Natuna mengaku sangat prihatin, dirinya menyebutkan bahwa hal ini membuat ujian menjadi kurang efektif, idealnya harus ada 40 unit komputer di SMKN 1 Bungaran Timur ini.

Namun, dirinya juga menyayangkan dalam hal ini pemerintah daerah Kabupaten Natuna tidak bisa berbuat apa-apa, pasalnya kewenangan SLTA sudah berada dibawah Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Sebab itu, dirinya hanya bisa berharap semoga Dinas Pendidikan Provinsi Kepri bisa membantu dan segera mengambil tindakan guna mengatasi segala keterbatasan yang terjadi saat ini di SMKN 1 Bunguran Timur maupun sokalah lainnya di Natuna.

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal saat memberi pengarahan kepada siswa/i SMKN 1 Bunguran Timur

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMKN 1 Bunguran Timur, Aswana, menjelaskan, bahwa pihaknya telah mengajukan pengadaan 40 unit komputer kepada Dinas Pendidikan Kepri. Namun hingga sampai saat ini, belum mendapatkan respon positif.

“Udah kita ajukan 40 unit. Tinggal menunggu kabar dari mereka,” kata Aswana.

Mengenai sarana Internet untuk penunjang UNBK, Aswana mengaku telah mendapatkan bantuan WiFi dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Natuna.

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal saat meninjau Pelaksnaan UNBK di SMKN 1 Bunguran Timur

“Kalau jaringan Internet tidak ada masalah, palingan listrik saja yang sering mati. Namun kami sudah menyiapkan mesin genset untuk langkah antisipasi,” ujarnya.

Sekolah yang beralamatkan di Jalan Taruna, Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur itu, mengikut sertakan 55 orang siswanya pada UNBK yang dilaksanakan selama 4 hari kedepan tersebut.

 

Laporan : Merni Lasmita
Editor     : Indra H Piliang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close