BATAMKEPRI

Moment Nasionalisme Detik-detik Proklamasi di Kampus Taruna-Taruni Penerbangan SPN Dirgantara Batam

 

KARIMUNTODAY.COM, BATAM – SMK Penerbangan SPN Dirgantara Batam, menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 tahun dengan khikmat, di halaman sekolah penerbangan ternama di Batam Center,kota Batam. Dalam moment nasionalisme peringatan hari kemerdekaan, petugas pengibar bendera tampil beda dan lebih patriotik, menggunakan pakaian berwarna merah putih.

Lazimnya, pada kegiatan yang sama ditempat lainnya di Indonesia petugas menggunakan pakaian putih-putih. “Kita setiap tahun aktif mengibarkan bendera sesuai dengan detik-detik proklamasi dengan petugas pengibar bendera berpakaian merah putih dan setelah itu kita mengadakan beberapa pertunjukan diantaranya LTBB, senan tongkat dan menyanyikan lagu-lagu perjuangan dan pemberian kue kepada guru sebagai pahlawan dalam mengisi SDM taruna-taruni di sini,”kata Erwin Depari, Ketua Yayasan Lencana Bangsa yang juga pembina SPN Dirgantara Batam, kepada KARIMUNTODAY.COM, Jum’at (17/8/2018) petang.

Menurut Erwin, upacara HUT Kemerdekaan rutin dilaksanakan setiap tahun di sekolahnya. Namun, petugas pengibar bendera berpenapilan lebih menarik dengan tampil sedikit beda menggunakan pakaian merah putih sesuai dengan semangat nasionalisme yang sudah ditanamkan pada generasi muda sejak bangku pendidikan. “Saat ini taruna-taruni (siswa-siswi) SPN Dirgantara Batam berjumlah sebanyak 230 orang, terdiri dari kelas dua dan tiga sebanyak 160 orang dan kelas satu sebanyak 30 orang.

Sekolah penerbangan ini berdiri pada tahun 2014 lalu, sekarang masuk tahun kelima dan kita sudah dua kali menamatkan siswa (alumni),”ujar pria energik yang keseharian berdinas di Polresta Barelang. Erwin menjelaskan, visi sekolah yang dikelolahnya ini menjadikan SMK unggulan dengan siswa yang beriman dan bertaqwa kepada Allah dan menyiapkan SDM yang profesional, bermartabat, serta pribadi yang berkarakter, disiplin dan bertanggungjawab yang handal di bidang mesin dan rangkat pesawat (airframe and power plant) dan Eletronik Avionic.

“Sedangkan misi sekolah kita membentuk peserta didik yang siap dan mampu bersaing memasuki dunia kerja, mengembangkan berbagai jaringan dengan dunia usah dan dunia industri. Dan, mengembangkan iklim belajar berwawasan globalisasi dalam ilu pengetahuan dan teknologi, mengambangkan latihan dan kegiatan fisik serta mental yang dibutuhkan dunia penerbangan serta menumbuhkan pribadi yang mandiri, berprilaku dan berbudi luhur,”papar Erwin.

Ia mengatakan, sekolah yang sudah memasuki tahun kelima ini juga, dilengkapi berbagai fasilitas mulai dari asrama, worshop, dapur rekaan,ruang belajar yang nyaman (full AC), laboratorium bahasa dan komputer. Sekolah kita juga dilengkapi Mushollah, perpustakaan, koperasi, halaman yang luas, free WIFI, Asuransi Jiwa, memiliki ruang serba guna dan ruang rapat utama.

“Selain itu, kita juga memiliki fasilitas olah raga, mulai dari lapangan sepak bola, lapangan futsal dan lapangan basket serta lokasi parkir yang luas. Bagi orang tua atau tamatan SMP sederajat di nusantara yang ingin lekas kerja solusinya ya tentu SPN Dirgantara Batam,”bebernya.

Erwin menambahkan, tenaga pengajar di sekolah penerbang ini berasal dari berbagai profesional yang teruji, ulai dari pilot, akademisi yang berasal dari sejumlah maskapai penerbang yang ada di Indonesia. Yang tidak kalah menariknya, sekolah juga memberikan kesempatan kepada taruna-taruni unuk praktek kerja industri di pangkalan TNI-AU yang ternama di tanah air.

“Pihak sekolah memberikan kesempatan untuk menjalankan praktek kerja industri di Bandung dan Jakarta, yaitu Depohar 10 – Sathar 15 & 16 Pangkalan udara (Lanud) Husein Sastranegara dan Depohar 20 – sathar 23 Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusumah,”pungkasnya. (*).

Laporan : indra helmi

editor : indra h piliang


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close