KUANSINGPEKANBARURIAU

Pemkab Kuansing Gelar Upacara HUT RI ke- 73 Tahun di Lapangan Limuno Teluk Kuantan

KARIMUNTODAY.COM,TELUK KUANTAN – Pemkab Kuansing laksanakan upacara peringatan Hut RI ke-73 Tahun, bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Drs.H.Mursini,M.Si dan Komandan Upacara Kasat Reskrim Polres Kuansing AKP Andi Cakra Putra, Jumat ( 17/8/2018 ) pagi di Lapangan Limuno Teluk Kuantan.
Hadir pada upacara ini Wakil Bupati H.Halim, Sekda Dr.Dianto Mampanini,SE.MT, Ketua DPRD Andi Putra,SH.MH, Ketua Pengadilan Negeri Rengat Darmo Indo Damanik,SH,M.Kn, Kajari Kuansing Hari Wibowo,SH.MH, Kapolres AKBP Fibri Karpiananto, SH.S.Ik, Pabung Kodim Inhu Letkol ARH. Hendra Roza,SIP, Kepala Kantor Kemenag, Pimpinan Bank, Asisten, Kadis, Kaban, Kepala Satuan, Direktur RSUD, Pimpinan Parpol, OKP, Organisasi Profesi, tokoh masyarakat, dan tokoh agama.
Tepat pukul 10.00 WIB pagi, raungan sirine yang menambah kekhusyukan upacara dibunyikan beberapa menit. Setelah itu Ketua DPRD Kuantan Singingi, Andi Putra,SH,MH langsung membacakan naskah teks proklamasi kemerdekaan yang dulu dibacakan Proklamator Ir.Soekarno dan Hatta. Usai pembacaan teks naskah proklamasi dilanjutkan dengan pengibaran sang saka merah putih oleh anggota Paskibraka.
Seremonial Pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih mendapat perhatian luas dari seluruh peserta upacara. Peserta upacara cukup berdebar-debar saat Ervina Tri Aswara Siswi SMAN 1 Benai asal Beringin Jaya menerima bendera dari Inspektur Upacara Bupati Mursini di panggung kehormatan dan kembali ke lapangan untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih.
Tugas tersebut berjalan dengan baik hingga Sang Saka Merah Putih berkibar ditiang bendera. Pembacaan Teks Proklamasi dan Pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih sebagai rangkaian utama upacara peringatan detik-detik proklamasi, dilanjutkan dengan ramah tamah dengan para veteran dan mantan pejuang angkatan 1945 Kuansing di Pendopo Lapangan Limuno Teluk Kuantan.
Dalam kesempatan ini, Bupati Kuansing Drs.H.Mursini,M.Si membacakan Sambutan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Yasonna H.Laoly, “Berabad-abad rakyat Indonesia mengalami pahit getir dalam himpitan belenggu kolonialisme. Kemerdekaan yang berhasil diraih oleh para pejuang Kemerdekaan adalah jembatan untuk memakmurkan, seluruh rakyat Indonesia, untuk menegakkan keadilan pada semua lapisan, dan untuk meraih kemajuan bersama pada setiap sendi-sendi kehidupan bangsa.”, Ucap Bupati.
“Kita semua harus bekerja keras dengan penuh semangat dalam mengisi Kemerdekaan,” tambah Bupati. Bersempena HUT RI ke-73 Bupati Mursini menyempatkan mengunjungi Rumah Tahanan Teluk Kuantan dan serahkan SK Remisi Warga Binaan Rutan Teluk Kuantan dari Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H.Laoly sebanyak 197 orang,” Tukasnya (*)
Laporan    : Roder/ Humas Pemkab Kuansing
Editor        : Indra H Piliang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close