PADANGSUMBAR

Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Ke 73, Kanwil Kemenag Sumbar Siapkan 2 Doorprize Umrah

 

KARIMUNTODAY.COM, PADANG  — Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 73 di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat berlangsung akbar. Pasalnya, selain dirangkai dengan berbagai lomba tingkat Kankemenag se Provinsi Sumatera Barat, Kanwil Sumatera Barat sediakan 2 tiket umrah gratis untuk peserta Gerak Jalan Kerukunan yang meraih doorprize. Sebelumnya, HAB Kemenag Ke 73 yang jatuh pada tanggal 3 Januari 2019 secara nasional diperingati dengan upacara bendera secara serentak di Indonesia.

Sementara rangkaian lomba untuk Kankemenag di 19 kota / kabupaten sudah dimulai sejak bulan November 2018, lalu. Sedangkan lomba di Kanwil Kemenag Sumbar dimulai tanggal 4 Januari 2019 yang dinamai dengan Kanwil Cup. Sesuai dengan tema HAB “ Jaga Kebersamaan Umat” Kanwil Kemenag menggelar Gerak Jalan Kerukunan, Minggu (6/1/2019) yang dilepas secara resmi Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bersama Rektor UIN Imam Bonjol, Kabiro IAIN Bukittinggi dan seluruh pejabat di lingkungan Kanwil Kemenag se Sumatera Barat. Ribuan warga Kemenag yang berasal dari UIN, Balai Diklat, Kemenag Kota Padang beserta seluruh madrasah dan KUA memadati halaman Kanwil Kemenag.

Kepala Kanwil Kemenag Sumatera Barat H. Hendri dalam eksposnya di hadapan Gubernur mengatakan Gerak Jalan sehat Kerukunan rangkaian kegiatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama. Gerak jalan ini diikuti seluruh warga Kementerian Agama yang tersebar dalam satker dan unit kerja yang ada di Sumatera Barat. “Hadir dalam gerak jalan ini jajaran UIN dan IAIN, Kakan Kemenag Kabupaten Kota beserta keluarga, BDK Padang, UPT Asrama Haji, keluarga besar madrasah dan Kantor Urusan Agama, FKUB, perwakilan dari masing masing agama yang tumpah ruah mengikuti Gerak Jalan sehat Kerukunan menuju Indonesia damai, rukun dan bermartabat,” ungkap Kakanwil.

Gerak jalan kerukunan dengan start di lapangan Parkir Kanwil menuju Jalan Raden Saleh, Pantai Padang dan Jalan Ujung Gurun (tempat pembagian kupon doorprize) dan Finish di Kanwil Kemenag.

Sementara Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno sangat mengapresiasi Kementerian Agama karena telah banyak melakukan kegiatan serta inovasi. Yang paling penting temanya Jaga Kebersamaan Umat sebagai satu kesatuan bangsa. “Ini sesuatu yang luar biasa, kami sebagai pemerintah sangat mendukung karena isu dan tema ini sangat tepat dalam membangun kebersamaan kita dengan berbagai acara dalam menyambut HAB”, papar Gubernur.

“Mari terus kita jaga kerukunan demi menuju Sumatera Barat yang damai”. Begitu pesan gubernur yang disampaikan dalam bait pantun saat melepas peserta gerak jalan sehat kerukunan.

Meski cuaca panas terik, ribuan peserta tetap antusias mengikuti gerak jalan dan setia menunggu pengumuman doorprize. Karena ada 2 (dua) hadiah umrah, puluhan sepeda dan ratusan hadiah mulai dari kulkas, mesin cuci, kompor gas dan hadiah menarik lainnya menjadi magnet peserta gerak jalan. Peserta juga disuguhkan perlombaan memindahkan belut oleh Istri pejabat (Kakanwil dan Kemenag) dan menjunjung air bagi Kakan Kemenag se Sumbar.

Penantian panjang dua dari ribuan peserta gerak jalan sehat kerukunan ini tak sia-sia. Adalah Nurbekti Leni (istri Ujang Basrah) yang merupakan pegawai Kanwil Kemenag Sumbar, kemudian Mira Muchdarni, DR (guru MTsN Bungus) berhasil merebut tiket umrah dari PT. Armindo Jaya Tour dan PT. Sianok Indah Holiday.

Usai gerak jalan masih berlangsung final beberapa cabang lomba diantaranya badminton, volly dan takraw. Panitia menginformasikan bahwa setiap cabang lomba akan diakhiri hari ini, termasuk penyerahan medali dan hadiah. Karena pada Senin, jajaran akan kembali berdinas melayani publik.(*)

Laporan    : Idris Harahap

Editor       : Indra H Piliang


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close