KUANSING

Peringatan Hari Koperasi ke-71 Tahun, Bupati Kuansing Mursini Sampaikan 3 Langkah Strategis.

KARIMUNTODAY.COM,TELUK KUANTAN – Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melaksanakan upacara peringatan Hari Koperasi ke-71 di Lapangan Pemda Kabupaten Kuantan Singingi, Senin Pagi (22/10/2018).

Bupati Kuansing Drs.H.Mursini,M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara. Bupati Mursini membacakan Pidato Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah RI dalam peringatan Hari Koperasi ke-71, sejalan dengan Program Presiden di dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi guna memberikan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan, maka koperasi memiliki peran strategis.

Bupati Mursini berharap, koperasi dapat menjalani peran sebagai pemutus mata rantai kesenjangan di kalangan masyarakat. Koperasi harus mampu memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan perekonomian khususnya Kabupaten Kuantan Singingi. Ada tiga langkah strategis yang perlu diselenggarakan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten kota terkait reformasi total koperasi.

Pertama ; Reorientasi Koperasi yang berorientasi pada pemberdayaan koperasi kepada kualitasnya, bukan lagi kepada kuantitas koperasi. Kedua ; Rehabilitasi Koperasi yang dimulai dengan membuat database koperasi di Kabupaten Kuansing sebagai dasar untuk pembenahan koperasi. Ketiga ; Pengembangan Koperasi yang terus-menerus melakukan pembinaan pada koperasi yang sudah ada.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM PM dan BPS diperkirakan kontribusi koperasi terhadap PDB nasional pada tahun 2016 mencapai 3,99 persen selanjutnya pada tahun 2017 diperkirakan kontribusi koperasi terhadap PDB nasional sebesar 4,48 persen atau meningkat sebesar 0,49 persen.

“Saya atas nama pemerintah Kabupaten Kuansing, meminta seluruh koperasi di Kabupaten Kuansing agar melakukan RAT, sehingga semua koperasi menjadi sehat. Saya berharap agar terjadi sinergi positif antara upaya yang dilakukan oleh gerakan dan pemerintah, sehingga koperasi menjadi kuat dan mampu meningkatkan perannya dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan”, kata Bupati Mursini membacakan sambutan Menteri Koperasi dan UMKM dalam upacara bendera, Senin (22/10/2018).

Adapun Nama Koperasi Berprestasi Tingkat Kabupaten Kuansing Tahun 2018 Kelopak KUD adalah KUD Setia Kawan Desa Suka Damai, KUD Makmur Sei. Sirih, KUD Makarti Sei.Keranji, KUD Bina Karya Desa Bukit Raya, KUD Tani Sepakat Koto Baru.

Sedangkan Kelompok Koperasi lain-lain yang juga prestasi adalah KSP Sejahtera Lubuk Jambi, KSP Budi Daya SMPN 1 Teluk Kuantan, Kopssyah Al-fajar Simpang Tiga, KPRI Cemerlang SMPN 6 Teluk Kuantan, dan KPRI SMPN 1 Cerenti. (*)

Laporan  : Roder/rls

Editor     : Indra H Piliang

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close