268 Peserta Ikuti Lomba Layang-Layang Dan Gasing Tahun 2013

Published in KARIMUN
Written by  19 March 2013
Rate this item
(0 votes)

  images/culun.jpg

Tampak, Wakil Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq akan melepaskan gasing tanda dibukanya lomba layang-layang dan gasing tahun 2013 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kab. Karimun.

 

KARIMUN   (karimuntoday.com) - Wakil Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq secara resmi membuka lomba layang-layang dan gasing tahun 2013 Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, Selasa (19/3) sekitar pukul 14.30 WIB.

Sekretaris Dinas Pariwisata Seni dan Budaya (Disparsenibud) Kabupaten Karimun sekaligus ketua panitia pelaksana omba layang-layang dan gasing tahun 2013, H. Zamri dalam laporanya menyampaikan, perlombaan ini akan berlangsung selama lima hari sejak 19/3 sampai 23/3 yang dipusatkan bertempat di lapangan sepak bola Desa Sungai Unggar, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun."Ujarnya.

Dalam lomba even tahunan ini diikuti sebanyak dua ratus enam puluh delapan dengan rincian, dua ratus lima puluh peserta layang-layang dan delapan belas regu gasing. Bagi pemenang dalam lomba ini akan mendapatkan piala, trophy serta uang pembinaan."Terang Zamri.

Adapun tujuan dilaksanakan lomba ini untuk melestarikan ragam budaya nusantara khususnya budaya melayu yakni gasing dan layang-layang.

Pada laporanya Zamri menyebutkan, bagi juara satu dari perlombaan layang-layang nantinya akan menjadi utusan peserta dari Kabupaten Karimun untuk mengikuti even "Tamadun Melayu 2013" tingkat Provini Kepri yang dijadwalkan pelaksanaanya pada bulan September mendatang bertempat di Kota Batam sebagai tuan rumah."Paparnya.

Sementara itu Wakil Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq dalam sambuatanya mengatakan, perlombaan gasing dan layang-layang merupakan hazanah budaya tradisi masyarakat melayu. Maka dari itu sangat wajib dilestarikan sepanjang masa kemudian ditumbuhkembangkan terus menerus.

"Kita harapkan kegiatan perlombaan semacam ini dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat khusus didalam melestarikan hazanah budaya tradisi masyarakat melayu."Pintanya dengan sangat.

Lanjut Rafiq lagi, bagi peserta yang belum meraih kemenangan dalam perlombaan teruslah budayakan serta melestarikan kegiatan pertadingan layang-layang seperti ini, sehingga pelombaan budaya melayu bisa dimasyarakatkan."Ungkapnya.

Pembukaan lomba layang-layang dan gasing tahun 2013 ini dihadiri juga Ketua DPRD Karimun, R. Bahktiar, Kepala Kantor Pemuda dn Olahraga (Kanpora), Umar, Sekretaris Bappeda, Basori, Camat Kundur, Umar Said, Kapolsek Kundur, Kompol. Ade Kuncoro dan masyarakat setempat.

Usai pembukaan acara dilanjutkan permainan gasing dan layang-layang oleh Wakil Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq bersama tamu undangan yang hadir kemudian diteruskan pertandingan eksibisi untuk lomba gasing kemudian foto bersama. (nov.k)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Canggai Putri

KALENDER BERITA

« October 2014 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31    
DISPENDA KARIMUN