humas karimun

Organisasi Wanita Kabupaten Karimun Ikuti Penyuluhan HIV-AIDS

Published in KARIMUN
Written by  29 March 2013
Rate this item
(0 votes)

images/hiv.jpg

Wakil Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq mengalungi tanda peserta kepada perwakilan peserta penyuluhan HIV-AIDS tahun 2013 didampingi Kaban KB, PPPA Kabupaten Karimun, Dra Rosmawati(baju hitam selendang warna merah).(photo Novel.K).

 

KARIMUN (karimuntoday.com) - Bertempat di meeting room Hotel Alisan  Jalan Raja Usman Tanjung Balai Karimun, Badan Keluarga Berencana (KB ), Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Karimun menggelar "Penyuluhan HIV-AIDS" kepada Organisasi Wanita Kabupaten Karimun tahun 2013, Rabu (27/3) pukul 08.30 WIB.

Kepala Badan Keluarga Berencana (KB ), Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Karimun, Dra Rosmawati dalam laporanya menyampaikan, penyuluhan HIV-AIDS tahun ini diikuti sebanyak 120 orang peserta terdiri dari, Orgaisasi Jalasnastri, Adiatsa Dharma Karini, Dharma Wanita, Persitkartika Candra Kirana, Muslimah, BKMT Kabupaten dan Kecamatan, Tim Penggerak PKK yang tergabung dalam Organisasi Wanita Kabupaten Karimun."Ujarnya.

Pelaksanaan penyuluhan dilakukan selama satu hari dengan pembiyaan Rp 100 juta dari APBD Kabupaten Karimun tahun 2013 serta menghadirkan tiga orang narasumber yakni, Komisi Penanggulangan AIDS Karimun (KPAK), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan satu orang ustadz kondang dari Kota Batam, Ustadz Candra."Ungkap Rosmawati.

Lanjutnya lagi, penyuluhan ini juga diadakan dialog interaktif dari masing-masing peserta dengan narasumber."Dalam dialog interaktif peserta bertanyalah apa itu HIV-AIDS dan apa keterkaitan penyakit tersebut dengan agama."Tuturnya.

Diharapkan setelah mengikuti peenyuluhan ini tiap-tiap peserta dapat menyampaikan dan juga mengiplementasikan kepada keluarga terdekat, tetangga sekitar serta menyampaikan kepada anggota-anggota didalam organisasi ibu-ibu tersebut."Pinta Rosmawati.

Sementara itu Wakil Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq dalam sambutanya mengatakan, rangakaian kegiatan-kegiatan dan juga penyuluhan melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Dinas serta Badan di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun bertujuan untuk mensuskeskan berbagai program-program yang telah dicanangkan pemerintah dan juga termasuk mensuskeskan program Millennium Development Goals (MDGs) yang harus tercapai pada tahun 2015 mendatang secara nasional."Ungkapnya.

Penyuluhan HIV/AIDS seperti dilaksanakan hari ini dan juga tentang bahaya Narkoba bagi generasi muda salah satu program (MDGs). Dari delapan program (MDGs) sudah ada beberapa program yang tercapai bahkan angka pencapaian untuk nasional didaerah Kabupaten Karimun cukup baik."Ungkapnya lagi.

Menurut Rafiq, dilibatkanya Organisasi Wanita yang menjadi objek di penyuluhan seperti ini dikarenakan kaum ibu-ibu lebih memiliki perhatian dan kepedulian didalam pembinaan kelaurga d kepada dan juga bimbingan kepada anak-anak, sebab ibu-ibu sangat dekat dengan keluarga maupun anak-anaknya.

Disamping itu kegiatan penyuluhan seperti ini bagian dari wujud membantu pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan daerah. Mengapa dikatakan demekian, apa yang terjadi dengan penularan penyakit HIV/AIDS di daerah ini sangat mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat, apabila sudah ada masyarakat yang tertular dan ketergantungan dengan berobat sudah pasti didalam keluarga itu yang menanggung penderitaanya diantaranya penderitaan dari sisi biaya."Paparnya.

Pada kesempatan ini Rafig menyebutkan, penyakit HIV/AIDS bukan hanya lagi diderita oleh pekerja seks komersial (PSK) akan tetapi sudah merambah kerumah tangga. Diharapkan dalam penyuluhan ini peserta dapat memahami secara baik dan diharapkan juga peserta lebih banyak bertanya kepada narasumber, jangan merasa segan dalam bertanya sehingga dalam mengikuti penyuluhan bisa bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga maupun orang lain."Pungkas Rafiq.   (nov.k)

 

 

Canggai Putri

KALENDER BERITA

« August 2014 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
DISPENDA KARIMUN