KANDISRIAUSIAK

Ponpes Sarat Prestasi Jabal Nur Kandis Kembali Buka Pendaftaran Bagi Santriwan/Santriwati Baru

KARIMUNTODAY.COM KANDIS, SIAK – Pondok Pesantren (Ponpes, red) Jabal Nur yang beralamat di Kelurahan Simpang Belutu Kecamatan Kandis Kabupaten Siak Provinsi Riau, Indonesia dibawah payung Yayasan Jabal Nur Taqwallah, berdiri pada 28 Oktober 2001 atau 18 tahun lalu.

Ponpes Jabal Nur didirikan oleh Almarhum KH Muhammad Ali Muchsin SK yang merupakan sosok seniman Kaligrafi Al Qur’an kontemporer Provinsi Riau sekaligus mantan TKS BUTSI A.XIII Provinsi Riau 1981 – 1984 Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Awalnya, tepat pada 01 Juni 2004 lalu,

Ponpes Jabal Nur menerima Santri perdana sebanyak 36 Santri dan hingga kini Santri Ponpes Jabal Nur telah mencapai 900 Orang. Kemajuan ini dinilai signifikan dengan prestasi yang kerap diraihnya. “Prestasi yang paling anyar oleh Ponpes Jabal Nur adalah berhasil memperoleh juara umum penegak se Sumatera pada perkemahan akbar LP3 di Ponpes Nurul Hidayah Bengkalis,” ungkap Ustadz Robithoh Alamhadi Faisal SHi MH, Pimpinan Ponpes Jabal Nur.

Sebagai lembaga jiwa Taqwallah, hingga kini Ponpes Jabal Nur terus berbenah diri dalam upaya membangun anak bangsa yang berjiwa Taqwallah sebagai calon pemimpin masa depan dengan terus meningkatkan Insfratruktur, sistim pendidikan, struktur pengurus, struktur keilmuan dan struktur kurikulum sesuai tujuan yang dituangkan dalam Visi dan Misi Ponpes Jabal Nur sendiri.

“Santri Ponpes Jabal Nur akan terus berlomba-lomba dan tidak ingin kalah dengan ekstrakurikuler lain seperti Olahraga, Seni, LPTQ hingga Beladiri untuk dapat mengukir prestasi. Semoga Fastabiqul Khairat ini dapat membawa Santriwan-santriwati Ponpes Jabal Nur menjadi Pemimpin-pemimpin masa depan yang tidak hanya agamis melainkan juga memiliki talenta-talenta yang luar biasa,” tambah Ustad Robithoh.

Ponpes Jabal Nur yang juga merupakan salah satu Icon Kecamatan Kandis memang telah banyak memberikan prestasi bagi wilayah Kabupaten Siak bahkan Provinsi Riau. Dalam sistem Pendidikan, Ponpes Jabal Nur menggunakan sistem perpaduan Pesantren Salafiyah dan Al-hadist (Modern, red), sistem yang diterapkan adalah sistem Pendidikan Formal, non formal dan kemasyarakatan dan menggunakan kurikulum perpaduan antara kurikulum kementerian agama dan Pesantren.

“Untuk pendaftaran Santriwan-santriwati gelombang pertama, telah kita buka tepatnya pada 1 Februari lalu hingga 26 April 2019 dengan proses seleksi materi ujian lisan juga ujian tulis. Untuk gelombang kedua, Insya Allah pada 26 April hingga 22 Juni 2019,” tutur Ustad Robithoh kembali.

Dengan program keunggulan seperti Kajian kitab kuning (Diniyah), Karya Ilmiah, Muhadoroh (pidato 3 bahasa, red), penguasaan aktif bahasa Arab dan Bahasa Inggris, Leadership kepemimpinan organisasi, latihan Khotib dan Imamah, Mikro Teaching, Life Skill, Super Camp, Jurnalistik, Study Tour dan pegelaran pentas seni, diperkirakan animo masyarakat akan membludak sebagimana perkiraan oleh Camat Kandis yang notabene merupakan Camat peduli pendidikan.

“Mutu Pendidikan Ponpes Jabal Nur terbukti baik dan bagus, hingga kini para santri aktif mengikuti setiap event baik tingkat Kecamatan, Kabupaten juga Provinsi bahkan dengan perolehan prestasi disetiap event yang membanggakan. Saya sendiri memperkirakan bahwa animo masyarakat pada tahun ini akan semakin meningkat dibanding tahun lalu,” tutur Irwan Kurniawan S Sos MM.(*)

Laporan  : (Fuji Efendi)

Editor      : Indra H Piliang


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close