PADANGSUMBAR

Rakor Sinergitas dan Sukses USBN Pendidikan Agama Islam (PAI) Lahirkan Kesepakatan

KARIMUNTODAY.COM, PADANG  — Dalam rangka mengimplementasikan Peraturan Pemerintah (PP) No 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, maka Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kanwil Kemenag Sumbar menggagas Kegiatan Koordinasi Persiapan Pelaksanaan USBN Pendidikan Agama Islam (PAI) Tahun 2019 selama tiga (3) hari di Hotel Rangkayo Basa.

Kegiatan ini melibatkan 100 orang peserta yang terdiri dari Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Provinsi Sumbar, Kasi di Dinas Pendidikan Kab/Kota, Kasi PAI Kemenag Kab/Kota, perwakilan MGMP/KKG PAI dan utusan Pokjawas PAI se-Sumatera Barat Kasi PAI Kanwil Kemenag Sumbar, Jhon of Rizal One, menyampaikan laporannya dihadapan Kakanwil yang diwakili Kabag TU, H. Irwan, bahwa tujuan diadakannya kegiatan koordinasi ini agar bisa mengajak Dinas Pendidikan sepakat dalam beberapa hal. Pertama, mengkoordinasikan bisa atau tidak penggunaan master soal yang telah dihimpun atau disusun team Kanwil Kemenag Sumbar untuk ujian USBN tahun 2019 ini.

Kedua, demi menghindari kebocoran soal dan hal lainnya, maka akan dikoordinasikan juga tanggal pelaksanaan ujian USBN PAI serentak baik di tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MAN. Jhon juga menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar atau yang mewakili, Guru Besar UIN Imama Bonjol yang juga Ketua MUI Kota Padang dan beberapa pihak terkait untuk memotivasi kebulatan tekad dalam koordinasi ini demi mencapai kesuksesan USBN mendatang.

Mengawali sambutannya, Minggu (17/2/2019), Kakanwil mengucapkan terimakasih atas kehadiran peserta dalam penyelenggaraan USBN khususnya Dinas Pendidikan Provinsi dan Kab/Kota. Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada bidang PAKIS yang telah menyelenggarakan kegiatan luar biasa ini karena tanpa adanya koordinasi yang lebih awal dan efektif tentu akan menjadi sandungan dalam meraih kesuksesan yang maksimal sebagaimana temanya,

“Sinergitas dan Sukses USBN PAI 2019.” “Semoga kegiatan ini bisa menghasilkan kesepakatan yang berguna demi kemajuan dunia pendidikan khususnya PAI untuk seluruh satuan pendidikan dan memperkuat lagi kebersamaan serta kekompakkan di masa yang akan datang sehingga PAI bisa terselenggara dengan lebih baik lagi dan terciptalah generasi yang cerdas, berakhlak serta agamis,” harap H. Irwan mengakhiri sambutannya.

Senada dengan Kabag TU, dihari berikutnya, Kabid Pakis, H. Kardinal N mengatakan bahwa kalau pendidikan agama terselenggara dengan baik maka terciptalah generasi muda yang cerdas dan agamis yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur.

“Tidak akan ada lagi tauran antar siswa, tidak ada lagi corat-coret baju merayakan kelulusan dan banyak lagi hal negatif lainnya yang akan berkurang,” tambahnya.

Menurut pantauan humas di lapangan, kegiatan koordinasi ini menghasilkan kesepakatan yang diinginkan semua pihak yang terlibat. Kesepakatan pertama, pelaksanaan USBN PAI serentak untuk seluruh tingkat satuan pendidikan mulai SD/MI hingga SMA/SMK.

Adapun tanggal pelaksanaannya, USBN untuk tingkat SMA/SMK dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2019, untuk tingkat SMP/MTs dilaksanakan pada tanggal 8 April 2019 dan untuk tingkat SD/MI dilaksanakan tanggal 25 April 2019.

Dalam acara tersebut juga disepakati akan memakai master soal yang telah disusun oleh team yang dibentuk Kanwil Kemenag Sumbar. Hal ini ditandai dengan penyerahan master soal secara simbolis kepada perwakilan dari staff Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat oleh Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri.(rel inmas)

Laporan  : Wahyu Uliadi

Editor      : Indra H Piliang


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close