JAWA TENGAH

Ratusan Siswa Mengikuti Try Out Berbasis Komputer di MTS Negeri 1 Grobogan

KARIMUNTODAY.COM, GROBOGAN –  Ratusan siswa siswi SD/Mi/ di Grobogan,Jawa Tengah,Minggu Siang (14/4) mengikuti Try Out Berbasis Komputer yang diselenggarakan MTS  Negeri 1 Grobogan. Try Out Ini dilakukan selain untuk memperkenalkan para siswa tentang ujian berbasis komputer,juga untuk menjaring para siswa yang berprestasi untuk masuk ke MTS Negeri 1 Grobogan.

Sekitar 400 Siswa Siswi SD dan Mi di Grobogan,Jawa Tengah, Minggu siang (14/4) mengikuti Try Out Soal Ujian Berbasis Komputer di MTS Negeri 1 Grobogan.  Dengan diantar orang tua siswa/ para siswa memasuki ruang ujian try out yang telah dipersiapkan oleh panitia. Para siswa pun nampak sedikit mengalami kesulitan dalam mengoperasikan laptop dan komputer yang disediakan panitia,karena baru pertama kali mengikuti ujian berbasis komputer. Meski begitu para siswa nampak antusias mengerjakan 45 soal yang disediakan panitia dan mengkuti try out hingga selesai.

“ Agak sulit saat mengoperasikan komputer,karena baru pertama kali ini,” ucap Wildan salah satu pesrrta asal SD Klampok Godong.

Demikian halnya Putri, siswi asal SD Kunjeng Gubug, mengaku agak sedikit mengalami keslulitas,meskipun pernah mengoperasikan komputer saat disekolah.

“ Ya sulit saat pertama login, kan baru pertama ujian pakai komputer,” terang Putri

Menurut Edi Sutopo,MPd, Ketua  Panitia Try Out mengatakan, Try Out yang dilakukan selama satu hari ini berjalan lancar,hanya terkendala para peserta SD dan MI yang belum terbiasa menggunakan komputer. Namun dengan pendampingan dari pihak pantia MTS Negeri 1 Grobogan, kendala tersebut mudah diatasi dan peserta bisa menyesuaikan dengan perangkat komputer yang baru dikenal dan bisa mengerjakan soal dengan baik.

“Secara umum tidak ada kendala,hanya  para peserta SD da MI yang belum terbiasa menggunakan komputer sehingga agak kesulitan. Tapi dengan pendampingan dari pengawas dan guru disini,semua bisa diatasi dan peserta bisa mengerjakan dengan baik,” ujar Edi

Sementara itu, menurut Moh Muchlis,MPd.I, Kepala MTS Negeri 1 Grobogan mengatakan,  try out berbasis komputer  ini dilakukan sebagai sarana untuk melatih anak untuk mempersiapkan diri mengahadapi ujian SD dan MI pada 22 april mendatang. Selain persiapan materi, yang diharapkan dengan try out ini anak-anak bisa terlatih dan mudah dalam mengikuti seleksi di Mts Negeri 1 Grobogan yang rencananya akan dilakukan dengan ujian berbasis komputer.

“ Try out sudah setiap tahun dilakukan. Tujuan dari try out ini ,pertama sebagai sarana silaturahmi anak SD dan MI agar dekat dengan MTs Negeri 1 Gobogan. Kedua,sebaa=gai pemetaan kualitas dan mutu di MI dan SD sekitar madrasah diharapkan sebagai pemacu untuk peninggkatan mutu  masing-masing sekolah. Dengan nilai yang diperoleh SD dan MI bisa mengetahui peringkat berapa SD dan MI tersebut. Ketiga, sebagai ajang latihan anak-anak agar saat pelaksanaan ujian dengan komputer dalam seleksi masuk MTS bisa terbiasa dengan baik karena semua kegiatan ujian akhir di MTs semua menggunakan komputer. Dengan adanya try out ini bisa memperlancar saat ujian akhir madrasah,” terang Kepala Madrasah.

Bagi anak anak peserta try out yang memperoleh peringkat satu hingga enam besar, pihak MTS Negeri 1 Grobogan akan memberikan hadiah ala kadarnya untuk memotivasi belajar anak. Sementara bagi peserta dengan perolehan nilai peringakt satu hingga sepuluh besar akan langsung diterima masuk di MTS Negeri 1 Grobogan. (*)

Laporan  : Nurulyadi

Editor      : Indra H Piliang

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close