JAWA TENGAHNUSANTARAPERISTIWA

Rebutan Gunungan Tradisi Tahunan Sebagai Ajang Promosi Wisata di Grobogan Jateng  

 

KARIMUNTODAY.COM,GROBOGAN – Ribuan warga dari berbagai daerah,kamis pagi(9/8) berebut 12 gunungan yang terbuat dari hasil bumi di sebuah tempat wisata Bukit Pandang Jatipohon, Grobogan,Jawa Tengah. Acara tersebut digelar selain dalam rangka sedekah bumi,kegiatan tersebut juga untuk mempromosikan tempat wisata milik desa.

Sebanyak 12 Gunungan yang dibawa oleh 12 Kepala Dusun yang menjadi simbol desa menjadi rebutan ribuan warga setelah diarak berkeliling desa. Warga yang sudah menunggu berjam-jam tersebut hanya ingin memperoleh gunungan yang diyakini warga membawa berkah. Al hasil, gunungan yang terbuat dari hasil bumi,seperti sayuran, dan palawija hasil panen petani tersebut pun habis menjadi rebutan.

Ngatini salah satunya, warga asal Pati ini datang jauh-jauh hanya ingin mendapatkan gunungan yang diarak keliling desa tersebut. Kali ini ia mendapat sayuran saat turut berebut gunungan. “ Dapat mas,sayuran,ini mau saya bawa pulang untuk dimasak,sebagian ditanam biar mendapat berkah,” ungkapnya.

Sebelum diperebutkan, gunungan tersebut diarak sambil diiringi berbagai atraksi seperti drum band,tari reog,dan berbagai kesenian tradisional.

Menurut Eny,Kepala Desa Jatipohon,mengatakan tradisi ini merupakan tradisi tahunan sebagai bentuk syukur atas hasil panen warga yang melimpah. Selain itu kegiatan ini juga sebagai ajang promosi obyek wisata yang ada didesa. “ Ini kegiatan sebagai bentuk syukur karena diberi hasil panen yang melimpah,sekaligus untuk promosi wisata yang ada di desa,” jelas Eny.(*)

Laporan   : Nurulyadi

Editor       : Indra H Piliang


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close