KUANSING

Sebanyak 10.268 Penerima Program Keluarga Harapan di Kabupaten Kuansing

 

KARIMUNTODAY.COM,TELUK KUANTAN – Kepala Bidang Jaminan Sosial, bencana dan rehabilitasi sosial, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kuantan Singingi Irhandi, S.Sos melalui Kepala Seksi Linjamsos Adia Mirtajaya, S.PKP, MMA menjelaskan tentang komponen dalam pelaksanaan Program Keluarga Harapan(PKH) diruang kerjanya, Selasa (4/08/2018).

Selanjutnya, Adia menuturkan Program Keluarga Harapan adalah program nasional berupa bantuan sosial bersyarat. Dimana syaratnya peserta PKH harus memiliki salah satu dari 5 komponen PKH yaitu Ibu Hamil, Anak Usia Sekolah, Balita, lansia dan Disabilitas.

Lebih lanjut, Kasi Dinsos Adia menyampaikan Penetapan peserta PKH oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia berdasarkan Data Base Terpadu 2015 yang selanjutnya akan di verifikasi oleh Pendamping PKH. Sampai saat ini peserta PKH yang masih menerima PKH (Illigible) sebanyak 10.268 Keluarga Penerima Manfaat, angka ini akan terus berkurang sesuai dengan keadaan penerima PKH, baik karena sudah ada yang mampu, pindah, meninggal atau tidak ada salah satu komponen yang dipersyaratkan.

Selain itu, Adia mengungkap tentang PKH, dimana peran SDM PKH yang saat ini berjumlah 57 orang terdiri dari 1 orang koordiantor kabupaten, 3 orang operator dan 53 orang pendamping sosial pkh, khusus peran pendamping sosial pkh pada saat melaksanakan pendampingan maupun verifikasi sering menjumpai masalah masalah sosial yang perlu diperhatikan, seperti ada anak putus sekolah, ada penyandang disabilitas yang belum mendapat perhatian, hasil dilapangan ini sering ditindak lanjuti Bidang Jaminan Sosial, bencana dan rehsos melalui iuran dan sumbangan dari pihak yang peduli dan dicarikan solusinya.

Terakhir, Adia menegaskan, terhadap data kemiskinan, Pendamping Sosial PKH tidak bertugas sebagai pendata, Pendamping Sosial PKH hanya memverifikasi dan memvalidasi data yang ada khususnya terhadap calon peserta PKH yang ditunjuk Kementerian Sosial Republik Indonesia, termasuk me non illigiblekan Penerima PKH Jika terdapat peserta PKH yang tidak memiliki salah satu komponen sebagaimana disampaikan diatas. (*)

Laporan    : Lidia Ningsih

Editor        : Indra H Piliang


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close