BATAM

Sebelum Berlayar Mengarungi Dunia 100 Hari, Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) Singgah di Kota Batam

 

KARIMUNTODAY.COM,BATAM – Sebelum meneruskan pelayaran keliling dunia menuju Rusia, Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) dalam misi ‘Operasi Kartika Jala Krida Luar Negeri 2018’ menggunakan KRI Bima Suci, singgah ke Kota Batam, selama tiga hari Selasa (7/8/2018) – Kamis (9/8). Mereka menyempatkan diri berkunjung ke Pemerintah Kota Batam, yang diterima oleh Wakil Walikota Amsakar Achmad, kemarin.

Pimpinan rombongan, Mayor Laut Elektro Fajar Sarwoko mengungkapkan rombongan tiba di Batam dengan Kapal Republik Indonesia (KRI) Bima Suci. Pelayaran menuju Rusia dan Korea Selatan berlangsung mulai 2 Agustus hingga 9 November 2018. Lama pelayaran 100 hari, meliputi 77 hari di luar negeri dan 23 hari di dalam negeri.

 “KRI Bima Suci akan menempuh jarak 11.187 mil laut dengan rute Surabaya – Batam – Zhanjiang (China) – Yeosu (Korea Selatan) -Vladivostok (Rusia) – Qingdao (China) – Yokosuka (Jepang) – Jeju (Korea Selatan) – Manila (Filipina) – Bitung – Surabaya,”kata nya dalam kunjungan ke Pemko Batam tersebut.

Menurutnya, Komandan KRI Bima Suci dan sejumlah perwira, bintara, dan kadet AAL akan melaksanakan kunjungan kehormatan kepada petinggi kota, gubernur, instansi pemerintahan dan satuan militer negara-negara sahabat yang dikunjungi. Selama pelayaran, para personil TNI-AL pengawak KRI Bima Suci juga menyiapkan diri dalam ansambel musik Band Duta Samudera dan Brass Band. “Khusus untuk kadet Akademi TNI AL akan melaksanakan kirab kehormatan di kota-kota yang dikunjungi berupa pergelaran marching band Genderang Suling Taruna Akademi TNI AL.

Selama di Batam, TNI-AL akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk menginformasikan Akademi Angkatan Laut (AAL). Selain itu, jelasnya, masyarakat juga diberi kesempatan untuk melihat langsung KRI Bima Suci yang bersandar di Pelabuhan Batuampar, Kecamatan Batuampar, Kota Batam.Pihaknya berharap melalui kunjungan ini dapat menambah wawasan kepada taruna tentang tempat-tempat yang ada di Kota Batam.

Atas kunjungan Taruna TNI AL ke Pemko Batam, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengucapkan terimakasih. Ia menyambut baik niat Taruna TNI yang akan melakukan sosialisasi ke sekolah yang ada di kota Batam. Ia berharap melalui sosialisasi ini dapat menumbuhkan minat siswa SMA di Kota Batam.

Dalam kesempatan itu sepintas Amsakar menjelaskan tentang Kota Batam yang berdekatan dengan Singapura dan Malaysia. “Saya paling risau soal narkoba. Alhamdulillah Pemko Batam bersama dengan BNN Kota Batam selalu turun ke sekolah untuk sosialisasi bahaya narkoba. Selain itu, persoalan lain yang dihadapi tindak pidana penjualan orang dan TKI illegal. Ini menjadi resiko daerah yang berdekatan dengan negara luar,”jelasnya dihadapan Kadet AAL. (*/helmi ridar)

 editor : indra h piliang

 sumber : media center

 

 

 


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close