PAYAKUMBUHSUMBAR

Sentra Rendang Payakumbuh Diresmikan Presiden, Maret 2019

 KARIMUNTODAY.COM, PAYAKUMBUH  — Presiden dijadwalkan akan meresmikan Sentra Industri Rendang Payakumbuh di kawasan Padang Kaduduak, Kecamatan Payakumbuh Utara. Hal itu diungkap, Rustandi dari Asisten Deputi Kemenko Perekonomian RI saat bertemu Walikota Payakumbuh, Riza Falepi Rabu (20/02/2019) pagi.

Pertemuan berlangsung di ruang kerja Walikota Payakumbuh, Eks. Lapangan Poliko. “Kami ditugaskan untuk mengetahui kondisi UKM Rendang baik sentra maupun kampung rendang Payakumbuh. Kami diminta memetakan jumlah UKM, bagaimana kiprah Pemda dalam membina dan apa kendala pada pelaku usaha,” ungkap Rustandi.

Dikatakan, hasil kunjungan akan dilaporkan kepada pimpinan sebagai bahan persiapan saat Presiden berkunjung ke Kota Payakumbuh pada Maret mendatang. Dikatakan, pihaknya menerima informasi positif terkait perkembangan UKM rendang Payakumbuh yang tengah bergerak maju.

“Kunjungan ini menjadi bagian dari rencana kami di Kemenko Perekonomian yang akan menjadikan sentra dan UKM Rendang Payakumbuh sebagai pilot project Pengembangan UMKM di Indonesia,” ujar Rustandi.

Walikota Payakumbuh menyambut baik rencana kedatangan Presiden RI tersebut. Selaku penyelenggara pemerintah didaerah, penyambutan kedatangan presiden akan dipersiapkan dioptimalkan mungkin. “Sebuah kehormatan bagi kami jika presiden berkenan berkunjung ke Payakumbuh. Apalagi rencana menjadikan sentra rendang Payakumbuh sebagai pilot project pengembangan UMKM di Indonesia. Tentu akan kami persiapan sebaik mungkin,” kata Riza Falepi.

Riza optimis industri rendang Payakumbuh akan semakin maju dengan diresmikannya sentra rendang. Menurut data Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, saat ini terdapat 37 usaha rendang yang tersebar di lima kecamatan yang ada. 40,5 persennya berada di Kecamatan Lamposi Tigo Nagori. Hal tersebut ditunjang oleh keberadaan Kampung Rendang di Kelurahan Sungai Durian.(*/r)

Laporan   : Wahyu Uliadi

Editor       : Indra H Piliang


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close