SUMBAR

Anggota DPRD Taufik Hidayat Minta Pemprov Sumbar Perhatikan Nasib Nelayan

KARIMUNTODAY.COM, PADANG – Anggota DPRD Sumatera Barat Taufik Hidayat meminta Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memperhatikan nasib nelayan dengan cara meningkatkan kemampuan mereka dalam menangkap ikan. “Nelayan belum mendapatkan kesejahteraan dikarenakan berbagai hal dan pemerintah harus serius untuk menyejahterakan mereka,” kata dia.
Menurut dia nelayan bukanlah menjadi pekerjaan yang mampu menyejahterakan masyarakat pesisir. Hal ini disebabkan karena dua hal, pertama sumber daya manusia nelayan yang rendah menyebabkan mereka tidak dapat optimal menangkap ikan di laut. Logikanya dengan laut yang luas tentu membuat hasil tangkapan mereka juga banyak namun karena rendahnya sumber daya manusia membuat kesejahteraan yang diimpikan tidak kunjung tercapai.
“Pemerintah harus hadir memberikan solusi bagi nelayan untuk dapat bekerja dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik,” katanya.
Menurut politisi Partai hanura itu sekolah pelayaran dan kelautan harus diperbanyak terutama bagi anak-anak pesisir sehingga mereka dibekali ilmu dan teori tentang perikanan dan kelautan. “Banyaknya sekolah pelayaran tentu secara perlahan akan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang laut,” ujar dia.
Persoalan kedua, lanjutnya masyarakat masih menggunakan alat tangkap tradisional sehingga membuat hasil yang mereka dapat terbatas. Perlu dilakukan modernisasi alat tangkap nelayan agar dapat meningkatkan perekonomian mereka Program ini perlu dilakukan secara berkelanjutan agar daya jelajah nelayan menjadi luas dan hasil tangkap yang memuaskan.
Alat tangkap tradisional tentunya membuat hasil tangkap mereka terbatas dan tidak bertambah. “Terkait perizinan, pemerintah hendaknya memudahkan mereka dalam pengurusan izin, tidak perlu harus datang ke Jakarta. Ini harus segera dilakukan agar kehidupan nelayan semakin baik ke depannya,” kata dia.
Laporan : Zul
Sumber : Hms sumbarprov

 


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close