NATUNA

Tim Kolat Koarmada I Jakarta Lakukan Uji Trampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Lanal Ranai

 

KARIMUNTODAY.COM, NATUNA – Tentara Nasional Indonesia (TNI-AL) menggelar kegiatan uji terampil Glagaspur pangkalan tingkat 1/P1 dan Tingkat 2/P2 di Pangkalan TNI AL Ranai. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun, oleh Tim Uji Terampil personel pengawak Organisasi Komando Latihan Armada I (Kolat Koarmada I) Jakarta.

Hadir dalam Acara pembukaan Galadi Tugas tempur Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan beserta perwira Staf Lanal Ranai serta Tim dari Kolat Koarmada I sebagai Katim Mayor Laut (P) Nugroho Putro Suwarwanto beserta 5 Personel Kolat Koarmada I lainnya.

Dalam sambutannya, Danlanal Ranai menyampaikan bahwa Lanal Ranai telah siap melaksanakan segala kegiatan yang akan diujikan oleh Tim Uji Terampil Kolat Koarmada I. Walaupun jumlah personel Lanal Ranai masih belum sesuai dengan Daftar Susunan Personel dan masih kurang, namun Lanal Ranai tetap siap untuk melaksanakan tugas tigas sebagai Pangkalan TNI AL.

Pada kesempatan yang sama, Katim Mayor Laut (P) Nugroho Putro Suwarwanto membacakan amanat Komandan Kolat Koarmada I, Kolonel Laut (P) Fauzi, antara lain mengatakan Penyelenggaraan Uji Glagaspur Pangkalan Tingkat 1/P-1 dan Tingkat 2/P2 merupakan salah satu fungsi Komando yang harus dilaksanakan guna menentukan tingkat kesiapan Pangkalan TNI AL.

“Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat 1/P-1 dititik beratkan pada kesiapan perorangan dan kelompok dalam menggunakan peralatan/persenjataan. Sedangkan Tingkat 2/P-2 merupakan kesiapan pangkalan dalam melaksanakan tugas secara bersama-sama baik secara teknis maupun taktis,”kata Nugroho.

Dijelaskan, setelah pembukaan dilanjutkan pelaksanaan Uji Terampil Gladi Tugas Tempur hari pertama berupa latihan Peraruran Baris Berbaris (PBB), Peraturan Militer Dasar (Permildas), Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Pemadaman Kebakaran (PEK) dan Uji Tulis beberapa materi. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh prajurit Lanal Ranai.

“Pada hari kedua tanggal 04 September 2018 dilaksanakan Uji Terampil Gladi Tugas Tempur dengan materi yang diujukan adalah Menembak (Laras Panjang dan Pistol) yang dilaksanakan di Lapangan Tembak Lanud Raden Sadjad Ranai, serta latihan renang laut yang dilaksanakan di Kolam Renang Ranai,”ujarnya.

Selain kegiatan yang dilaksanakan diatas, Tim Uji Terampil Glagaspur juga melihat dan menilai kesiapan unsur yang ada di Lanal Ranai, yaitu KAL Bungaran, KAL Sengiap dan KAL Panda yang sedang sandar di dermaga Posal Penagi Ranai. Siang harinya, sekitar 13.30 WIB dilaksanakan penutupan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat 1/P-1 dan Tingkat 2/P2 Pangkalan TNI AL Ranai.

Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan Uji Terampil di Lanal Ranai, sehingga Lanal Ranai dapat memperbaiki kekurangan agar ke depan dapat melaksanakan tugas tugasnya dengan baik.

Sedangkan Katim Mayor Laut (P) Nugroho Putro Suwarwanto menyampaikan bahwa Peningkatan kemampuan harus terus dipupuk dan dikembangkan secara terprogram dan terus menerus, bertingkat dan berlanjut, baik individu maupun di tingkat satuan.

“Sehingga tingkat kesiapsiagaan serta tingkat kemampuan prajurit di pangkalan dapat terpelihara dan terjaga, yang pada gilirannya dapat menunjang pelaksanaan tugas pokok Pangkalan,”harapnya. Seperti diketahui, Senin (3/9) pukul 08.00 WIB lalu diadakan pembukaaan Uji Trampil Glagaspur Pangkalan Tingkat 1/P1 dan Tingkat 2/P2 Pangkalan TNI AL Ranai, di ruang Rapat Puskodal Lanal Ranai dan berakhir Selasa (4/9) sore. (*/rls)

laporan : indra helmi

editor : helmi ridar

sumber : penerangan Lanal


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close