LINGGA

Usai Apel Gelar Pasukan Mantap Brata Seligi, Lingga Deklarasikan Pelaksanaan Pemilu Aman, Damai dan Sejuk Tahun 2019

 

KARIMUNTODAY.COM, LINGGA – Usai pelaksanaan apel gelar pasukan dengan sandi ‘Operasi Mantap Brata Seligi 2019’ di lapangan Merdeka Dabo Singkep, dilanjutkan dengan deklarasi Pemilu aman, damai dan sejuk di kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau. Acara ini ditandai dengan pembacaan deklarasi yang dibacakan Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni dihadapan peserta apel dan masyarakat negeri berjuluk Bunda Tanah Melayu itu.

Selesai pembacaan deklarasi dilanjutkan dengan Penandatanganan deklarasi oleh pejabat-pejabat di Lingga, diantaranya; Bupati Alias Wello, Ketua DPRD Riono, Ketua KPUD Juliati, Ketua Bawaslu Zamroni, Kapolres diwakili Wakapolres Lingga Kompol Ikhsan B. Syahroni dan seluruh Ketua Parpol pelaksana Pemilu 2019 di Kabupaten Lingga.

“Apel gelar pasukan Ops Mantap Brata Seligi 2019 selesai pukul 08.45 WIB dan dilanjutkan dengan kegiatan deklarasi pemilu aman, damai, dan sejuk tahun 2019 di kabupaten Lingga yang ditandai dengan pembacaan deklarasi, penandatangan deklarasi dan simulasi pengamanan pemilu 2019,”kata Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho kepada KARIMUN TODAY.COM, Kamis (20/9/2018).

Dijelaskannya, kegiatan simulasi dipimpin Kabag Ops Polres Lingga Kompol Rusdiantoro dengan skenario yang diperagakan imulai dari laporan tentang pelaksanaan simulasi, peragaan pengawalan salah satu caleg ke lokasi kampanye. Penanganan kerusuhan oleh Polres Lingga, pengawalan kota suara ke PPS oleh petugas Polri dan Linmas.

“Juga diadakan simulasi pengamanan perhitungan suara di PPK, penanganan unjuk rasa terkait hasil perhitungan suara dengan menurunkan Pleton Dalmas Awal Polres Lingga, pengamanan unjuk rasa di kantor KPU Lingga terkait tidak kepuasan massa atas keputusan KPU kabupaten Lingga,”ujarnya.

Selanjutnya, kata dia diadakan simulasi tentang peningkatan eskalasi keamanan dari hijau ke kuning adanya sekelompok massa yang melakukan unjuk rasa secara anakhis di kantor DPRD Lingga. Polres Lingga menurunkan pleton Dalmas lanjut dan pleton Rainmas serta didukung mobil watercanon.

“Penanganan kegiatan unjuk rasa berhasil dikendalikan Polres Lingga bekerja sama dengan Pleton Dalmas gabungan TNI-AL Dabo Singkep dan TNI-AD Koramil Dabo Singkep. Situasi kamtibmas di kabupaten Lingga berjalan aman dan kondusif,”bebernya. Joko menyampaikan, pada apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Seligi 2019 yang digelar di Lapangan Merdeka Dabo Singkep, Rabu (19/9/2018) itu, bertindak sebagai pimpinan apel Wakapolres Lingga Kompol Ikhsan B. Syahroni, sedangkan kabag Ops Polres Lingga Kompol Rusdiantoro ditunjuk sebagai perwira Apel. Untuk Komandan Apel Kasat Polairud Polres Ligga AKP P. Tarigan.

“Dengan susunan pasukan apel, pleton TNI-AD dan TNI-AL, Pleton Dalmas Polres Lingga, Pleton Bhabinkamtibmas Polres Lingga, Pleton Gabungan staf dan polsek jajaran Polres Lingga, Pleton satlantas Polres Lingga, Pleton Satreskrim, Satnarkoba dan satintelkam Polres Lingga, Pleton Satpol PP Pemkab Lingga, Pleton Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga dean pleton gabungan intansi,”ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Lingga Alias Wello, Ketua DPRD Lingga Riono, Danlanal Dabo Singkep diwakili Letda (Pomal) Wahyudi, Ketua KPU Lingga Juliati dan Komisioner KPU Lingga zulyadin, Ketua Bawaslu Lingga Zamroni, Kalapas Dabo Singkep Dewanto, Kepala kantor Imigrasi Dabo Singkep Bugie Kurniawan, SKPD/OPD Pemerintah Kabupaten Lingga, Danramil Dabo Singkep Kapten (TNI-AD) Rusdianto, Para Pawascam, para Ketua Parpol di Kabupaten Lingga. Tokoh agaman, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.(*)

laporan : indra helmi

editor : indra h piliang


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close