ANAMBASKEPRINATUNATANJUNG PINANG

Wabup Hj. Ngesti Rakor di Jakarta, Tindak Lanjut Tentang Roadmap Rencana Nominasi Geopark Kabupaten Natuna

 

KARIMUNTODAY.COM, NATUNA – Wakil Bupati Natuna Hj Ngesti Yuni Suprapti didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Erson Gempa, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Perwakilan Dinas PUPR dan BAPPEDA menghadiri undangan Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Roadmap Rencana Nominasi Geopark Natuna sebagai Geopark Nasional dan Global Geopark Network (GGN) – UNESCO yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI di ruang Rapat Kantin Diplomasi (Lt.2) Kementrian Luar Negeri Jalan Taman Pejambon Nomor.6 Jakarta Pusat, Rabu (8/8), kemarin.

 “Rapat kali ini bertujuan adalah untuk menindaklanjuti hasil kunjungan Forum Kajian Kebijakan Luar Negeri(FKKLN) ke Kabupaten Natuna dan kunjungan Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kementrian luar negeri di Batam terkait dengan rencana pengembangan kawasan Geosite Pulau Natuna menjadi Geopark Nasional dan Geopark UNESCO,”kata Hj. Ngesti dalam rilisnya yang diterima Karimuntoday.com, tadi.

 Ia mengatakan, pada rapat tersebut pihak Kementerian Luar Negeri (KEMENLU) RI menyampaikan bahwa, sebelumnya KEMENLU RI bersama dengan Badan Geologi Nasional – Kementrian ESDM telah mengadakan rapat terbatas dengan perwakilan dari Kementrian Koordinasi Bidang Maritim dan beberapa tenaga ahli Geopark dari kalangan akademisi serta perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Natuna di Bandung dalam rangka menyusun Roadmap Rencana Nominasi Geopark Natuna sebagai Geopark Nasional dan Global Geopark Network (GGN) UNESCO.

“Terkait dengan proses nominasi terdapat beberapa proses dalam roadmap yang perlu mendapat perhatian dan dukungan serta kerja sama dari Kementerian Lembaga (K/L), Pemerintah Propinsi dan Pemda terkait, serta partisipasi dari kalangan perusahaan (Business Community) dalam mendukung suksesnya pencanangan nominasi Geopark Natuna tersebu,”ujarnya.

Menurutnya, hal ini penting mengingat upaya pencanangan Nominasi geopark tersebut selain ditujukan untuk pengembangan pembangunan di wilayah Kepulauan Natuna juga secara Geopolitik ditujukan untuk memperkuat kedaulatan wilayah Kepulauan Natuna dan kedaulatan wilayah perairan maritim Indonesia di kawasan pulau-pulau terluar.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak KEMENLU RI, Tim FKKLN, Badan pengkajian dan pengembangan kebijakan (BPPK) dan Badan Geologi Nasional Kementrian ESDM serta pihak-pihak yang telah terlibat dalam Rencana pengembangan kawasan Geosite Pulau Natuna menjadi Geopark Nasional dan Geopark UNESCO serta berharap rencana pengembangan kawasan Geosite Pulau Natuna menjadi Geopark Nasional dan Geopark UNESCO dapat segera terwujud,”pungkas Hj. Ngesti mengakhiri. (r/helmi ridar)

 editor : indra h piliang

 sumber : humas pemkab


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close