BATAM

Wakil Gubernur Isdianto Harapkan Jaminan Sosial Harus Bisa Mensejahterakan Tenaga Kerja yang Ada di Kepulauan Riau

 

KARIMUNTODAY.COM, BATAM – Wakil Gubernur Kepri H. Isdianto meminta betul, persoalan ketenagakerjaan untuk benar-benar diperhatikan. Terutama menyangkut persoalan kesejahteraan dan jaminan sosial dari pekerja. Begitupun dengan jumlah kepesertaan pekerja agar bisa mengikutkan seluruh pekerja yang ada di Kepri. Baik itu pekerja penerima upah (PPU) maupun pekerja bukan penerima upah (BPU).

“Karena sesuai aturan, setiap pekerja baik sektor formal dan non formal, harus menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, ” jelas Isdianto saat menerima Kunjungan Kerja Komisi IX DPR-RI di Kantor Graha Kepri, Batam Center, Kota Batam, Selasa (16/10/2018).

Orang nomor dua di Kepri itu, juga menjelaskan bahwa untuk pekerja yang ada di Kepri, secara umum meski telah banyak yang menjadi peserta. Namun harus benar-benar telah dirasakan kemanfaatanya oleh pekerja. “Jangan sampai sebaliknya, “harapnya.

Karena untuk mewujudkan itu semua, menurut Isdianto, Pemerintah Provinsi Kepri telah mengeluarkan Pergub No 51 Tahun 2016 Tentang Perlindungan Tenaga Kerja Melalui BPJS di Provinsi Kepri. “Yang mana dari Pergub tersebut diharapkan bisa menjadi aturan tertulis sesuai payung hukum dan bisa dipedomani para pengusaha sebagai pemberi dan pekerja selaku penerima upah, menyangkut haknya dalam BPJS Ketenagakerjaan,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kunker Komisi IX DPR RI Saleh Daulay Partaonan Daulay menekanan pentingnya pihaknya turun melihat langsung melihat persoalan yang menyangkut kepesertaan para pekerja. Baik menyangkut jaminan sosial yang diterima hingga hak dari mereka selaku peserta. Termasuk apakah mereka selama ini telah ikut dan dan diikutkan ke dalam kepesertaan. Pun juga dengan para pengusaha apakah telah mengikutkan pekerjanya, dan bagaimamana pula dengan kepesertaan mandiri yang mereka membayar sendiri.

“Ini yang ingin digali lebih banyak dari kunjungan kita. Dan Batam, Kepulauan Riau adalah daerah yang pas, selain sebagai daerah industri juga letaknya yang berbatasan langsung dengan negara luar,”ungkapnya.

Hadir juga Ketua DPRD Provinsi Kepri Jumaga Nadeak, Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbar-Riau, Kadin Kepri, perwakilan dinas tenaga kerja kabupaten/kota se Provinsi Kepri dan hadirin undangan lainnya. (*/rls)

Laporan: Helmy Ridar

Editor  : Indra H Piliang


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close