KUANSINGRIAU

Wakil Ketua I DPRD Kuansing Resmikan Rumah Adat Suku Melayu Jurai Dubalang di Desa Koto Rajo

 

KARIMUNTODAY.COM, TELUK KUANTAN  – Bertempat di Desa Koto Rajo, Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing),Riau telah dilaksanakan Peresmian Rumah Adat Suku Melayu Jurai Dubalang yang diresmikan oleh Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kuansing, Sabtu(12/1/2019).

Peresmian Rumah Adat yang diikuti ratusan masyarakat serta dihadiri oleh Rajo, lembaga adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, camat, kades se Kenegerian Koto Rajo. Pada acara peresmian tersebut di awali dengan Persembahanan secara adat ( Berpantun) serta makan bersama.

Sardiyono,Waka I DPRD yang juga Ketua DPC Partai Berlambang kab’bah ini (PPP) dalam sambutanya mengapresiasi langkah pembangunan yang di jalankan oleh Adat Suku Melayu Jurai Dubalang yakni pembangunan rumah adat yang nantinya dapat menjadi pengembangan pariwisata dan kearifan lokal.

Selain itu dirinya juga mengatakan bahwasanya Kecamatan Kuantan Hilir Seberang pada tahun 2019 ini mendapatkan anggaran dari Pemerintah Daerah untuk pembangunan Rumah gonjong atau rumah Rajo dengan anggaran sekitar 200 juta.

“Dengan dibangunnya Rumah Adat Suku Melayu Jurai Dubalang Kenegerian Koto Rajo yang merupakan simbol jati diri masyarakat Kecamatan Kuantan Hilir Seberang mulai dieksplor. Dan bagi saya pribadi suatu kesyukuran tersendiri bahwa jati diri kita sebagai orang adat.” Ujar Sardiyono.

Dikesempatan yang sama Datuk Godang Suku Melayu Jurai Dubalan, Jamaril mengungkapkan apresiasi dengan kehadiran Waka I DPRD Kabupaten Kuansing yakni bapak Sardiyono yang nantinyan juga meresmikan rumah adat ini.

Dirinya juga mengatakan pembangunan rumah adat sebagai simbol persatuan dan kesatuan kebesaran Suku Melayu Jurai Dubalang yang harus dijaga, guna membangkitkan kembali potensi-potensi yang pernah dirintis oleh para pejuang terdahulu.

Dalam kesempatan terpisah Sumondo Suku Melayu Jurai Dubalang, Jasmadi menyambut baik dengan berdirinya rumah adat ini dan berharap masyarakat dapat menjadikan momen ini sebagai Permesatuan antar Suku khususnya Suku Melayu Dubalang.

Disisi lain pada hari yang sama, Sardiyono juga mengujungi puluhan masyarakat di salah satu rumah masyarakat Koto Rajo. Dalam hal ini Sardiyono juga mengatakan kepada masyarakat bahwa dirinya sebagai Waka I DPRD Kuansing selalu siap menampung keluhan dan aspirasi dari masyarakat yang bertujuan untuk membangun Kabupaten Kuansing,” Tutupnya (*)

Laporan   : Roder

Editor       : Indra H Piliang


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close