BATAMKARIMUNTANJUNG PINANG

Wujudkan Mimpi Almarhum HM. Sani, Pemerintah Provinsi Kepri Segera Realisasikan Rumah Sakit Pratama Type D di Tanjung Batu

 

KARIMUNTODAY.COM, BATAM – Pemerintah Provinsi Kepri mendukung hadirnya rumah sakit pratama (Tipe D) di Tanjung Batu, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri. Karenannya Pemerintah Kabupaten Karimun untuk bisa secepatnya menetapkan keberadaan rumah sakit pratama tersebut.

“Baru nanti bila sudah ada penetapan status, kita dalam hal ini Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kabupaten Karimun, akan duduk bersama menentukan langkah selanjutnya,”kata Wakil Gubernur Kepri Isdianto saat menerima Kadis Kesehatan Provinsi Kepri dan Kadis Kesehatan Karimun di ruang kerjanya Graha Kepri Batam, Kamis (11/10)..

Ketika ditanya kenapa Pemerintah provinsi Kepri sangat mendukung? Isdianto mengatakan karena berkeinginan sekali agar secepatnya ada rumah sakit di Tanjung Batu. Selain untuk masyarakat Tanjung Batu sendiri, juga untuk bisa mengcover daerah sekitarnya.

“Ini juga keinginan almarhum Gubernur Pak H. Muhammad Sani agar Tanjung Batu memiliki rumah sakit, “ujar Isdianto yang juga adik kandung, gubernur Kepri kedua tersebut.

Menurutnya, bukan tanpa sebab, masyarakat Tanjung Batu memang berharap bisa memiliki rumah sakit agar dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, tidak harus jauh-jauh ke Tanjung Balai Karimun ataupun ke Tanjungpinang dan Batam.

Orang nomor dua di Kepri ini juga berharap sekali, tahun depan sudah bisa diadakan pembicaraan lanjut mengenai apa saja yang harus dipenuhi dengan keberadaan rumah sakit Tanjung Batu. Dari mulai peralatan penunjang hingga tenaga medis dan pendukung lainnya.

“Karena bila telah ada penetapan, kita bisa segera sharing serta ajukan penanggarannya dalam APBD 2019. Dengan demikian tahun depan 2020, rumah sakit tersebut segera beroperasi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana mendukung terwujudnya rumah sakit pratama di Tanjung Batu. Karenanya penetapan status harus secepatnya dilakukan. Adapun operasional Puskesmas Tanjung Batu bisa tetap berjalan seperti biasa.

Senada hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Achmadi akan segera menindaklanjuti dengan terlebih dahulu menetapkan keberadaan rumah sakit pratama Tanjung Batu.

“Nantinya penetapan akan ditindaklanjuti dengan mengeluarkan SK dan perijinan yang dikelaurkan Bupati Karimun dengan disusul membuat plang nama rumah sakit. Adapun puskemas lama akan kita pindah pelayananya,”jelasnya.

Isdianto menambahkan, altenatif sementara, bisa menempati rumah almarhum Muhammad Sani di Tanjung Batu atau sewa ruko tidak jauh dari puskesmas awal. Tentunya sembari menunggu pemembangun puskesmas lahan yang telah tersedia, sebagai pengganti Puskesmas Tanjng Batu lama. (*/r)

laporan : helmy ridar

editor : indra h piliang


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close