NATUNASIARAN PERS

Wujudkan Peningkatan Mutu Pelayanan Bidang Kesehatan Pemerintah Kabupaten Natuna Lakukan Penandatanganan UHC

KARIMUNTODAY.COM, NATUNA – Mewujudkan pelayanan bidang kesehatan bagi masyarakat merupakan amanat undang-undang dalam pelaksanaan pemerintahan diseluruh tingkatan. Sebagai implementasinya, Kabupaten Natuna sebelumnya mewujudkan komitmen melalui program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Namun seiring waktu program tersebut dialihkan kepada program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS) Tentunya seluruh masyarakat Kabupaten Natuna yang mendiami salah satu wilayah perbatasan NKRI sangat berharap agar program JKN – KIS ini dapat mengakomodir jaminan kesehatan secara baik dan merata.

Hal ini menjadi penting mengingat kebutuhan terhadap penanganan kesehatan di daerah sampai saat ini masih belum memadai, karena terbatasnya fasilitas pendukung pelayanan kesehatan ditingkat kecamatan maupun desa.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti dalam sambutannya paca acara Penandatanganan secara simbolis Perjanjian Kerjasama Universal Health Coverage (UHC) antara BPJS Cabang Tanjungpinang dengan Pemerintah Kabupaten Natuna tahun 2019, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Ranai, kamis (17/01) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Anggota DPRD, Kepala Deputi Direksi BPJS Sumatera Bagian Tengah dan Jambi, Kepala BPJS Cabang Natuna, beberapa Anggota FKPD dan Pimpinan OPD terkait.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Deputi BPJS Wilayah Sumatera Bagian Tengah dan Jambi, Siswandi mengemukakan bahwa tahun 2019 Kabupaten Natuna merupakan Kabupaten/Kota kedua se-Provinsi Kepulauan Riau setelah Kabupaten Kepulauan Anambas yang sepakat berkomitmen melalui kerjasama dengan pihak BPJS untuk program UHC.

Sejauh ini, Siswandi juga mengemukakan bahwa sejauh ini Kabupaten Natuna telah berhasil mengakomodir 99,42 % dari seluruh penduduknya menjadi anggota BPJS Kesehatan.

Untuk itu atas nama seluruh direksi BPJS Kesehatan, Siswandi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Natuna melalui satuan operasional pelayanan teknisnya, baik Dinas Kesehatan, RSUD maupun Puskesmas dan Pos Pelayanan Kesehatan.

Siswandi berjanji untuk kedepan BPJS Kesehatan akan terus melakukan pembenahan bagi meningkatkan mutu pelayanan bagi mewujudkan jaminan kesehatan yang lebih mudah, tepat sasaran serta dirasakan manfaatnya bagi seluruh masyarakat.

Selanjutnya Penandatanganan perjanjian kerjasama UHC Program JKN – KIS Kabupaten Natuna digelar secara simbolis oleh Wakil Bupati Natuna dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, disaksikan Kepala Deputi Direksi Wilayah Sumbagteng dan Jambi serta seluruh undangan yang hadir.

Kepala Deputi BPJS Sumbagteng dan Jambi juga menyerahkan Piagam penghargaan dan plakat kepada Wakil Bupati Natuna, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana, Direktur RSUD Natuna. (Humas)

 

Laporan : Merni Lasmita
Editor     : Indra H Piliang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close