PAYAKUMBUHSUMBAR

Yon Refli : Bisakah Penghinaan dan kebohongan ini kita selesaikan ?

KARIMUNTODAY.COM, PAYAKUMBUH – Hari-hari belakangan ini penghinaan dan kebencian semakin meluas dan merajalela, tidak peduli dari orang besar sampai ke masyarakat bawah, antar golongan yang sama atau dengan golongan lainya. Ada yang terang-terangan melalui lisan dan tulisan, ada yang memaki media baik online maupun maupun media-media lainya. Para penebar penghinaan dan kebohongan tersebut saling berbalas pantun, saling mencari kelemahan dan saling menebar kebohongan.

Terkait dengan penghinaan, Alquran ( al hujurat 49) telah mengingatkan bahwa, jangan satu kaum mengolok-olok kaum yang lain …., hal ini bisa jadi menurut kami sama dengan melakukan penghinaan baik kelompok maupun pribadi karena belum tentu orang yang menghina jauh lebih mulia dari orang yang di hina, begitu juga kebohongan karena kebohongan akan mendatangkan kerugian maupun perpecahan antan sesama.

Menyimak dan menganalisa permasalahan di masyarakat saat ini kita menjadi cemas dan khawatir ini akan mempengaruhi kualitas kehidupan berbangsa dan bermasyarakat, walaupun ini belum dikatakan budaya tapi dampaknya bisa jadi sama dengan cultur shock dimana terjadi kekagetan atau guncangan budaya ( ruang guru, juni 2018 ) diakibatkan oleh ketidaksipan masyarakat terhadap perubahan-perubahan yang terjadi.

Bisa saja kita mudah tersinggung dan tidak bisa menahan diri ketika penghinaan dan kebohongan tersebut ditelan mentah-mentah. Yang kita cemaskan lagi adalah ketika proses demokrasi ini selesai bisakah kita menyelesaikan pergesekan-pergesekan yang terlanjur ada dengan baik, apakah ketika sampan berlalu kiambang akan bertaut dengan cepat,

inilah yang perlu menjadi perhatian kita dan menjadi tugas kita bersama untuk merekat kembali retak dan pecah yang ada diantara kita. Hidup NKRI jayalah Negeri dan sejahteralah maayarakatnya dan semoga Payakumbuh Menang juga cepat kita wujudkan . Amin ya Robbal Alamin.YR (*)

Laporan  : Wahyu Uliadi

Editor      : Indra H Piliang


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close