BENGKALISRIAU

Jelang bulan Ramadhan, Bahan Pokok di Bengkalis Terpenuhi

KARIMUNTODAY.COM, BENGKALIS – Usai mengikuti Rapat Koordinasi pengendalian inflasi tahun 2023 bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso bersama Wakapolres Bengkalis Kompol Anindita Rizal dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis Toharudin melakukan pemantauan stok kebutuhan pangan di gudang bulog Bengkalis, Senin (6/3/2023).

Pemantauan stok kebutuhan pangan merupakan perintah langsung dari Pemerintah Pusat untuk memastikan ketersedian bahan pangan yang ada di daerah masing-masing, sehingga tidak terjadinya kegelisahan bagi masyarakat apalagi dalam memasuki dan menyongsong kedatangan bulan suci ramadhan 1444 H.

Wabup Bengkalis Bagus Santoso mengatakan sebagai informasi dalam pertemuan Rakor bersama Mendagri tadi, saat ini perkembangan inflasi pada bulan Februari telah mengalami kenaikan dari 5,28% menjadi 5,47%. Beberapa daerah yang sekarang jumlah inflasi lebih tinggi dan ketersedian pasokan mesti harus disediakan cepat, Kabupaten Bengkalis Alhamdulillah untuk stok beras yang masuk sampai saat ini mencapai 1.300 ton, untuk daging sebanyak 2 ton per bulan, terigu, gula dan minyak goreng dipastikan tersedia dan dipastikan untuk bulan ramadhan semuanya terpenuhi.

“Untuk masyarakat Kabupaten Bengkalis tidak perlu khawatir untuk bahan pangan yang ada di Bengkalis, dari pemantauan di lapangan kami melihat stok yang tersedia untuk beberapa bulan kedepan akan terpenuhi, mari bersama-sama kita bahagia, tenang menyambut kedatangan bulan suci ramadhan, dan janagn ada asumsi nanti tidak aada gula, beras, kami pastikan hal itu tidak akan terjadi”, kata Bagus.

Bagus juga mengajak kepada masyarakat Kabupaten Bengkalis untuk bersama menjaga ketenteraman dan jangan sampai ada yang mengail di air yang keruh dengan menyimpan atau bersepekulasi dengan harga-harga yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Jika terjadi demikian maka akan mendapatkan hukuman yang seberat-beratnya.

“Ini menyangkut stabilisasi pangan yang ada di nasional, kita ketahui di Kabupaten Bengkalis bahan pangan baik itu beras, terigu, gula semuanya didatangkan dari pulau Jawa, namun ada yang harus kita syukuri adalah kita mempunyai daya kuat dan daya beli yang tinggi”, ungkap Bagus.

Kemudian Pemimpin Cabang Bulog Bengkalis Budhi Indrawan mengatakan stok beras di Kabupaten Bengkalis mencukupi untuk kebutuhan beberapa bulan ke depan. Sehingga memasuki ramadhan tahun ini, sangat aman dan masyarakat tidak perlu khawatir.

Menurut dia, Bulog tetap mempertahankan agar beras di gudang tetap tersedia untuk beberapa bulan sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Hari ini akan masuk 800 ton beras di Kabupaten Bengkalis, untuk daging dan minyak goreng dipastikan tersedia.

“Kami tetap mempertahankan agar dalam gudang tersedia untuk kebutuhan beberapa bulan,” kata dia.

Tampak hadir mengikuti pemantauan tersebut Khairi Fahrizal, Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis dan Susi Hartati Plt Dinas Ketahanan Pangan.(My)

Loading...
 

Tags
Close
Close