KUANSINGRIAU

Sang Ratu Helmina, Juara I Rayon III 2018/2019 Tampil Pada Iven Pacu Jalur Tingkat Nasional di Teluk Kuantan

KARIMUNTODAY.COM, TELUK KUANTAN – Jalur “Sang Ratu Helmina” asal Desa Koto Kombu, Kecamatan Hulu Kuantan, telah berada di ibukota Kabupaten Kuansing untuk ambil bagian pada ivent Pacu Jalur Tradisional Tingkat Nasional di Tepian Narosa, Teluk Kuantan yang digelar pada 21 sampai 25 Agustus 2019.

“Jalur kita (Sang Ratu Helmina) sudah tiba di Teluk Kuantan subuh tadi setelah menempuh perjalanan dari Hulu Kuantan sekitar 4 jam perjalanan air ke hilir. Insya Allah kita siap tampil pada Pacu Jalur di Tepian Narosa Teluk Kuantan 2019,” kata Firdaus,

Ketua Umum Jalur Sang Ratu Helmina kepada Media Ini, Senin (19/8/2019). Pria yang keseharian juga merupakan Kepala Desa Koto Kombu ini, mengatakan kebersamaan yang mereka jalin dengan rasa kekeluargaan dan latihan rutin yang penuh kedisiplinan membuat atlit pacu, pengurus dan masyarakat daerah ini optimis untuk berprestasi.

“Mudah-mudahan Jalur kita Sang Ratu Helmina DPRD Kuansing akan memberikan hasil yang terbaik buat kita masyarakat Koto Kombu dan Hulu Kuantan pada umumnya,” ujarnya.

Dijelaskan Firdaus, Sang Ratu Helmina diawaki oleh 49 Atlit pacu, dengan dilengkapi ‘Tukang Onjai’ di belakang kemudi dipercayakan kepada Kadri. Sedangkan untuk posisi ‘Timbo Ruang’ pada posisi di tengah Suharsono dan dengan ‘Anak Joki’ Zaki di haluan jalur. “Sedangkan urang tuo (orang tua) jalur dipercayakan kepada Bapak Saparudin, Taskin Idrus, Darman dan Basri,” ungkap Firdaus.

Sekilas perjalanan keberadaan dan keberhasilan yang diraih jaluar Sang Ratu Helmina. Jalur ini dibuat pada tahun 2016, pada tahun pertama turun mandi langsung ikut iven pacu jalur di Tepian Narosa Teluk Kuantan tapi tidak membuahkan hasil. Kalah dihari ketiga perlombaan. Pada tahun 2017, Sang Ratu Helmina, ikut iven pacu jalur rayon III Kuansing di Tepian Gudang Gubah Sei. Pinang, Kecamatan Hulu Kuantan.

Pada perlombaan tahun kedua ikut serta Sang Ratu Helmina meraih peringkat kelima. Kemudian pada tahun yang sama 2017, Sang Ratu Helmina ikut ambil bagian pada pacu jalur tradisional tingkat nasional di Tepian Narosa Teluk Kuantan yang diikuti ratusan jalur dari Inhu dan Kuansing, Sang Ratu Helmina berada diperingkat kesembilan.

Selanjutnya, pada tahun 2018, pada iven pacu jalur rayon III Kuansing yang digelar di Tepian Saidina Ali, desa Luai, Kecamatan Kuantan Mudik. Jalur Sang Ratu Helmina berhasil meraih juara pertama dan pada tahun yang sama di iven pacu jalur besar di Tepian Narosa Teluk Kuantan Jalur ini bertengger diperingkat 11.

Sedangkan pada tahun 2019, pada iven pacu jalur Rayon III Kuansing yang digelar di Tepian Lubuk Tarentang, Kecamatan Gunung Toar Sang Ratu Helmina kembali menjadi Juara Pertama dua tahun terakhir berturut-turut sebagai juara rayon III Kuansing. Selamat Bertanding, Semoga Juara.!(*/iin).

Laporan/editor : indra h piliang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: