MINASRIAUSIAK

Meriah! SDN 04 Minas Gelar Pesta Siaga dan Bazar Siaga

KARIMUNTODAY.COM, SIAK – Siswa siswi peserta didik Sekolah Dasar Negri (SDN) 04 Minas Gugus depan (gudep) 03.007/03.008 Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, mereka tampak menggelar kegiatan pesta siaga dan bazar siaga, kegiatan kepramukaan yang di buka langsung oleh ketua Kwarran Minas Mukhtasar.Spd di laksanakan pada Jumat (08/11/2019) kemarin di halaman sekolah SDN 04 Minas.

“Pesta Siaga ini merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter yang dilakukan sehingga terbentuk jiwa serta karakter anak agar mereka menjadi generasi emas pada masa mendatang.” Kata Rosniwati Syamsimar. Mpd Kepala sekolah SDN 04 Minas kepada wartawan Ahad (10/11/2019) pagi.

Diterangkan dia, selain seluruh pramuka siaga yang ada di gugus depan (gudep) pangkalan SDN 04 Minas, Pesta Siaga ini juga dihadiri oleh pramuka dewasa sebagai pembina maupun pendamping, “seluruh peserta mereka mengikuti serangkaian kegiatan seperti upacara, kegiatan keagamaan dan kepribadian, ketangkasan dan keterampilan, seni budaya serta kepedulian pramuka siaga.” Terang kepala sekolah yang ramah itu.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk mempersiapkan mental para pramuka siaga yang akan memasuki masa remaja. “Kita laksanakan ini di gudep kita karena gugusdepan lah ujung tombak kegiatan kepramukaan ini nantinya baik itu di tingkat Kwarran maupun kwarcab.” Tambahnya.

Adik-Adik Pramuka tengah mengikuti kegiatan pesta siaga dan bazar siaga.

Selain itu kata dia, usia siaga merupakan usia awal sebagai anggota gerakan pramuka. Artinya, anggota siaga ini merupakan kelompok termuda. “Untuk itulah sangat penting ditumbuhkan kemandirian dalam kegembiraan masa kanak-kanak mereka. Oleh karenanya melalui Pesta Siaga ini, mereka diajak bermain sambil belajar sebagai bekal untuk memasuki masa remaja dengan mental yang matang.” Kata dia.

Oleh karenanya dalam Pesta Siaga ini, pihaknya menekankan kegiatan yang dilaksanakan dalam suasana riang namun tidak meninggalkan komponen metode pendidikan kepramukaan yakni dilaksanakan di alam terbuka. “Disini juga kita lakukan pemberian penghargaan berupa piagam mereka ini merupakan sang juara, pada kegiatan rutin tahunan, menang di gudep, juara di kwaran terbaik di kwarcab.” Jelasnya.

Ditambahaknya selain membentuk jiwa dan karakter pramuka siaga, kegiatan ini juga untuk meningkatkan tali silaturahmi. Diharapkannya, para peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat menjadi pemimpin masa depan.

“Melalui Pesta Siaga ini, para pramuka siaga yang masih polos dan suci ini telah dibina sejak awal dan butuh sentuhan yang membangun. Dengan demikian apabila mereka nantinya jadi pemimpin, mereka akan menjadi pemimpin yang berkarakter. Untuk itulah mari kita bangun kekuatan ini sehingga akan muncul generasi muda yang tangguh sehingga dapat membawa bangsa Indonesia menjadi lebih baik lagi,” kata nya lagi.

Rosniwati juga menambahkan, kegiatan pesta siaga ini berbentuk kegiatan pesta siaga dan bazar siaga, “kegiatan pesta siaga ini dilaksanakan dengan berbagai macam bentuk lomba, seperti Bazar Siaga dan lomba karnaval dengan mengenakan pakaian adat, dan masih banyak lomba-lomba lainnya, para pemenang nantinya akan kita kirim untuk mengikuti lomba Pesta Siaga di tingkat Kwartir Ranting Minas bahkan ke tingkkat kwartir Cabang Siak.” Pungkasnya.(*)

Laporan   : Idris Harahap
Editor       : Indra H piliang
Loading...
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: