MINASRIAUSIAK

Puskesmas Taja Sosialisasi Mawas Diri Untuk Masyarakat di Kampung Minas Barat

KARIMUNTODAY.COM, SIAK- Dinas kesehatan kabupaten Siak melalui Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (puskesmas) Minas beserta pemerintah kampung Minas Barat mereka melakukan sosialisasi mawas diri terhadap sejumlah masyarakat yang ada di kampung itu, kegiatan sosialisasi itu pun tampak di selenggarakan di gedung maseum suku Sakai Minas Barat, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak. Kamis (14/11/2019) pagi.

Dikatakan Dr Hidayati Jasri kepala puskesmas Minas, melalui Cahyaning Diyawahyuningsih (36) selaku penanggung jawab survey mawas diri untuk kampung Minas Barat Kegitan Sosialisasi ini dilakukan bertujuan untuk Survei Mawas Diri (SMD) merupakan suatu upaya bersama yang dilakukan oleh puskesmas dengan melibatkan peran serta masyarakat untuk bersama -sama mengidentifikasi permasalahan kesehatan dan menggali potensi-potensi yang dimiliki untuk memecahkan permasalahan tersebut.

“Kita mengadakan survei mawas diri, ini tujuannya untuk mencari permasalahan terkait kesehatan yang ada di kampung Minas Barat. Dan ini kita lakukan mengingat masalah kesehatan di masyarakat ini tidak bisa kita pantau keseluruhannya, jadi oleh karena itu kami dari tim puskesmas Minas, mengadakan survei mawas diri ini.” Kata dia.

Dijelaskan dia, untuk kegiatan serupa ini sudah di adakan di empat kampung, termasuk kampung Minas Barat, dan terakhir nanti kata dia akan dilakukan di kelurahan Minas Jaya. “Dari 4 desa yang sudah kita datangi masyarakat banyak mengeluhkan tentang pelayanan, kemudian tentang kebiasaan masyarakat dalam penggunaan MCK, kemudian ke pesertaan tentang BPJS,” Tambah-nya.

Sementara itu penghulu kampung Minas Barat Ayang Bahari ketika di wawancarai oleh wartawan dia mengatakan bahwa pihaknya selaku pemerintah kampung Minas Barat sangat mendukung kegiatan yang di taja oleh dinas kesehatan kabupaten Siak melalui puskesmas Minas tersebut, sebeb menurut Ayang hal ini merupakan bentuk kepedulian dinas kesehatan terhadap masyarakat terutama sekali untuk masyarakat kampung Minas Barat.

“Alhamdulillah saya selaku penghulu kampung Minas Barat dalam hal ini juga menghimbau kepada masyarakat, agar dapat hadir mengikuti kegiatan yang di taja oleh pihak puskesmas Minas ini. sebab dalam hal ini pihak puskesmas Minas mereka juga melakukan pengecekan kadar gula dan tensi darah secara gratis,” kata Ayang.

Disinggung terkait pelayanan pihak puskesmas terhadap warganya apakah ada dirasa yang kurang memadai, dia mengatakan.

“Setahu kita sampai saat ini belum ada keluhan keluhan dari masyarakat terkait pelayanan yang diberikan oleh pihak puskesmas, semua berjalan dengan baik, dan masyarakat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak puskesmas Minas.” Pungkasnya.(*)

Laporan   : Idris Harahap
Editor       : Indra H piliang
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: