RIAUSIAK

Siak Terima Bantuan Dana Zakat Produktif Rp.250 Juta dari BAZNAS Riau

KARIMUNTODAY.COM, SIAK– Kabupaten Siak menerima bantuan dana zakat produktif senilai 250 juta rupiah dari BAZNAS Propinsi Riau, yang akan dialokasikan untuk mendanai program budidaya penanaman ubi racun (casesa), dengan melibatkan mustahik di Kecamatan Koto Gasib. Bantuan tersebut diserahkan oleh Ketua BAZNAS Propinsi Riau Azwar Aziz di Kantor Camat Gasib Kabupaten Siak, Kamis (14/11/19).

Turut hadir menyaksikan Ketua Baznas Kabupaten Siak Abdul Rasyid Suharto Pua Upa beserta para komisioner, Camat Koto Gasib Dicky Sofyan, dan Ketua UPZ Koto Gasib.

Ketua Baznas Provinsi Riau Azwar azis menyebut, penyaluran dana zakat produktif ini bertujuan untuk mendukung upaya peningkatan pendapatan para mustahik melalui pola produktif lewat usaha budidaya tanaman ubi racun. Untuk itu dalam menyalurkan dana zakat produktif tersebut kata dia, pihaknya bekerjasama dengan Baznas Kabupaten Siak, dan berharap usaha penanaman ubi racun ini berhasil dan menjadi percontohan untuk Provinsi Riau.

“Kalau bantuan ini bisa di kelola dan mendapatkan hasil yang baik serta memuaskan sesuai target, maka tahun depan bantuan dana zakat produkti akan kita tambah lagi dari 250 hingga menjadi 500 juta” kata Azwar.

Camat Koto Gasib Dicky Sofyan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Baznas Propinsi Riau yang telah menyerahkan bantuan dana zakat produktif kepada para mustahik yang ada di Kecamatan Koto Gasib, untuk dikelola di bidang budidaya tanaman Ubi Racun atau Casesa dilahan seluas 10 hektar.

“Lahan tersebut milik Pemda yang di pinjamkan ke Baznas Siak untuk dikelola melalui usaha budidaya ubi racun. Dalam melaksanakan penanaman sampai panen kita akan turunkan pendampingan bagi para mustahik dari petugas PPL Dinas pertanian, agar hasil panen sesuai dengan yang diharapkan” kata Dicky.

Camat Dicky juga mengatakan,Pemerintah Kecamatan berharap para mustahik penerima bantuan dapat memanfaatkan dana tersebut dengan mengelola bantuan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Siak Abdul Rasyid Suharto mengatakan, bahwa pada dasarnya Baznas Kabupaten Siak terus berbenah dengan melaksanakan berbagai program peningkatan ekonomi masyarakat khususnya mustahik di Kabupaten Siak.

“Saat ini kita memprogramkan pemanfaatan lahan kosong dengan melakukan penanaman ubi racun dengan tujuan meningkatkan penglasilan masyarakat agar terbebas dari kemiskinan. Terimakasih kepada Baznas Provinsi Riau” kata Rasyid.

Selain bantuan dana, Baznas Propinsi Riau dalam kesempatan tersebut juga menyerahkan bantuan penyediaan bahan baku dan operasional untuk penanaman ubi racun.(*)

Laporan   : Idris Harahap
Editor       : Indra H piliang
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: