KUANSINGRIAU

Bupati Kuansing Hadiri Rapat Paripurna Perubahan APBD Tahun 2020

KARIMUNTODAY.COM, KUANSING – Bupati H. Mursini hadiri Rapat Paripurna DPRD dengan agenda Penyampaian Pemandangan Umum Anggota Dewan dengan Membawa Suara Fraksi-Fraksi DPRD terhadap Nota Keuangan dan Raperda tentang Perubahan APBD Tahun anggaran 2020, Jumat (25/09/2020) di kantor DPRD kabupaten Kuantan Singingi

Turut hadir Sekretaris Daerah kabupaten Kuantan Singingi,Kejaksaan Negeri,pengadilan agama, Pabung,Para Asisten,Kepala Dinas/Badan , dan Direktur Rumah Sakit Daerah, serta tamu undangan lainnya

Rapat paripurna di pimpin oleh wakil ketua l DPRD Kuansing Zulhendri, dengan Agenda pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD terhadap Peraturan Daerah tentang perubahan APBD tahun 2020.

Dari 35 anggota Dewan, yang hadir dan menanda tangani daftar hadir sebanyak 19 orang dan sudah memenuhi persyaratan yang sesuai ketentuan tata tertib pada pasal 124 ayat 1Huruf C.

Pada arahannya Waka 1 Zulhendri mengatakan Pada rapat Paripurna hari Kamis kemarin tanggal 23 September 2020 kita sudah mendengarkan pidato Nota pengantar Bupati Kuantan Singingi terhadap rancangan peraturan Daerah tentang perubahan APBD tahun 2020

Proses tersebut merupakan tahapan pertama dari rangkaian pembahasan Raperda yang telah diatur oleh peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2018 pasal 29 ayat 3 mengatakan dalam hal Rencana Perda berasal dari kepala daerah dilakukan pandangan umum fraksi terhadap peraturan Daerah dan Permendagri nomor 1 tahun 2014 tentang pembentukan produk hukum daerah memberikan penjelasan dalam rapat paripurna mengenai rancangan perda.

Mengenai penyusunan perubahan APBD pada dasarnya bertujuan untuk melaraskan kebijakan ekonomi dan sumber dana yang ada dan mengalokasikan sumber dana secara tepat sesuai dengan kebijakan pemerintah dan menyiapkan kondisi bagi pelaksanaan anggaran dengan baik,untuk itu dalam penyusunan anggaran merupakan hal penting untuk di perkiraan agar anggaran berfungsi sebagai mana yang diharapkan ujar Zulhendri.

Dari pandangan fraksi PPP juru bicaranya Naswan menyampaikan

  1. Untuk seluruh program dan kegiatan yang dilaksanakan tahun 2020 jangan sampai ada satupun kegiatan tersebut bertentangan dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Anggaran merupakan rencana terperinci dan tertulis dan berjangka yang disusun secara sistimatis yang menentukan arah pembangunan dan mendesak agar penambahan kegiatan yang dibutuhkan dalam pembahasan betul-betul hasil yang di perlukan Oleh OPD terkait,dan jangan sampai ada kegiatan yang tidak dilaksanakan.
  3. Kepada dinas Pariwisata kami juga menyarankan kedepannya dana DAK lebih banyak kita dapatkan dan tentunya harus melalui dan melengkapi proposal yang meyakinkan Loby disektor wisata.

4.Terkait dengan RSUD, adanya anggaran penambahan pembelian Obat-obatan dan tunda bayar terhadap kontraktor tidak akan ada masalah dikemudian harinya

Dan pada kesempatan ini juga kami menyampaikan Apresiasi kepada rekan-rekan DPRD yang telah bekerja keras sehingga pembahasan pada perubahan anggaran dapat disepakati dengan waktu singkat dengan harapan kepada pemerintah menjawab pandangan umum fraksi-fraksi DPRD yang berisikan sarat kritikan papar Naswan.

Pada fraksi PDIP yang sangat singkat dan padat yang disampaikan oleh juru bicaranya Surya Mandala Putra mengatakan

1.Kegiatan yang telah dilaksanakan saat ini berkesan menumpuk anggaran sehingga realisasinya menyisakan anggaran yang cukup besar dan apabila dimaksimalkan bisa digunakan pada kegiatan lainnya.

  1. Dalam situasi Pandemi covid 19 ini hendaknya kita tidak hanya mengedepankan kegiatan formalitas dan seremonial saja dan untuk itu saat ini kita harus fokuskan kepada penanggulangan terhadap virus Covid itu sendiri. Ujar Dewan termuda di DPRD Kabupaten Kuantan Singingi.(*)
Penulis : Lidia Ningsih ST
Editor    : Lukman Hakim

Loading...
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close