KARIMUNKEPRIKUNDUR

Setelah Kegiatan Fogging, Kapus Harap Kerja Sama Masyarakat Laksanakan 3M untuk Cegah Demam Berdarah

KARIMUNTODAY.COM, KUNDUR – ntuk mengantisipasi penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue(DBD). UPT Puskesmas Tg Batu Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun Propinsi Kepri, melakukan sosialisasi pemberantasan sarang nyamuk (PSN) sekaligus Fogging atau penyemprotan insektisida untuk membasmi nyamuk Aedes Aegypti di Lingkungan Tanjung Sesup Kelurahan Gading Sari, Jum’at 11 September 2020.

Kegiatan tersebut dilakukan karena kasus DBD cenderung meningkat pada perubahan musim kemarau ke musim penghujan dimana musim tersebut kerap menyebabkan kasus DBD.

Azman Kepala Puskesmas (UPT) Tg Batu Kundur yang dihubungi karimuntoday.com via  selulernya Jum’at 11 September 2020 mengatakan.

Dikatakan Azman (Kapus red) masyarakat Tanjung Sesup baru-baru ini dikhawatirkan oleh adanya pasien dari daerah tersebut yang diduga DBD, namun pasien tersebut Alhamdulillah hanya demam biasa dan setelah kita melakukan Penelitian Epidemiologi (PE) ke daerah Tanjung Sesup, belum di temukan jentik nyamuk Aedes Aegypti.

Kendati begitu kita tetap melakukan upaya fogging sebagai antisipasi, ungkap Azman Kepala UPT Puskesmas Tg Batu.

Selain itu Azman menjelaskan bahwa pemberantasan DBD harus terintegrasi mulai dari pencegahan, penemuan penderita, pengamatan penyakit, penyelidikan epidemiologi, penanggulangan, dan penyuluhan kepada masyarakat.

Kendati demikian dirinya sangat mengharap kerja sama dari masyarakat untuk membantu dan bekerja sama dalam pencegahan dengan malakukan 3M, sebab upaya fogging yang kita lakukan juga tidak efektif kalau masyarakat tidak melaksanakan 3M katanya.

Mungkin program 3M sudah tidak asing bagi masyarakat yang mana 3M ialah, menguras, menutup dan mengubur agar jentik-jentik nyamuk tidak membiak.

Hal tersebut perlu dilakukan karena program 3M merupakan program yang di gadang-gadangkan dan cara ampuh untuk menekan angka penyebaran penyakit Demam Berdarah tutur Azman pada karimuntiday.com Jum,at 11 September 2020. (*)

Penulis  : Majid
Editor    : Lukman Hakim

Loading...
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: