ACEH TIMURNAD

Nelayan Aceh Timur Keluhkan Dangkalnya Laut Kuala Idi

KARIMUNTODAY.COM, ACEH TIMUR – Kondisi kuala idi, di Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, yang dangkal pada setiap pagi hari membuat para Nelayan di Kuala idi, mengeluh akibat dangkalnya muara laut.
meskipun sudah dilakukan pengerukan beberapa kali tapi nyata nya sampai saat ini muara Kuala Idi masih dangkal, dan di duga pengerukan yang pernah di lakukan hanya untuk menghabiskan anggaran.
 
“Kedangkalan ini terus terjadi meskipun sudah dikeruk beberapa kali, dan kedangkalan ini terjadi pada pagi hari,” ujar tengku lias, kepada media ini, Kamis (3/02/2022).
 
Tengku lias mengatakan sebelumnya sudah melakukan pengerukan Namun tidak maksimal muara Kuala idi tersebut juga masih dangkal, sehingga muara Kuala Idi setiap pagi sudah berkurang pembongkaran di karena kan dangkal’y muara Kuala Idi. sudah hampir beberapa tahun muara Kuala Idi tersebut dangkal. Nelayan hanya bisa pasrah dan sementara nelayan terpaksa menepi boat miliknya dengan penuh kecewa, jika sudah masuk ke TPI atau dermaga, maka nelayan harus menunggu air laut pasang jika tidak maka boat tak bisa keluar dari TPI atau dermaga Kuala Idi tersebut.
 
Nelayan melaut itu tidak menentu tergantung cuaca, terkadang tengah malam para nelayan pulang melaut, terpaksa menurunkan hasil tangkapan itu di tepi kuala selain menghambat kelancaran perekonomian nelayan juga mengatakan hal itu juga sangat membahayakan nyawa para nelayan,” keluhnya lagi.
 
Para nelayan berharap kepada pemerintah atau perikanan Kuala Idi agar dipinggir kuala tersebut di kerok kembali, Padahal dermaga tersebut adalah salah satu dermaga yang efektif dimanfaatkan nelayan setempat dan mempermudah kelancaran aktifitas nelayan untuk bongkar muat hasil tangkapannya.(IW)
Loading...
 

Tags
Close
Close