PEKANBARURIAU

71 Peserta Awali Lomba MTQ dan MHQ POSSE 2021 UMRI

KARIMUNTODAY.COM,  PEKANBARU –  Lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) resmi digelar secara virtual, Kamis (29/4/2021) mengawali ajang Pekan Olahraga Sains dan Seni (POSSE) tahun 2021. Sebanyak 71 peserta dari 15 perguruan tinggi Muhammadiyah se Indonesia mulai berlomba mempertunjukkan kemampuan Tilawah dan Hifdzil Quran mahasiswa tingkat nasional.

POSSE 2021 yang sebelumnya telah dibuka secara virtual oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir pada 5 April 2021 lalu itu terdapat tujuh lomba pada tingkat nasional dan 3 lomba untuk tingkat internasional.

Untuk kegiatan lombanya, Kamis (29/4/2021) diawali pembukaan acara sekaligus penjelasan teknis secara virtual dari panitia Lomba MTQ dan MHQ POSSE 2021 oleh Wismanto. Selanjutnya sambutan dari Rektor UMRI Dr H Mubarak MSI yang diwakili Wakil Rektor III dr H Taswin Yakob SpS.

Wakil Rektor III dr H Taswin Yakob SpS mengatakan, event POSSE oleh UMRI dilakukan sejak tahun 2019 lalu secara langsung. Lalu karena pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu, kegiatan ditunda hingga akhirnya dilanjutkan pada April 2021 secara virtual oleh peserta lomba. Pembukaan POSSE 2021 ini telah dilakukan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir pada 5 April 2021 lalu yang juga dihadiri seluruh pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiah (PTMA) se-Indonesia dan Gubernur Riau Drs H Syamsuar.

Usai sambutan dan penyampaian teknis lomba, langsung dilanjutkan dengan lomba MTQ dan MHQ secara virtual oleh 71 peserta dengan kategori MTQ diikuti sebanyak 33 peserta, MHQ 5 Juz sebanyak 19 peserta dan MHQ 10 Juz sebanyak 18 peserta.

Kemampuan seluruh peserta dalam ajang lomba sempena Milad Umri ini dinilai langsung oleh lima juri yang berkompeten dan berprestasi untuk penilaian kelancaran membaca, Tajwid dan irama bacaan.

Ketua POSSE 2021 H Eka Putra ST MSc mengatakan,  peserta yang mengikuti lomba ini adalah mahasiswa mewakili 15 perguruan tinggi yang dibuktikan memiliki Kartu Mahasiswa. Para pemenang akan diumumkan bersamaan milad Universitas Muhammadiyah Riau pada tanggal 6-7 Juni 2021 mendatang.

Adapun lomba untuk Event Nasional terdiri dari 7 kegiatan diawali MTQ, Paduan Suara, Mapala Orasi Lingkungan, Virtual Run, Karya Tulis Ilmiah, Menulis Cerpen, Seni Tari Kontemporer. Sedangkan Event Internasional terdiri dari Tapak Suci, Short Movie dan Poetry Reading.

H Eka Putra ST MSc mengatakan, tahun ini, POSSE 2021 diselenggarakan secara virtual dengan skop nasional dan internasional. Peserta tidak lagi terbatas untuk mahasiswa Umri saja, namun sesuai namanya, maka POSSE 2021 memperlombakan sejumlah cabang di bidang olahraga, sains dan seni.

Menurut Eka, ada 10 cabang lomba yang disiapkan, dimana tiga diantaranya berkategori internasional. Hal ini sesuai masukan Rektor Universitas Muhammadiyah Riau Dr H Mubarak MSi yang mengharapkan kompetisi dapat diikuti seluruh mahasiswa  meskipun masih dalam suasana Covid-19.

Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi ini menjelaskan, seluruh kegiatan lomba  dilaksanakan secara online atau virtual event. Peserta cukup bertemu melalui saluran virtual yang sudah disediakan, atau hanya mengirimkan karya audio visual  mereka untuk cabang-cabang lomba yang diikuti.

“Untuk pendaftaran dan informasi lomba, silakan akses web posse.umri.ac.id. Di saluran tersebut kita semua mengetahui berbagai persyaratan dan panduan lomba, sekaligus mendaftarkan diri dan mengirimkan karya lombanya,” ungkap Eka.

Untuk menjaga kualitas karya lomba yang dihasilkan, pihak Umri sudah menghubungi sejumlah tokoh di masing-masing cabang lomba untuk menjurinya. “Alhamdulillah mereka bersedia. Dan kepada para pemenang juga akan diberikan sertifikat, tropi dan hadiah uang tunai. Total hadiah yang disediakan sebanyak puluhan juta rupiah,” tutupnya. (rid)

 

 

 

Loading...
 

Tags
Close
Close