BENGKALISRIAU

Pemdes Jangkang Laksanakan Mushabaqah Tilawatil Quran Tingkat Desa ke -28

KARIMUNTODAY.COM, BENGKALIS – Pemerintah Desa jangkang melaksanakan Mushabaqah Tilawatil Quran Tingkat Desa KE -28 dihalaman surau Bustanul Arifin SENIN (24/06/2024).

Dengan diiringi Tabuhan kompang dari grup kompang desa Jangkang yang disaksikan oleh rombongan Camat bantan bersama sejumlah Pj. Kepala desa serta tamu undangan lainnya ke arena MTQ tingkat desa Jangkang ,sebelum memasuki arena, balon- balon udara sempat dilepaskan Camat bersama Pj. Kepala desa tanda peresmian acara akan dimulai.

Acara pembukaan MTQ Ke 28 tingkat desa Jangkang dihadiri Camat Bantan, Rafli Kurniawan, S. STP, MSi, Sekcam sekaligus Ketua LPTQ kecamatan Bantan, Pj. Kepala Desa Jangkang, Al Amin, SP, Pj. Kepala Desa se Kecamatan Bantan, OPD, BPD, LAMR serta tamu undangan lainnya.

Bertemakan mewujudkan generasi Qura’ni, MTQ tingkat desa Jangkang ke 28 digelar selama 3 hari dimulai 24 hingga 26 Juni di ikuti perwakilan dari masjid dan musholla se desa Jangkang berjumlah 76 peserta tergabung dalam berbagai kategori perlombaan diantaranya cabang Qira’at, Syahril quran hingga Hifzul Quran 1dan 5 juz.

Pj. Kepala Desa Jangkang, Al Amin, SP dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan MTQ tingkat desa Jangkang ke-28 sehingga acara dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Dalam kesempatan itu, Pj Kades menyampaikan terima kasih kepada Bupati Bengkalis atas program Bermasa yang diusung sehingga dirasakan manfaatnya, diantara manfaat tersebut telah terselenggara MTQ tingkat desa Jangkang melalui dana Bermasa.

Pada kesempatan itu, Al Amin mengingatkan tujuan terpenting penyelenggaraan kegiatan MTQ. Menurutnya selain melahirkan qori terbaik mewakili desa juga penerapan nilai Al Quran serta siar Al Quran.

“Al Quran bukan hanya lantunan ayat saja yang dibaca terpenting adalah bagaimana cara untuk mengamalkan ilmu di dalam Al Quran menjadi pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari, melahirkan keberkahan dimanapun berada” Ujar Al Amin.

Al Amin juga menyinggung peran serta orang tua dalam mendidik anak dalam menerapkan nilai Al Quran.”Oleh karenanya orang tua lah yang paling berperan aktif untuk anak-anaknya mengerti dan mempelajari Al quran tersebut,” Ujarnya.

Amin berpesan kepada para peserta dan dewan Hakim untuk bersikap profesional. “Kami berpesan kepada seluruh peserta jadilah yang terbaik dari yang baik, kemudian kepada Dewan Hakim jadilah Hakim yang profesional karena itulah yang menentukan dalam konteks pelaksanaan MTQ ini, ” Ujarnya.

Sementara itu, Camat Bantan Rafli Kurniawan, S. STP, MSi dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan MTQ tingkat Desa Jangkang mengatakan bahwa kegiatan MTQ adalah wadah sarana meningkatkan kecintaan terhadap Al Quran.

Pada esensinya bagaimana pelaksanaan MTQ ini yang merupakan wadah atau sarana anak-anak kita, melalui lantunan ayat suci Al Quran nantinya ini bisa berkelanjutan dalam artian diamalkan dikehidupan kita sehari-hari, ” Ujarnya.

Camat Bantan itu menghimbau kepada Pj. Kepala Desa serta kepala Desa di kecamatan Bantan agar fokus melakukan pembinaan acara MTQ dan tidak sekedar ceremonial tapi sesuai maksud dantujuan.

“Kepada seluruh kepala desa kepala desa yang ada di kecamatan Bantan khususnya desa Jangkang kegiatan MTQ bukan sekedar kegiatan perlombaan namun terpenting maksud tujan MTQ membina generasi Qurani dapat terwujud, ” Ujarnya.(Mulya).

Loading...
 

Tags
Close
Close