MINASSIAK

Peringati Isra’ Mi’raj, Pengurus Masjid Nur Hidayah Minas Taja Tabligh Dan Silaturahmi Akbar Antar Tokoh Masyarakat

KARIMUNTODAY.COM, SIAK– Dalam rangka menyambut peringatan Isra’ Mi’raj yang jatuh pada tanggal 27 Rajab atau besok Rabu, 3 April 2019. Pengurus masjid Nurul Hidayah kelurahan Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau. Pada Selasa malam (02/04/19)  menyelenggarakan kegitan tabligh akbar sekaligus menyelenggarakan pelepasan Kafilah MTQ kecamatan Minas, dimana pada kamis (04/02/19) Mendatang akan diadakan MTQ tingkat kecamatan Minas di kampung Mandiangin.

Adapu Peristiwa Isra’ Mi’raj ini merupakan perjalanan agung Nabi Muhammad menuju langit ke-7, dimana pada peristiwa ini, banyak hikmah yang dapat diambil oleh umat muslim. Isra Miraj sendiri menjadi peristiwa penting bagi umat Islam karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad mendapatkan perintah untuk menunaikan shalat lima waktu sehari semalam. Rasulullah SAW juga mengalami peristiwa Isra’ Mi’raj setelah mendapatkan kesedihan yang luar biasa. dimana Nabi Muhammad SAW ditinggal wafat oleh orang-orang yang dicintainya.

Sementara itu Menurut etimologi, Isra’ adalah perjalanan malam, sedangkan Mi’raj adalah naik ke atas dengan tangga. Yang dimaksud dengan peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad adalah diperjalankannya Nabi Muhammad oleh Allah di malam hari dari Masjidil Haram (Makkah) ke Masjidil Aqsa (Yerussalem). Sedangkan Mi’raj adalah dinaikkannya Nabi Muhammad dari Masjidil Aqsa menuju ke langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha (suatu tempat ghaib yang tidak mungkin ditangkap oleh pancaindra).

Dengan dilangsungkannya peringatan ini, Fauzan selaku ketua panitia kegiatan tersebut kepada wartawan mengatakan, “Tujuan dan hajat dari kita selaku panitia pertama yakni menyambut datangnya isra miraj Nabi muhammad saw, yang setiap tahunnya kita laksanakan tabligh akbar, sekaligus kita juga melaksanakan pelepasan kafilah MTQ kelurahan Minas Jaya, yang akan di laksanakan di kampung Mandiangin, Mudah-mudahan kegiatan yang kita adakan ini baik itu dari pihak kelurahan dan juga LPTQ, Mudah-mudahan pada tahun-tahun selanjutnya bisa dilaksanakan dengan baik, agar ada suatu penghargaan terhadap adik-adik Qoriah ini yang mana mereka ini dilepas untuk mengagungkan Al-quran sebagai kitab suci kita umat Islam.” Kata Fauzan.

Fauzan juga menambahkan bahwa dalam giat ini pihaknya juga mengadakan silaturahmi terhadap seluruh tokoh masyarakat Minas, “dalam hal ini kita tidak ada menyampaikan untuk memilih seseorang caleg ataupun lainnya sehubungan ini berada di tahun politik dan suasananya pun agak panas dingin maka kita adakan silaturahmi akbar ini sebab tak lama lagi kita akan melaksanakan pemilu Serentak, maka kita adakan silaturahmi ini untuk  menyejukkan suasana di tahun politik ini,” Terangnya.

Adapun Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSi Sebelumnya dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pengurus masjid Nurul hidayah yang telah sukses menyelenggarakan kegitan tersebut dengan penuh khidmat, camat minas juga menghimbau kepada jamaah yang hadir agar ikut berpartisipasi dalam mensukseskan pemilihan umum yang akan diselenggarakan serentak di seluruh indonesia pada 17 April 2019 mendatang.

“Pada 17 April nanti kita akan melaksanakan pemilu Serentak diseluruh indonesia, tentunya kami mengharapkan kepada Bapak ibu semua untuk sama-sama menjaga kondisi yang aman dan kondusif tidak menyebarkan berita hoax yang dapat membuat suasana menjadi gaduh, demi berjalannya keutuhan dan persatuan kita selaku rakyat indonesia, Orang yang bersaing jangan pula kita yang berantuk di bawah selaku pendukungnya,” Imbuh camat.

Camat minas juga menyampaikan harapannya kepada jamaah yang hadir  untuk mencari figur caleg yang dapat membawa aspirasi masyarakat dan dekat pula dengan masyarakat kecamatan Minas, “tentunya kita berharap Betul-betul paham dan mengerti dengan kondisi minas, mengingat kecamatan kita ini termasuk kecamatan yang tertua di kabupaten Siak, sehingga di Minas ini lebih berat tantangan untuk kita membangun, yang juga banyak kawasan konsesi Chevron dan kawasan hutan, tentunya di butuhkan perjuangan extra, oleh karenanya kita harapkan anggota dewan yang terpilih nantinya dekat dengan kita dan bisa mengerti kondisi kita disini.” Tukasnya pula.

Camat hendra juga mengingatkan jamaah yamg hadir agar jangan mau menerima suap dari caleg manapun, “kita minta jangan karna hanya di kasih duit 50 ribu atau 300 ribu ataupun diatasnya kita pilih orang itu, sebab sesuai fatwa MUI hal itu haram hukumnya, disamping itu juga sama saja kita menggadaikan suasana usulan pembangunan kita kepada orang yang pasti tidak akan membantu aspirasi kita, sebab pastinya orang itu akan berfikir bagaimana cara dia untuk balik modal sebab dia sudah memberi kita uang. Kita doakan caleg yang nantinya terpilih bisa membawa kebaikan bagi daerah kita kecamatan Minas ini khususnya. Begitu juga dengan presiden siapapun nantinya yang terpilih Mudah-mudahan dapat memberi kebaikan bagi kita semua.” Terangnya.

Dalam giat itu juga di serahkan santunan kepada sejumlah anak Yatim yang berada di lingkungan masjid tersebut, yang diserahkan langsung oleh camat Minas, Untuk priode awal tahun 2019. yang mana santunan ini di serahkan sebanyak dua kali dalam setahun, “Santunan ini diberikan dalam bentuk pakaian yang telah dijahitkan beberapa waktu yang lalau kepada 10 anak Yatim,” Jelas Fauzan.(*)

Laporan   : Idris Harahap

Editor       : Indra H Piliang

Loading...
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close