INDRAGIRI HILIRRIAUTEMBILAHAN

Kadinkes Tembilahan: Oknum Perawat Terlibat Kisruh dengan Pasien Sudah Diberikan Sanksi

KARIMUNTODAY.COM, TEMBILAHAN – Terkait kisruh pelayanan kesehatan antara perawat dan pasien yang terjadi di PKM Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, berakhir damai, Senin (30/1/2023).

Sebagai langkah cepat agar permasalahan tidak semakin larut, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir langsung menggelar pertemuan untuk mendengarkan klarifikasi dan mediasi antara tenaga kesehatan bersangkutan dan keluarga pasien.

Sebelum mediasi yang dilakukan di Kantor Dinas Kesehatan, Kepala PKM Tembilahan Hulu, Hj Rosdinah, beserta staf menyambangi rumah pasien untuk meminta maaf secara langsung dengan pihak keluarga.

Mediasi yang dipimpin Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili Sekretaris Dinas, Wanhar, S.Sos, M.Si, menghasilkan kesepakatan untuk berdamai antar dua belah pihak dan saling memaafkan.

Sebagai langkah tegas, oknum tenaga kesehatan di Puskemas Tembilahan Hulu yang diduga melakukan tidakan kurang profesional tersebut telah diberi sanksi sesuai aturan.

Sebelumnya diberitakan, Oknum perawat PKM Tembilahan Hulu bentak dan tak terima pasien (TN) untuk rawat inap, dengan alasan pasiennya masih bisa berjalan, Sabtu (28/01/23).

Peristiwa tersebut terjadi pada saat pasien dan keluarganya mengajukan untuk rawat inap, dikarenakan kondisi pasien yang sudah lemah. Namun disayangkan oknum perawat PKM Tembilahan Hulu tersebut malah marah dan membentak keluarga pasien (TN) .

Sebelumnya diberitakan, seorang pasien peserta BPJS Kesehatan kelas 3 atas nama TN (36) mengeluhkan pelayanan di UPT Puskesmas Tembilahan Hulu.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kab. Indragiri Hilir, Rahmi indrasuri SKM, MKL juga mengucapakan terima kasih atas masukkan dan perhatian dari masyarakat, untuk Puskesmas Tembilahan Hulu tim sudah turun kelapangan dan masyarakat tidak perlu resah lagi untuk mendapatkan pelayanan yang baik.

“Terimakasih masukan-nya dan atensi nya tim sudah berkerja turun ke PKM sesuai ketentuan, semoga segera bisa selesai dan masyarakat tidak perlu resah lagi tetap mendapat kan layanan yg baik dr petugas kesehatan,”ujarnya.

Upaya yang akan dilakukan kedepan oleh Dinas Kesehatan akan memanggil seluruh kepala Puskesmas yang ada di Inhil untuk mengarahkan dan menyampaikan peningkatan layanan dan membangun komunikasi yang baik dengan pasien.

“Upaya yang dilakukan tetap memonitor memantau seluruh nakes yg berada di PKM dan Puskesmas pembantu (Pustu) . Dinkes memiliki tim pembinaan pkm di wilayah PKM se Kab. Inhil, termasuk Pustu tim mutu. PKM juga melaksanakan pembinaan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

Dalam waktu dekat kami akan memangil seluruh kepala Puskesmas yang ada di Kab. Inhil, untuk mengarahkan dan menyampaikan peningkatan layanaan dan membangun komunikasi baik dengan pasien dan masyarakat yang ada di wilayah kerjanya. Sehingga tidak ada lagi hal hal yg tidak di ingin kan terjdi dan masyarakat dapat menikmati layanan kesehatan di PKM dengan baik,” terang Rahmi.(*/Yopi)

Loading...
 

Tags
Close
Close